Tuesday , April 30 2024

Aplikasi Proyektor HP Ke Dinding Terbaik 2023

Ada beberapa aplikasi proyektor HP untuk Android dan iOS yang bisa diunduh. Yang dimaksud dari aplikasi proyektor smartphone adalah aplikasi yang dapat menghubungkan smartphone pada proyektor, sehingga mampu menampilkan proyeksi.

Salah satu dari aplikasi yang direkomendasikan adalah MultiPresenter, yang cukup dikenal. Dari namanya saja sudah mengimplikasikan, bahwa aplikasi ini dapat menampilkan presentasi secara luas. Lantas, apa itu MultiPresenter?

Mengenal Aplikasi MultiPresenter

MultiPresenter merupakan aplikasi proyektor HP dan platform lainnya yang dikhususkan untuk proyektor NEC. NEC itu sendiri merupakan brand di bawah Sharp, yang sudah berdiri sejak 20 tahun silam.

Tujuan aplikasi ini adalah untuk menghubungkan perangkat ke proyektor NFC yang digunakan. Untuk keterangan mengenai user manualnya, MultiPresenter sudah memberikan manual melalui aplikasi. Selain itu, infonya juga tersedia di situs resmi.

Selain mempresentasikan film, MultiPresenter juga mampu mendukung video. Jika diibaratkan, menggunakan MultiPresenter ini serupa dengan share screen seperti memakai aplikasi meeting. Secara keseluruhan, aplikasi ini layak dipakai.

Kelebihan dari Aplikasi MultiPresenter

Banyak keunggulan yang bisa dinilai dari aplikasi proyektor HP ini. Hal tersebut yang membuat mengapa MultiPresenter sering dicantumkan pada list aplikasi proyektor terbaik. Bagi yang belum mengetahui, berikut apa saja kelebihannya:

1. Kompatibel dengan Banyak Proyektor NEC

Sejatinya, aplikasi proyektor HP memang dibuat khusus untuk model yang sesuai dengan brand proyektor tersebut. Namun, MultiPresenter dirancang untuk kompatibel dengan beragam model proyektor NEC, serta stik NEC.

Untuk list mengenai apa-apa saja proyektor yang mendukungnya, Sharp sudah mencantumkan model-model yang kompatibel. Informasi lengkapnya dapat ditelusuri di situs resmi MultiPresenter, atau keterangan pada Play/App Store untuk Android/iOS.

2. Dapat Menghubungkan dengan Berbagai Metode

Meski ulasan ini membahas mengenai aplikasi HP, nyatanya MultiPresenter tersedia untuk perangkat lainnya. Adapun perangkat yang kompatibel seperti komputer, laptop, hingga tablet. Namun untuk perangkat tersebut akan membutuhkan versi yang berbeda.

Selain itu, MultiPresenter memberikan berbagai jalur untuk menghubungkan perangkat ke proyektor NEC. Pemakai dapat mencoba jalur kabel maupun nirkabel. Aplikasi ini juga memberikan opsi menghubungkan satu HP dengan beberapa proyektor.

3. Kaya akan Fitur-Fitur

Soal fitur, sepertinya tidak perlu dikhawatirkan dari aplikasi ini. MultiPresenter menyediakan seluruh fitur yang dapat membuat pemakai  melakukan konfigurasi dengan bebas. Lalu, seperti apa fitur-fitur yang disajikan aplikasi ini?

  • Projection control. MultiPresenter dapat mengontrol proyektor seperti merubah sinyal, mematikan suara, menghentikan gambar presentasi, dan lainnya
  • Multi-screening. MultiPresenter dapat membuat satu proyektor NEC dapat menerima gambar dari berbagai perangkat.
  • Mirroring display. Khusus Android, MultiPresenter dapat menampilkan layar HP secara mirroring ke proyektor.

Persyaratan Menggunakan MultiPresenter di HP

Sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi MultiPresenter di HP, pengguna perlu mengetahui persyaratan minimal aplikasi. Hal ini berguna untuk menghindari adanya bug atau kesalahan sistem, saat memakai MultiPresenter.

1. Untuk Pengguna Android

Bagi smartphone dengan operasi sistem Android, MultiPresenter dapat diunduh di Play Store. Tinggal ketikkan MultiPresenter, dan hasilnya sudah muncul di paling atas. Untuk syarat minimumnya, pastikan:

  • Android minimal 5.0 ke atas. Untuk pengguna Android 12, dianjurkan untuk menghubungkan Wi-Fi secara manual.
  • Mendukung file dengan format .jpg, .png, .bmp, .gif, dan .pdf.

2. Untuk Pengguna iOS

Khusus untuk pemakai iPhone atau tablet iPad, maka MultiPresenter tersedia di App Store. Tinggal ketikkan MultiPresenter, dan hasilnya akan terlihat. Seperti inilah persyaratan minimumnya:

  • iOS minimal 9 ke atas. Untuk iPadOS, minimal 13 ke atas.
  • Mendukung file dengan format seperti Android, namun dengan tambahan .key dan .numbers.
  • Mendukung file yang berasal dari program Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint (minimal versi 2003 ke atas).

Sekian informasi mengenai aplikasi proyektor HP asal Sharp yaitu MultiPresenter. Dengan aplikasi ini, pemilik proyektor NEC akan dapat menggunakan proyektor untuk mempresentasikan HP. Tampilan layar pun akan menjadi lebih besar.