Wednesday , April 24 2024

Mengenal Aplikasi CapCut Video Editor Serta Keunggulannya

Dari banyaknya aplikasi pengedit video ini tentu akan meningkatkan kreativitas para pengeditnya untuk menciptakan video editan yang keren dan kreatif. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengedit video adalah aplikasi capcut.

Ketika mengedit video di capcut akan sangat mudah dilakukan sebab memiliki fitur yang mudah untuk dioperasikan. Sehingga pemula pun akan bisa menghasilkan editan video yang keren dan bagus. 

Bagi kamu yang belum mengenal aplikasi capcut, maka pada artikel ini akan dibahas mengenai aplikasi capcut yang harus kamu ketahui.

Mengenal Aplikasi CapCut

Capcut merupakan aplikasi pengedit video yang dulunya bernama viamaker. Aplikasi capcut ini mempunyai reputasi yang sangat baik sebab menyajikan sensasi dan fitur pengeditan yang sangat mudah. 

Menciptakan editan yang luar biasa dengan fitur-fitur pendukung yang lengkap dan mudah digunakan menjadikan aplikasi ini sangat banyak peminatnya. Fitur yang disediakan pada aplikasi pengedit video ini seperti halnya sesuaikan klip, potong, tambahkan elemen, dana banyak fitur-fitur lainnya yang dibutuhkan dalam sebuah pengeditan video. 

Kamu bisa mengedit video dengan menggunakan aplikasi capcut ini dengan berbagai aspek pengeditan yang tersedia.

Kabarnya akhir-akhir ini aplikasi capcut ini menyentuh rekor unduhan baru. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini menawarkan banyak rangkaian fitur yang sederhana dan simpel namun mampu menciptakan hasil editan video yang profesional.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengedit video hanya dalam hitungan menit saja. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mengunduh aplikasi ini untuk keperluan mengedit video dengan hasil maksimal.

Jadi bagi kamu yang saat ini sedang mencari aplikasi pengedit video yang gampang digunakan dan bisa menciptakan hasil editan yang terbaik, maka aplikasi capcut bisa jadi pilihan kamu untuk kebutuhan edit video.

Keunggulan Aplikasi CapCut 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa aplikasi capcut ini merupakan aplikasi pengedit video yang bisa membantu para penggunanya dalam menciptakan video yang berkualitas tinggi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang mudah dan cepat untuk digunakan. 

Banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan aplikasi ini, sehingga tak heran jika banyak pengguna yang lebih memilih aplikasi capcut untuk keperluan mengedit video. Adapun keunggulan pada aplikasi ini antara lain sebagai berikut :

  1. Kemudahan penggunaan dengan adanya UI grafis yang simpel dan sederhana serta menu yang sudah terdefinisi dengan baik sehingga mampu menciptakan video dengan cepat dan baik.
  2. Kontrol Intuitif dengan fitur Potong, sesuaikan, balikkan, dan putar konten yang akan kamu edit dengan menggunakan beberapa kontrol yang ada pada aplikasi dengan praktis dan jarang kamu temukan di aplikasi pengedit video lain.
  3. Sistem Keamanan fitur yang mutakhir dan dapat memastikan bahwa tidak ada kebocoran data para penggunanya.
  4. Fokus pada Kualitas kontennya, kamu akan bisa mendapatkan kualitas editan video yang terjamin dan maksimal bahkan setelah beberapa kali melakukan pengeditan.
  5. Filter Lanjutan baru dengan kualitas tinggi, efek magis serta fitur keindahan yang  bisa menambahkan sentuhan estetis pada video yang kamu edit.
  6. Stiker Trending dengan banyak pilihan dan variasi font terbaik yang diperbarui otomatis secara berkala.
  7. Perpustakaan Musik pada aplikasi yang luas dan lagu-lagu yang memiliki hak cipta secara eksklusif.

Cara menggunakan aplikasi CapCut

Dari adanya aplikasi tiktok yang saat ini viral dan banyak dipakai para content creator ini banyak memunculkan konten atau video-video yang menarik agar fyp atau muncul di beranda. Dibalik itu semua, aplikasi capcut juga berperan dalam membantu para content creator untuk mengedit dan menciptakan video dengan kualitas terbaik dan profesional

Bagi pemula, aplikasi capcut ini dirasa sangat tepat digunakan sebab menawarkan fitur yang mudah digunakan dan sistem pengeditan yang sangat mudah dan terarah.

Pada aplikasi capcut ini kamu bisa menemukan fitur untuk efek lagu, memasukkan sound, stiker, overlay video, dan banyak fitur lainnya. Selain itu pada aplikasi capcut ini juga memberikan banyak template yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Berikut ini akan dijelaskan seputar cara mudah dalam menggunakan aplikasi capcut yang bisa kamu coba di aplikasi milikmu.

  1. Unduh aplikasi capcut di google playstore terlebih dahulu dan instal di smartphone milikmu.
  2. Buka aplikasi capcut yang telah kamu instal dan sudah kamu berikan akses untuk akses ke galeri, akses ke kamera, microphone, dan akses lainnya yang diperlukan.
  3. Masuklah ke beranda aplikasi capcut dan pilihlah opsi new project jika kamu ingin mengedit konten baru atau pilih opsi template jika kamu menginginkan sebuah template yang menarik.
  4. Pilihlah video atau foto yang ingin kamu edit pada aplikasi capcut ini
  5. Kemudian kamu akan diarahkan pada tools atau fitur-fitur untuk memulai mengedit videomu
  6. Kamu bisa memilih opsi audio jika kamu ingin menambahkan suara dan memasukkannya ke video yang akan kamu edit. Kamu bisa memasukkan lebih dari dua audio sekaligus, loh!
  7. Jika kamu ingin menambahkan stiker, kamu bisa langsung pilih fitur yang bertuliskan ‘stiker’ yang terletak di bagian bawah
  8. Apabila kamu menginginkan menambahkan teks, kamu bisa langsung menekan opsi text dan akan muncul beragam jenis font yang bisa kamu pilih dan gunkan pada videomu.
  9. Kamu bisa menambahkan efek untuk video yang akan kamu edit dengan mudah, yaitu kamu hanya cukup pilih opsi effects dan nantinya akan muncul beberapa efek yang bisa kamu terapkan pada videomu.
  10. Setelah dirasa video editanmu sudah selesai diedit, maka kamu pilih tanda simpan yang berada di pojok kanan atas aplikasi capcut
  11. Tunggu sampai video selesai diunduh dan tersimpan baru kamu boleh keluar dari aplikasi capcut

Cara Menggunakan Template Aplikasi Capcut

Jika kamu ingin memakai template menarik yang ada di aplikasi capcut, maka kamu bisa mengikuti cara-caranya di bawah ini :

  1. Buka aplikasi capcut yang telah kamu instal dan sudah kamu berikan akses untuk akses ke galeri, akses ke kamera, microphone, dan akses lainnya yang diperlukan.
  2. Lalu pilihlah opsi template dan nantinya akan muncul berbagai macam template yang menarik dan bisa kamu pilih
  3. Kamu dapat memilih template pada aplikasi capcut ini atau bisa juga kamu membuat template sendiri
  4. Memasukkan foto atau video yang akan kamu edit ke dalam template capcut
  5. Setelah dirasa video editanmu sudah selesai diedit, maka kamu pilih tanda simpan yang berada di pojok kanan atas aplikasi capcut
  6. Tunggu sampai video selesai diunduh dan tersimpan baru kamu boleh keluar dari aplikasi capcut

Alternatif Capcut Untuk Pc

Selain aplikasi capcut untuk smartphone, kamu juga bisa mendapatkan aplikasi capcut yang cocok bagi PC. Adapun aplikasi tersebut antara lain :

  1. GoCut
  2. Funimate 
  3. VideoProc 
  4. WeVideo 

Itulah ulasan seputar aplikasi capcut yang bisa kamu unduh untuk menciptakan editan video yang keren.