Thursday , February 29 2024

Aplikasi Edit Foto Jadi Sketsa Android Terbaik 2023

Seperti apa aplikasi edit foto jadi sketsa yang sedang diincar orang? Sketsa yang dimaksud berupa gambar arsiran pensil yang dibuat secara manual. Namun siapa sangka, foto yang sudah jadi juga bisa diubah seperti sebuah sketsa.

Kira-kira seperti itulah konsep dari aplikasi ini. Untuk rekomendasinya, ada salah satu aplikasi sketsa di Play Store yaitu Pencil Sketch. Aplikasi ini sudah di-install sebanyak 50 juta user, serta mendapat ulasan lebih dari 400 ribu.

Penjelasan Mengenai Pencil Sketch

Aplikasi edit foto jadi sketsa Pencil Sketch merupakan editor foto yang mudah digunakan, dan mampu mengubah foto menjadi sketsa. Cara mengubahnya juga sangat mudah, hanya perlu mengunggah foto, dan aplikasi akan segera mengubahnya.

Pencil Sketch memiliki empat jenis filter yang bisa dipakai untuk membuat sketsa. Pemakainya bisa memilih apakah foto diubah menjadi gambaran pensil, sketsa kasar, hingga komik. Selain itu Pencil Sketch juga bisa mengubah gambar hitam putih.

Untuk mengunduhnya, Pencil Sketch tersedia pada Play Store, dan langsung dapat ditemukan pada pencarian teratas. Aplikasi ini hanya berukuran kurang lebih 100 MB setelah di-install pada Android, jadi sejatinya masih tergolong ringan.

Pencil Sketch ternyata juga memiliki versi premium dengan harga Rp109.000,-. Yang membedakannya dengan versi biasa adalah tanpa iklan dan kualitas gambar lebih HD. Ini hanya opsional saja jika pemakai ingin mengutamakan kualitas.

Kelebihan dari Pencil Sketch

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihannya masing-masing, namun Pencil Sketch kelebihannya lebih dari sekedar lebih. Aplikasi keluaran tahun 2012 ini memberikan pengalaman editing yang serupa dengan aplikasi di zaman sekarang, misalnya:

1. Ringan untuk Smartphone Keluaran Lama

Pencil Sketch merupakan salah satu aplikasi edit foto jadi sketsa yang tergolong ringan. Saat ini, memang banyak aplikasi editor yang bisa memberi fitur serupa. Namun, rata-rata aplikasi membutuhkan performa smartphone yang gahar.

Hal inilah yang membuat Pencil Sketch kerap digunakan untuk mengubah edit minim semata. Pengguna tidak perlu takut jika aplikasi akan mengalami crash ketika dijalankan. Selain itu, Pencil Sketch juga minim tempat penyimpanan.

2. Tersedia Kanvas untuk Gambar Sendiri

Apabila sudah puas atau bosan dengan sekedar mengubah gambar menjadi sketsa, jangan khawatir. Sebab, Pencil Sketch sudah memiliki built-in canvas, di mana bisa digambarkan bebas sesuai dengan keinginan.

Pada doodle board, Pencil Sketch telah menyediakan segelintir drawing tool untuk menggambar. Pemakai dapat membuat sketsa atau doodle dengan bebas, dan hasilnya bisa langsung di edit. Sketsa bisa dilakukan secara manual atau otomatis.

3. Dapat Dijadikan sebagai Aplikasi Editing

Meski dipasarkan sebagai aplikasi edit foto jadi sketsa, Pencil Sketch juga berfungsi sebagai photo editor. Pengguna dapat mengubah saturasi, kontras, hingga pewarnaan pada gambar yang diunggah. Atau, pemakai tinggal menggunakan auto enhance.

Selain itu, Pencil Sketch juga memiliki beberapa filter foto. Wajar saja, karena efek sketsa itu merupakan salah satu filter foto. Inilah mengapa Pencil Sketch dapat mengubah gambar menjadi sketsa, karena hanya diberikan filter sketsa saja.

4. Masih Bisa Digunakan saat Offline

Beberapa aplikasi editing, mengharuskan pemakainya untuk menjalankan aplikasi secara online. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna, karena selain performa menurun, iklan dapat mengganggu proses editing.

Untungnya, Pencil Sketch dapat dipakai secara offline. Pemakai dapat dengan leluasa melakukan editing tanpa adanya gangguan pop-up iklan, atau turunnya kinerja smartphone. Namun, untuk fitur berbagi tentunya harus menggunakan internet.

Misalnya seperti fitur berbagi ke media sosial, Pencil Sketch menyediakan tombol Share langsung setelah hasil foto selesai. Namun jika ingin melakukannya secara manual, maka pengguna dapat tetap offline.

Begitulah informasi mengenai aplikasi edit foto jadi sketsa Pencil Sketch. Hanya dengan satu ketukan, pemakai aplikasi akan mendapatkan hasil sketsa foto dengan kualitas sempurna. Hasil sketsa kemudian dapat dibagikan kepada kerabat atau media sosial.