Wednesday , June 19 2024

Mengenal Aplikasi Edit Foto Pengantin Terlengkap 2023

Aplikasi edit foto pengantin memang sedang dicari, karena sempat jadi tren media sosial. Sebenarnya, semua photo editor bisa dipakai untuk mengedit foto pengantin agar terlihat cantik. Salah satunya yaitu Adobe Lightroom yang sudah lama dikenal.

Seringkali ditemukan iklan yang membandel saat memakai aplikasi editing, apalagi iklannya sampai nyepam. Tentunya hal ini akan mengganggu kenyamanan saat melakukan editing. Maka itu, Lightroom kali ini direkomendasikan.

Informasi Mengenai Aplikasi Edit Foto Pengantin Adobe Lightroom

Adobe Lightroom (atau Lightroom) merupakan aplikasi edit foto pengantin yang paling lengkap, dan tersedia di multiplatform. Penggunanya bisa melakukan editing di PC, laptop, tablet, hingga smartphone dengan mudah.

Soal lengkapnya fitur photo editing, Lightroom sudah tidak diragukan lagi. Pemakai Lightroom dapat mengubah, memberi filter, hingga melakukan adjustment pada foto. Lightroom juga sudah mendukung format RAW, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Ditambah lagi, Lightroom juga sudah dibekali bantuan AI, sehingga hasil editing akan lebih presisi dan halus. Dan hal yang paling membuat pemakaiannya nyaman adalah minim hingga tanpa iklan. Akan tetapi, sebagian fitur perlu berlangganan.

Lalu, apa bedanya dengan Photoshop, meski sama-sama dari Adobe? Photoshop dirancang untuk editing yang lebih kompleks (seperti faceswap dan layering), serta lebih berat dipakai di smartphone. Namun untuk sekedar edit foto, Lightroom sudah cukup.

Bagaimana Menggunakan Adobe Lightroom untuk Edit Foto Pengantin?

Dikarenakan fitur dan penataan yang kompleks, ada baiknya untuk menjelaskan cara pemakaian aplikasi edit foto pengantin ini. Lightroom sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan Photoshop. Simak penjelasannya berikut:

1. Mengunduh Aplikasi Adobe Lightroom

Sebagai permulaan, aplikasi Lightroom perlu diunduh dulu agar bisa digunakan. Sebagai aplikasi multiplatform, Lightroom tersedia di berbagai platform, jadi lokasi download-nya ada pada berbagai tempat, misalnya:

  • Untuk PC, silahkan unduh di situs resmi Adobe melalui tautan berikut: https://www.adobe.com/id_en/products/photoshop-lightroom.html. Telah disediakan free trial selama 7 hari apabila ingin mencoba.
  • Untuk Android, bisa mengunduhnya di Google Play. Aplikasi tersedia gratis dengan fitur premium berlangganan.
  • Untuk iOS, dapat mengunduhnya di App Store. Seperti Android, aplikasi juga gratis dengan fitur premium berlangganan.

2. Mengedit Foto Pengantin

Pada Lightroom, pengguna akan dapat mengedit foto dengan bebas. Biasanya, orang menginginkan tampilan foto pengantin yang terbaik tanpa ada cacat atau blur. Sebab itu, Lightroom menyediakan fitur seperti:

  • Remove dan Healing, yaitu untuk menghapus objek yang tidak diperlukan dari foto pengantin.
  • Selection, yaitu untuk mengedit area foto tertentu, misalnya seperti wajah pengantin.
  • Geometry, yaitu untuk mengubah perspektif foto pengantin menjadi lebih lurus.
  • Profiles, dimana pemakai dapat memilih preset untuk mengubah estetika foto pengantin seperti Vintage.
  • Presets, di mana pemakai bisa menambahkan preset untuk foto pengantin yang lebih cantik.

3. Menambah Preset untuk Foto Pengantin

Keunikan dari Lightroom adalah pengguna bisa menambahkan preset ke foto. Yang dimaksud preset ini adalah setting filter yang sudah diatur, sehingga mempermudah proses editing. Untuk menambah preset, begini langkahnya:

  • Pertama-tama unduh file preset yang ingin digunakan pada foto pengantin. Pastikan formatnya .dnp atau .xmp.
  • Untuk file .xmp, pilih opsi Preset, lalu klik Import Presets.
  • Tinggal pilih preset yang diinginkan dari folder dimana file preset berada.
  • Untuk file .dnp, pilih opsi Add Photos, lalu temukan file preset-nya.
  • Setelah file dimuat, pilih opsi Create Presets, lalu namakan preset sesuai keinginan.
  • Tinggal atur pengaturan dan centang bagian yang dibutuhkan, lalu klik ikon centang untuk menyimpan preset.

Itu dia penjelasan mengenai aplikasi edit foto pengantin Lightroom, dari cara download dan memakainya. Kesimpulannya, aplikasi ini akan menunjang editing dengan hasil bagus, serta lebih nyaman. Foto juga bisa diubah sesuai selera.