Wednesday , February 28 2024

Aplikasi Mengedit File PDF

Aplikasi Mengedit File PDF

File PDF merupakan format file yang paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk dokumen resmi, tugas kuliah, atau pun dokumen pribadi. Namun, terkadang kita membutuhkan untuk mengedit file PDF tersebut, entah untuk menambahkan atau menghapus beberapa bagian dari dokumen tersebut. Di bawah ini, kami telah merangkum beberapa aplikasi mengedit file PDF terbaik dan gratis.

1. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi open source yang dapat digunakan untuk mengedit file PDF maupun file grafis lainnya. Selain itu, Inkscape juga menyediakan fitur-fitur seperti membuat vektor, menggambar, dan mengedit teks. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat diunduh secara gratis.

2. Foxit Reader

Foxit Reader adalah aplikasi PDF reader yang populer dan dapat digunakan untuk mengedit file PDF. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti menambahkan teks, menandai, dan menghapus bagian dari dokumen PDF. Foxit Reader juga dilengkapi dengan fitur untuk mengubah file PDF menjadi format lainnya seperti Word atau Excel.

3. LibreOffice Draw

LibreOffice Draw adalah aplikasi pengolah gambar dan grafis yang dapat digunakan untuk mengedit file PDF. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam tool seperti penggaris, pensil, dan kuas untuk mengedit dokumen PDF. Selain itu, LibreOffice Draw juga dapat mengimpor dan mengekspor file PDF dengan mudah.

4. PDF-XChange Editor

PDF-XChange Editor adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengedit file PDF. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam tool seperti menambahkan teks, menandai, dan menghapus bagian dari dokumen PDF. Selain itu, PDF-XChange Editor juga dilengkapi dengan fitur untuk mengubah file PDF menjadi format lainnya seperti Word atau Excel.

5. Sejda PDF

Sejda PDF adalah aplikasi online yang dapat digunakan untuk mengedit file PDF. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam tool seperti menambahkan teks, menandai, dan menghapus bagian dari dokumen PDF. Selain itu, Sejda PDF juga dilengkapi dengan fitur untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Kesimpulan

Dari beberapa aplikasi di atas, kita dapat memilih salah satunya yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Semua aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis dan mudah digunakan. Selamat mencoba!