Thursday , June 20 2024

Aplikasi Merubah Word Menjadi PDF

Jika Anda sering bekerja dengan dokumen dan file, tentu tidak asing lagi dengan format dokumen Microsoft Word dan PDF. Kedua format ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, terkadang kita membutuhkan sebuah dokumen dalam format PDF, namun hanya memiliki dokumen dalam format Word. Oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi yang dapat merubah format Word menjadi PDF dengan mudah. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan.

1. Microsoft Word

Ya, Anda tidak salah baca. Aplikasi yang pertama ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan dokumen dalam format PDF. Caranya sangat mudah, cukup klik “File” > “Export” > “Create PDF/XPS Document” > “Create PDF/XPS” dan pilih lokasi penyimpanan. Namun, fitur ini hanya tersedia pada versi Word 2010 ke atas.

2. Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan salah satu aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengedit dan merubah format dokumen PDF. Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merubah format Word menjadi PDF. Caranya sangat mudah, buka dokumen Word yang ingin diubah, lalu klik “File” > “Export to Adobe PDF” dan pilih lokasi penyimpanan.

3. WPS Office

WPS Office adalah aplikasi pengolah dokumen dan file yang sering digunakan sebagai alternatif Microsoft Office. Selain memiliki fitur yang lengkap, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merubah format Word menjadi PDF. Caranya juga sangat mudah, buka dokumen Word yang ingin diubah, lalu klik “File” > “Export to PDF” dan pilih lokasi penyimpanan.

4. PrimoPDF

PrimoPDF adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk merubah format Word menjadi PDF. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, Anda hanya perlu menginstalnya terlebih dahulu, lalu klik “Print” pada dokumen Word yang ingin diubah, pilih “PrimoPDF” pada printer, lalu klik “Print” dan pilih lokasi penyimpanan.

5. SmallPDF

SmallPDF adalah aplikasi online yang dapat digunakan untuk merubah format Word menjadi PDF. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu mengakses website SmallPDF, klik “Word to PDF”, upload dokumen Word yang ingin diubah, lalu klik “Convert” dan download dokumen PDF yang telah dihasilkan.

Kesimpulan

Dari beberapa aplikasi di atas, Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jika Anda sering bekerja dengan dokumen dan file, disarankan untuk menggunakan Microsoft Word atau Adobe Acrobat karena kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang lengkap dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Semoga informasi ini bermanfaat!