Monday , July 15 2024

Aplikasi NISN 2018: Cara Mudah Mencari Nomor Induk Siswa Nasional

Jika Anda seorang guru atau tenaga pendidik, pasti sudah tidak asing lagi dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN adalah nomor yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia sebagai identitas resmi dalam dunia pendidikan. Namun, mencari NISN siswa bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan usaha ekstra untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan.

Beruntung, saat ini ada aplikasi NISN 2018 yang bisa membantu Anda mencari nomor induk siswa secara online. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang aplikasi NISN 2018 dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Aplikasi NISN 2018?

Aplikasi NISN 2018 adalah sebuah platform online yang memungkinkan pengguna untuk mencari nomor induk siswa secara mudah dan cepat. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memudahkan para guru dan tenaga pendidik dalam mencari NISN siswa.

Cara Menggunakan Aplikasi NISN 2018

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi NISN 2018:

1. Kunjungi Situs Resmi Aplikasi NISN 2018

Pertama-tama, kunjungi situs resmi aplikasi NISN 2018 di https://nisn.kemdikbud.go.id/. Di sini, Anda bisa melihat tampilan halaman utama aplikasi NISN 2018.

2. Pilih Jenis Pencarian

Pada tampilan halaman utama, Anda akan melihat dua jenis pencarian: pencarian berdasarkan nama dan pencarian berdasarkan NISN. Pilih jenis pencarian yang sesuai dengan informasi yang Anda miliki.

3. Masukkan Informasi yang Diperlukan

Setelah memilih jenis pencarian, masukkan informasi yang diperlukan seperti nama siswa atau nomor induk siswa. Pastikan informasi yang Anda masukkan sudah benar dan akurat.

4. Klik Tombol “Cari”

Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, klik tombol “Cari”. Aplikasi NISN 2018 akan menampilkan data siswa yang sesuai dengan informasi yang Anda masukkan.

Manfaat Aplikasi NISN 2018

Aplikasi NISN 2018 memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Mempercepat Pencarian NISN Siswa

Dengan menggunakan aplikasi NISN 2018, Anda tidak perlu lagi mencari NISN siswa secara manual. Aplikasi ini akan mencarikan data siswa yang sesuai dengan informasi yang Anda masukkan.

2. Memudahkan Proses Administrasi

Dengan memiliki NISN siswa, proses administrasi di sekolah akan menjadi lebih mudah. Anda bisa menggunakan NISN siswa untuk membuat berbagai dokumen administrasi seperti rapor dan sertifikat.

3. Meningkatkan Akurasi Data

Dengan menggunakan aplikasi NISN 2018, Anda bisa memastikan bahwa data siswa yang Anda miliki akurat dan up-to-date. Hal ini akan membantu Anda dalam memantau perkembangan siswa dan memberikan bimbingan yang lebih efektif.

Kesimpulan

Aplikasi NISN 2018 adalah sebuah platform online yang memudahkan para guru dan tenaga pendidik dalam mencari nomor induk siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini, proses administrasi di sekolah akan menjadi lebih mudah dan efektif. Jadi, jangan ragu untuk mencoba aplikasi NISN 2018 untuk mempercepat pencarian NISN siswa di sekolah Anda.