Thursday , July 25 2024

Aplikasi Tawakkalna Adalah

Aplikasi Tawakkalna adalah sebuah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Aplikasi ini merupakan salah satu dari beberapa aplikasi yang dibuat oleh pemerintah Arab Saudi untuk memperketat protokol kesehatan dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Fungsi Aplikasi Tawakkalna

Aplikasi Tawakkalna berfungsi sebagai aplikasi pelaporan kesehatan yang wajib dimiliki oleh setiap penduduk Arab Saudi. Aplikasi ini digunakan untuk memantau kesehatan masyarakat dan memastikan bahwa setiap orang yang masuk ke dalam suatu tempat atau fasilitas publik telah melalui proses pemeriksaan kesehatan yang ketat.

Di dalam aplikasi Tawakkalna, terdapat fitur pelaporan kesehatan harian yang harus diisi oleh setiap pengguna. Fitur ini berisi pertanyaan-pertanyaan tentang kesehatan pengguna seperti apakah pengguna mengalami gejala Covid-19 atau tidak. Jika pengguna mengalami gejala Covid-19, maka akan diberikan instruksi untuk melakukan isolasi mandiri dan segera melakukan tes kesehatan.

Selain itu, aplikasi Tawakkalna juga memiliki fitur pelacakan kontak erat yang dapat membantu pemerintah Arab Saudi dalam memantau penyebaran virus Covid-19. Fitur ini akan menginformasikan pengguna jika mereka pernah berada di tempat yang sama dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Cara Menggunakan Aplikasi Tawakkalna

Untuk menggunakan aplikasi Tawakkalna, pengguna harus memasang aplikasi ini di smartphone mereka. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Setelah diunduh, pengguna harus melakukan registrasi menggunakan nomor identitas yang terdaftar di Arab Saudi seperti nomor identitas nasional atau nomor paspor.

Setelah melakukan registrasi, pengguna akan diminta untuk mengisi data diri dan melengkapi informasi kesehatan mereka. Setiap hari, pengguna harus mengisi laporan kesehatan harian di dalam aplikasi Tawakkalna. Jika pengguna tidak mengisi laporan kesehatan harian, maka pengguna tidak akan diizinkan masuk ke dalam suatu tempat atau fasilitas publik.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Tawakkalna

Aplikasi Tawakkalna memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya. Salah satu keuntungan utama adalah memudahkan pengguna dalam mengakses fasilitas publik seperti mall, restoran, dan tempat wisata. Dengan menggunakan aplikasi Tawakkalna, pengguna tidak perlu lagi mengisi formulir kesehatan secara manual setiap kali ingin masuk ke dalam suatu tempat publik.

Selain itu, aplikasi Tawakkalna juga dapat membantu pengguna dalam menghindari kerumunan dan tempat yang berpotensi menjadi klaster penyebaran virus Covid-19. Fitur pelacakan kontak erat juga dapat membantu masyarakat dalam memantau penyebaran virus Covid-19 di sekitar mereka.

Kesimpulan

Aplikasi Tawakkalna adalah sebuah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk memperketat protokol kesehatan dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Aplikasi ini berfungsi sebagai aplikasi pelaporan kesehatan dan pelacakan kontak erat yang wajib dimiliki oleh setiap penduduk Arab Saudi. Dengan menggunakan aplikasi Tawakkalna, pengguna dapat memudahkan akses ke fasilitas publik dan membantu memantau penyebaran virus Covid-19 di sekitar mereka.