Sunday , July 14 2024

Aplikasi Tes Genose di Bandara

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mengeluarkan kebijakan tentang penerapan tes Genose di bandara. Tes Genose merupakan salah satu metode pemeriksaan Covid-19 yang menggunakan teknologi alat pendeteksi cepat antigen.

Apa itu Tes Genose?

Tes Genose adalah singkatan dari GeNose C19, alat pendeteksi cepat antigen yang dikembangkan oleh perusahaan Indonesia PT. Kuarsa Medicalindo (KMI). Tes ini menggunakan teknologi hirup atau breathalyzer untuk mendeteksi virus corona dalam waktu kurang dari 2 menit.

Dalam tes Genose, seseorang diharuskan menghirup udara melalui masker khusus yang terhubung dengan alat pendeteksi. Kemudian, hasil tes akan muncul dalam bentuk lampu LED berwarna merah atau hijau. Hasil tes ini dapat digunakan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia.

Aplikasi Tes Genose di Bandara

Pemerintah Indonesia mewajibkan penggunaan tes Genose bagi setiap penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia. Tes ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus corona dan memastikan keamanan perjalanan udara.

Saat ini, aplikasi tes Genose di bandara sudah tersedia di beberapa bandara besar di Indonesia, seperti Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda, dan Bandara Ngurah Rai. Bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan, sebaiknya melakukan pendaftaran dan pembayaran tes Genose secara online terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan alat pada saat kedatangan.

Cara Melakukan Tes Genose di Bandara

Untuk melakukan tes Genose di bandara, berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Daftar dan bayar tes Genose secara online melalui website atau aplikasi resmi dari bandara yang akan Anda kunjungi.
  2. Print atau screenshot bukti pendaftaran dan pembayaran tes Genose.
  3. Setibanya di bandara, tunjukkan bukti pendaftaran dan pembayaran kepada petugas yang bertugas.
  4. Ikuti instruksi petugas untuk melakukan tes Genose dengan benar.
  5. Tunggu hasil tes selama kurang lebih 2 menit.

Kesimpulan

Tes Genose di bandara merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus corona dan memastikan keamanan perjalanan udara. Aplikasi tes Genose di bandara sudah tersedia di beberapa bandara besar di Indonesia, sehingga penumpang dapat lebih mudah melakukan tes sebelum melakukan perjalanan. Sebaiknya, lakukan pendaftaran dan pembayaran tes Genose secara online terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan alat pada saat kedatangan. Dengan begitu, perjalanan Anda dapat berlangsung dengan lebih aman dan nyaman.