Sunday , March 3 2024

Contoh Aplikasi VB: Membuat Program dengan Visual Basic

Visual Basic atau VB adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer digunakan oleh para programmer. Dalam pembuatan aplikasi desktop, VB menjadi salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk digunakan. Dengan VB, Anda dapat membuat aplikasi desktop secara mudah dan cepat.

Contoh Aplikasi VB Sederhana

Berikut adalah contoh sederhana aplikasi VB yang dapat Anda buat:

Program Sederhana Penjumlahan

Buka aplikasi Microsoft Visual Studio dan pilih “New Project”. Pilih “Windows Forms Application” dan beri nama project “Penjumlahan”. Setelah itu, Anda dapat menambahkan dua buah Text Box dan satu buah Button pada form.

Kemudian, Anda dapat menambahkan kode berikut pada event klik button:

“`Private Sub btnJumlahkan_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btnJumlahkan.ClickDim angka1, angka2, hasil As Integerangka1 = CInt(txtAngka1.Text)angka2 = CInt(txtAngka2.Text)hasil = angka1 + angka2txtHasil.Text = hasil.ToString()End Sub“`

Setelah itu, Anda dapat mencoba menjalankan program dan mencoba memasukkan angka pada Text Box. Apabila Anda menekan tombol “Jumlahkan”, maka hasil penjumlahan dari dua angka tersebut akan muncul pada Text Box hasil.

Contoh Aplikasi VB yang Lebih Kompleks

Selain aplikasi sederhana, VB juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang lebih kompleks. Berikut adalah contoh aplikasi VB yang lebih kompleks:

Program Pengelolaan Data Karyawan

Buka aplikasi Microsoft Visual Studio dan pilih “New Project”. Pilih “Windows Forms Application” dan beri nama project “Pengelolaan Data Karyawan”. Setelah itu, Anda dapat menambahkan beberapa Text Box dan beberapa Button pada form.

Kemudian, Anda dapat menambahkan kode berikut pada event klik button:

“`Private Sub btnTambah_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btnTambah.ClickDim nama, alamat, telepon As Stringnama = txtNama.Textalamat = txtAlamat.Texttelepon = txtTelepon.TextDataGridView1.Rows.Add(nama, alamat, telepon)End SubPrivate Sub btnHapus_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btnHapus.ClickDataGridView1.Rows.RemoveAt(DataGridView1.CurrentRow.Index)End Sub“`

Setelah itu, Anda dapat mencoba menjalankan program dan mencoba menambahkan data karyawan pada DataGridView. Apabila Anda menekan tombol “Tambah”, maka data karyawan tersebut akan muncul pada DataGridView. Apabila Anda ingin menghapus data karyawan, maka Anda dapat memilih data karyawan tersebut pada DataGridView dan menekan tombol “Hapus”.

Kesimpulan

Dari kedua contoh aplikasi VB di atas, Anda dapat melihat betapa mudahnya membuat aplikasi desktop dengan menggunakan VB. Dalam membuat program, Anda hanya perlu memahami syntax dan logic pada VB. Dengan VB, Anda dapat membuat aplikasi desktop yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh pengguna. Selamat mencoba!