Monday , May 27 2024

Cara Download Aplikasi Zoom Lengkap Terbaru 2023

Di era digital ini, apalagi masa-masa Covid, banyak masyarakat yang mulai menggunakan teknologi online untuk beraktivitas. Salah satunya adalah Zoom Cloud Meetings.

Anda dapat menggunakan aplikasi Zoom ini untuk berbagai aktivitas online. Mulai dari meeting, mengajar, dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai cara download aplikasi Zoom di laptop dan handphone android.

Apa Itu Aplikasi Zoom?

Sebelum membahas mengenai cara download aplikasi Zoom. Sebaiknya, Anda ketahui terlebih dahulu apa itu aplikasi Zoom dan seperti apa cara kerja aplikasi ini.

Zoom Cloud Meetings yaitu sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media untuk mempermudah komunikasi jarak jauh. Aplikasi ini memiliki fitur video dan share screen untuk mempermudah aktivitas online.

Aplikasi Zoom biasanya digunakan untuk keperluan seperti wawancara, mengajar, rapat, diskusi, webinar, dan lain sebagainya. Selain itu, cara kerjanya juga sangat mudah dengan mengandalkan perangkat gadget dan internet saja.

Aplikasi yang satu ini juga bisa dengan mudah Anda gunakan, baik itu di laptop maupun handphone. Tampilannya juga sangat user friendly dan mudah untuk digunakan.

Kelebihan Aplikasi Zoom

Anda dapat download aplikasi Zoom untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam beraktivitas online. Ketahui apa saja kelebihan dari aplikasi Zoom terlebih dahulu di bawah ini.

  • Memiliki Fitur Presentasi

Kelebihan aplikasi Zoom yang pertama ialah memiliki fitur presentasi. Fitur yang satu ini sangat berguna dan bermanfaat untuk Anda yang sering presentasi.

Hal ini karena di dalam Zoom terdapat menu “Share Screen” yang memungkinkan Anda untuk menampilkan layar yang akan ditunjukkan kepada audiens. Sehingga, audiens bisa melihat layar presentasi Anda.

  • Kualitas Video Bagus

Kelebihan selanjutnya adalah kualitas video yang bagus. Zoom memiliki kualitas video yang jernih dan suara jelas, sehingga akan memudahkan dalam hal berkomunikasi. Bahkan, jika sinyal bagus pun tidak akan terasa lag saat meeting berlangsung.

Anda juga dapat mengatur dan menampilkan atau mematikan video dan audio. Jadi, saat Anda tidak memerlukan video/audio dari audiens, Anda bisa mengaktifkannya.

  • Tersedia untuk Berbagai Sistem Operasi

Kelebihan terakhir ialah tersedia untuk berbagai sistem operasi. Ya, Zoom adalah aplikasi yang dapat digunakan di perangkat seperti android, iOS, atau Windows. Dengan begitu, siapapun tentu bisa menggunakannya dengan mudah.

Hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa Zoom lebih sering dipilih dan digunakan oleh masyarakat. Sebab, Zoom bisa digunakan di hampir semua sistem operasi.

Kekurangan Aplikasi Zoom

Selain kelebihan, tentu Zoom juga memiliki kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Zoom Cloud Meetings.

  • Boros Kuota dan Kualitas Video Seringkali Berubah

Zoom sebenarnya memang memiliki kualitas video yang sangat bagus, hanya saja didukung dengan sinyal internet yang stabil dan mumpuni. Jika sinyal sedang tidak stabil, video bisa terputus atau bahkan lag.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Zoom juga rupanya lebih banyak menghabiskan kuota internet ketika digunakan. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan wifi ketika menggunakan Zoom.

  • Privasi Kurang Terjamin

Saat mendaftar sebuah aplikasi, pihak aplikasi akan meminta data pribadi Anda untuk keperluan penggunaan akses aplikasi. Tak terkecuali aplikasi Zoom yang mengharuskan penggunanya untuk mengizinkan sejumlah ketentuan agar bisa digunakan.

Selain itu, dalam sebuah kegiatan meeting atau forum online, suasana lingkungan Anda akan terlihat oleh orang lain. Lalu, hal tersebut akan membuka privasi Anda.

  • Belum Tersedia Bahasa Indonesia

Aplikasi Zoom masih menggunakan bahasa Inggris dalam aksesnya dan belum tersedia dalam versi bahasa Indonesia. Sehingga, Anda harus mengerti agar bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar.

Walaupun demikian, bahasa Inggris dalam aplikasi ini masih mudah dipahami didukung dengan adanya simbol pada menu dan fitur tertentu yang memudahkan penggunanya.

Cara Download Aplikasi Zoom di Laptop

Bagi Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10, berikut ada penjelasan mengenai cara download aplikasi Zoom. Cara ini juga bisa dicoba untuk sistem operasi Windows yang lainnya.

  • Pertama, silakan Anda buka browser terlebih dahulu dan masukkan alamat website “zoom.us”
  • Kedua, masuk ke halaman “zoom.us/download” atau menu Download Center – Zoom.
  • Selanjutnya, Anda pilih aplikasi Zoom Meetings sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.
  • Klik opsi “Zoom Client for Meetings”.
  • Pilih Download atau Download 64-bit Client.
  • Terakhir, tunggu sampai aplikasi Zoom selesai di unduh.

Cara Download Aplikasi Zoom di Handphone Android

Aplikasi Zoom juga bisa diunduh dan digunakan di handphone agar lebih memudahkan pengguna jika tidak ingin menggunakan laptop. Aplikasi ini bisa dengan mudah Anda dapatkan secara gratis melalui Google Playstore.

Zoom Cloud Meetings bersifat gratis diunduh dan bisa digunakan dengan mudah di android.

Di bawah ini terdapat beberapa langkah cara download aplikasi Zoom di handphone Android. Jadi, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Pertama, silakan Anda buka aplikasi Google Playstore terlebih dahulu da handphone android Anda.
  • Setelah itu, cari di kolom pencarian aplikasi Zoom, lalu pilih yang berlogo warna biru.
  • Apabila sudah ada, silakan klik tombol Unduh/Install untuk mulai memasang aplikasi pada handphone.
  • Terakhir, tunggu saja sampai proses instalasi selesai.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Zoom di Google Playstore ini sudah memiliki rating 4.4 dari 5 bintang, lalu sudah pernah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android.

Spesifikasi Laptop untuk Download Aplikasi Zoom

Untuk mengunduh aplikasi Zoom di laptop, Anda perlu mengetahui spesifikasi laptop seperti apa yang cocok untuk mengunduh Zoom. Pertama, pastikan laptop Anda sudah mendukung koneksi internet 3G atau 4G/LTE.

Selain itu, pastikan laptop Anda sudah memiliki perangkat seperti speaker dan mikrofon, memiliki webcam, menggunakan OS minimal MacOS 10.9 pada perangkat macOS. Jika menggunakan Windows, sudah menggunakan Windows 7, 8, 8.1, atau 10.

Spesifikasi Handphone untuk Download Aplikasi Zoom

Untuk penggunaan Zoom di android pun memiliki ketentuan khusus yang perlu Anda perhatikan. Pastikan handphone android Anda sudah memiliki jaringan internet yang stabil, lalu mempunyai speaker dan mikrofon.

Jika Anda menggunakan sistem operasi iOS, maka OS yang digunakan minimal iOS 8.0 pada iPhone, iPadOS 13 pada iPad, dan Android 5.0x untuk pengguna android.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui apa itu aplikasi Zoom dan bagaimana download aplikasi Zoom di laptop maupun android. Dengan Zoom, tentu Anda bisa dengan mudah bekerja dan melakukan kegiatan jarak jauh secara daring.

Zoom juga telah menghadirkan sejumlah fitur dan layanan yang mendukung aktivitas Anda dalam menggunakan aplikasi ini. Jadi, tentu memberikan banyak manfaat dan kelebihan bagi para penggunanya.