Sunday , July 14 2024

Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi: Cara Mudah Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Xiaomi adalah salah satu merek smartphone yang cukup populer di Indonesia. Namun, tidak semua aplikasi yang sudah terpasang di ponsel Xiaomi dibutuhkan oleh pengguna. Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi bahkan dianggap cukup mengganggu dan memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, banyak pengguna Xiaomi yang ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut. Berikut adalah cara mudah untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.

Langkah Pertama: Update MIUI

Sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, pastikan bahwa MIUI, tampilan antarmuka Xiaomi, telah diperbarui ke versi terbaru. MIUI versi baru seringkali memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan secara langsung. Caranya, buka aplikasi Pengaturan, pilih Tentang Ponsel, dan periksa apakah terdapat pembaruan untuk MIUI.

Langkah Kedua: Gunakan Aplikasi Cleaner

Jika MIUI belum diperbarui ke versi terbaru, pengguna Xiaomi dapat menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus aplikasi bawaan. Aplikasi Cleaner adalah aplikasi yang dirancang untuk membersihkan file sampah dan mempercepat kinerja ponsel. Beberapa aplikasi Cleaner juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi bawaan. Salah satu aplikasi Cleaner yang bisa digunakan adalah CCleaner. Caranya, unduh dan instal aplikasi CCleaner dari Google Play Store, buka aplikasi tersebut, dan pilih opsi Hapus Aplikasi Bawaan.

Langkah Ketiga: Gunakan ADB

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, pengguna Xiaomi dapat menggunakan ADB (Android Debug Bridge) untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. ADB adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menghubungkan ponsel dengan komputer. Caranya, unduh dan instal ADB di komputer, sambungkan ponsel Xiaomi ke komputer menggunakan kabel USB, dan jalankan perintah ADB untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Perintah ADB untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi adalah “pm uninstall -k –user 0 [nama aplikasi]”.

Langkah Terakhir: Root Ponsel Xiaomi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, pengguna Xiaomi dapat melakukan root ponsel Xiaomi untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan. Namun, melakukan root ponsel Xiaomi memiliki risiko yang cukup besar, seperti hilangnya garansi ponsel dan bahkan kerusakan pada sistem ponsel. Oleh karena itu, melakukan root ponsel Xiaomi sebaiknya hanya dilakukan oleh pengguna yang sudah cukup berpengalaman.

Meta Description:

Hapus aplikasi bawaan Xiaomi dengan mudah menggunakan beberapa cara, seperti update MIUI, gunakan aplikasi cleaner, ADB, atau root ponsel Xiaomi. Pelajari selengkapnya di artikel ini.

Meta Keywords:

hapus aplikasi bawaan Xiaomi, MIUI, aplikasi cleaner, ADB, root ponsel Xiaomi.