Sunday , March 3 2024

Menyembunyikan Aplikasi di Android

Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia dan memiliki berbagai macam aplikasi yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa aplikasi yang Anda mungkin ingin menyembunyikannya dari pandangan orang lain pada perangkat Android Anda. Ada beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Mari kita bahas cara-cara tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah App Hider. App Hider memiliki fitur yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi dari layar aplikasi utama dan hanya bisa diakses melalui password atau fingerprint. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Download dan Install App Hider di Perangkat Android Anda

Anda dapat mengunduh App Hider di Google Play Store. Setelah diunduh, instal aplikasi tersebut pada perangkat Android Anda.

Langkah 2: Tambahkan Aplikasi yang Ingin Anda Sembunyikan ke App Hider

Setelah Anda berhasil menginstal App Hider, buka aplikasi tersebut dan pilih “Add App”. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Langkah 3: Sembunyikan Aplikasi

Setelah menambahkan aplikasi ke App Hider, Anda dapat menyembunyikannya dari layar aplikasi utama dengan menyalakan toggle “Hide App”. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan password atau fingerprint untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Menggunakan Mode Pengguna Tamu

Mode Pengguna Tamu adalah fitur bawaan Android yang memungkinkan Anda membuat akun tamu yang terpisah dari akun utama. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Mode Pengguna Tamu

Untuk mengaktifkan Mode Pengguna Tamu, buka Pengaturan di perangkat Android Anda. Lalu, pilih “Pengguna”. Di sini, Anda akan melihat opsi “Tambahkan Pengguna atau Profil”. Pilih “Pengguna Tamu” untuk membuat akun tamu di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Tambahkan Aplikasi ke Akun Tamu

Setelah berhasil membuat akun tamu, pilih akun tersebut untuk masuk ke dalam mode pengguna tamu. Di sini, Anda dapat menambahkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari layar utama dengan cara mengunduh aplikasi tersebut dan memasangnya di akun tamu.

Langkah 3: Keluar dari Mode Pengguna Tamu

Setelah menambahkan aplikasi ke akun tamu, keluar dari mode pengguna tamu dan kembali ke akun utama. Aplikasi yang Anda tambahkan di akun tamu tidak akan muncul di layar aplikasi utama di akun utama.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Menggunakan Folder Tersembunyi

Anda dapat menggunakan folder tersembunyi untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buat Folder Baru

Buka layar utama perangkat Android Anda dan buat folder baru dengan menekan dan menahan ikon aplikasi. Seret ikon aplikasi ke ikon “Buat Folder Baru”.

Langkah 2: Rename Folder

Setelah berhasil membuat folder baru, pilih “Rename” untuk mengubah nama folder. Ubah nama folder menjadi ” .nama folder ” (tanpa tanda kutip). Tanda titik (.) di awal nama folder akan membuat folder tersebut tersembunyi.

Langkah 3: Pindahkan Aplikasi ke Folder Tersembunyi

Pindahkan aplikasi ke folder tersembunyi dengan cara menekan dan menahan ikon aplikasi dan menyeretnya ke folder tersembunyi yang telah Anda buat.

Dalam kesimpulan, ada beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Hider, menggunakan Mode Pengguna Tamu, atau membuat folder tersembunyi untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.