Saturday , March 2 2024

Rebahin Streaming Situs dan Aplikasi Film Populer 2023

Jika membahas yang namanya situs streaming atau download film, tentunya Rebahin sering disebutkan. Nama tersebut tidak diucapkan secara sembarangan, karena situs film ini memang sedang diandalkan bagi yang ingin menonton secara gratis.

Yang namanya situs atau aplikasi download film, memang tidak akan ada habisnya. Meskipun mendapat perlawanan dari Menkominfo, tak lama kemudian akan ada situs atau aplikasi yang baru. Jika diibaratkan, mati satu maka akan tumbuh seribu.

Untuk saat ini, memang situs tersebut yang bisa diakses secara gratis. Nyatanya, sudah banyak pengunjung yang mendatangi situs untuk melakukan streaming, serta download film. Ini masih belum menghitung pengguna versi aplikasinya.

Keunikan dari dual platform ini yang membuat ketenarannya mulai meningkat. Penasaran dengan tempat streaming/download film gratis tersebut? Ulasan ini akan menjelaskan semua informasi yang terkait dengan website atau aplikasi lokal tersebut. 

Informasi Sekilas Tentang Situs dan Aplikasi Rebahin

Rebahin apk atau situs adalah sebuah platform di mana film disimpan untuk didistribusikan secara gratis. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi penikmat film yang ingin menonton secara gratis. Ibaratnya, situs ini seperti sebuah database.

Mengapa dikatakan database? Hal tersebut dikarenakan database pada dasarnya adalah sekumpulan data atau file yang disimpan pada satu tempat. Database ini akan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna, tanpa harus mencari ke sana ke mari.

Karena situs ini isinya film-film, maka bisa dikatakan bahwa situs ini adalah movie database. Yang membedakannya dengan situs seperti IMDB, adalah pengunjung dapat mengakses film pada database ini, bahkan secara cuma-cuma.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa platform database film seperti ini bersifat ilegal. Hal tersebut dikarenakan, masalah hak cipta akan film-film tersebut. Sebab itu, anggap ulasan ini hanya memberikan informasi saja mengenai situs tersebut.

Mengapa Situs dan Aplikasi ini Dipilih sebagai Penyedia Film?

Seperti yang diketahui, masih banyak platform yang digunakan untuk mengakses film gratis. Misalnya, seperti LK21 Rebahin atau IndoXXI Rebahin. Keberadaan dua situs tersebut sebenarnya bisa diakses, hanya saja masih tersembunyi.

Lalu, mengapa situs atau aplikasi baru ini lebih dipilih? Apa yang membuat web atau apk ini begitu dibicarakan dan dipakai banyak orang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, bisa melihat segelintir kelebihannya berikut:

1. Akses Download dan Streaming Film Gratis

Mengakses film untuk diunduh atau ditonton bukanlah hal yang mudah. Pada dasarnya, yang namanya mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma itu tentu pasti ada usahanya. Namun, ada berbagai kendala yang umum seperti:

  • Absennya ketersediaan situs download atau streaming film yang ingin digunakan. Biasanya karena situs sudah diblokir, atau dipaksa untuk ditutup oleh pihak bersangkutan.
  • File film yang ingin diakses sudah tidak lagi bisa digunakan. Biasanya karena file tersebut menggunakan platform cloud, yang sebenarnya tidak memperbolehkan unggahan konten ilegal.
  • Film yang diinginkan tidak tersedia pada situs download atau streaming gratis. Terutama bagi film yang kurang populer, atau film paling baru yang belum ada Bluray atau versi WebRip.

Sebab itu, Rebahin streaming atau film dipercaya dapat mengatasi ketiga masalah yang umum pada situs download film. Tidak hanya gratis, namun akses download atau streaming film akan selalu tersedia bagi pengunjungnya.

2. Adanya Subtitle Indonesia

Sebagai penikmat film lokal, pastinya membutuhkan kehadiran sebuah takarir, atau yang dikenal sebagai subtitle. Subtitle merupakan caption yang biasa ada pada bagian tengah bawah film, untuk menerjemahkan dialog pada film.

Biasanya, film barat sudah memiliki subtitle Indonesia. Namun pada sebagian film terutama asal Korea, Tiongkok atau Jepang, belum tentu memiliki subtitle bahasa Indonesia. Hal ini tentu membatasi penikmat film asal negara Asia.

Sebab itu, salah satu keunggulan menonton film dari situs download adalah adanya subtitle Indonesia. Penonton yang tidak terlalu paham bahasa luar, akan dapat menikmati cerita yang disajikan pada film. Tapi, darimana subtitle ini berasal?

Yang pernah menonton anime, pasti sering mendengar istilah “fansub”. Fan subtitle ini merupakan pekerjaan tim atau grup non-komersial dengan tujuan menerjemahkan film. Dari sinilah subtitle film hasil download yang kadang disisipkan iklan berasal.

3. Dapat Memilih Kualitas Film

Pada paid streaming services tertentu, penonton tidak bisa mendapatkan opsi untuk mengubah resolusi film/seri. Tentunya, hal tersebut menjadi masalah bagi penonton yang menggunakan kuota. Sebab, tidak bisa menghemat kuota yang dipakai.

Misalnya, penonton ingin menonton film berdurasi 2 jam, namun resolusi nya harus 1080p 60fps. Kuota yang digunakan untuk satu film berkisar 3-4 GB. Jika pengguna hanya memiliki 20GB, maka hanya bisa menonton 4-5 film saja.

Untungnya, dengan mengandalkan situs download, maka penonton bisa menghemat penggunaan internet. Biasanya saat mengunduh, situs akan memberikan opsi resolusi yang ingin dipilih. Rata-rata resolusi yang ditawarkan yaitu 360p hingga 1080p.

Dengan memilih resolusi yang 720p 30fps saja, penonton sudah bisa menghemat dua kali dari 1080p 60fps. Selain itu, dengan mengunduh, penonton juga bisa kembali menikmati film tanpa memerlukan internet seperti paid streaming service.

4. Tampilan Interface yang Lebih Rapi

Pada situs download atau streaming kebanyakan memiliki tampilan user interface yang sulit dinavigasi. Misalnya saat mengakses melalui smartphone, kadangkala situs tersebut belum didesain secara mobile-friendly. Alhasil, tampilannya jadi berantakan.

Ditambah lagi, apabila situs tersebut memunculkan pop-up dan banner iklan yang berjibun. Sebenarnya, hal ini masih bisa diatasi dengan AdBlocker dan aplikasi serupa. Namun, tidak semua browser memiliki kemampuan seperti itu.

Dengan memanfaatkan situs dan apk Rebahin film dan streaming, maka pengunjung dapat mudah mengakses film gratis. Pengelola platform ini sudah merancang tampilan user interface yang nyaman, dan mudah dipakai untuk browser apapun.

Untuk pengguna smartphone misalnya, tampilan situs akan mudah dilihat. Thumbnail setiap film-film yang disajikan dapat terlihat jelas, berikut dengan tulisannya. Kalau tidak ingin menggunakan situs, tinggal install apk nya secara gratis.

5. Aman dari Virus Berbahaya

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan bagi penikmat film gratis, terutama yang memiliki data penting pada device yang dipakai. Pasalnya, seringkali situs memberikan virus atau link phising yang merugikan pengguna untuk kedepannya.

Contohnya seperti pengguna smartphone, tentunya memiliki aplikasi banking dan data sensitif di penyimpanan. Kehadiran virus malware ini bisa mengakses banking dan data penting pemiliknya tanpa disadari. Ujungnya, rekening sudah terkuras.

Daripada mencari resiko, maka sebaiknya gunakan aplikasi atau situs download/streaming terpercaya, seperti ini. Dapat dipastikan, jika seluruh link yang mengarah ke file film sudah dicek kembali, sehingga aman untuk diakses.

Pilihan file yang akan diakses pun juga to-the-point. Nantinya situs akan memberikan berbagai opsi “mirror” yang bisa dipilih, apabila file originalnya terhapus. Platform pihak ketiga tempat penyimpanan film juga sudah terpercaya keamanannya.

Bagaimana Caranya Situs dan Aplikasi ini Bekerja?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana sebenarnya situs download film bekerja. Hal ini jarang diketahui, karena pada dasarnya yang biasa orang pikirkan adalah cari film, download/streaming film tersebut, lalu selesai. Tidak ada lagi yang dipikirkan.

Padahal, mekanisme dari situs seperti yang satu ini bisa dibilang unik. Alih-alih menggunakan server sendiri untuk menyimpan film, ternyata situs menggunakan server dari situs yang sebenarnya memiliki film tersebut. Kira-kira seperti ini sistemnya:

  • Anggap saja pengunjung ingin mencari film yang diinginkan pada situs ini. Setelah memasuki tautan yang mengarah ke situs, pengunjung tinggal mengetikkan nama film. Lalu, website menunjukkan preview dan opsi download.
  • Ketika pengunjung ingin melakukan streaming film tersebut, situs meminta file dari website di mana film tersebut berada. Untuk yang download, biasanya dari cloud site seperti Acefile, Uptobox, dan lain-lain.
  • File film yang berada pada server tersebut lalu menerima perintah, dan segera memutarkan film untuk penonton. Uniknya, server film ini bisa melewati (bypass) situs pertama, membuat ilusi seolah-olah proses ini tidak terjadi.
  • Terakhir, sistem pemutar yang berada pada browser (seperti halnya memutar video media sosial) menjalankan film. Untuk yang mengunduh, tinggal unduh melalui penyedia cloud file yang diberikan.

Sistem inilah yang membuat mengapa situs streaming atau download film masih tetap berada. Bahkan, situs ini juga memunculkan seperti rebahin wtf atau .net, namun pelan-pelan link-link tersebut dimatikan oleh pihak Menkominfo.

Cara Menggunakan Rebahin untuk Mengakses Film Gratis

Untuk cara menggunakannya, sebenarnya sama saja dengan mengunduh sebuah file dari situs. Pengunjung tinggal mencari film, mendapatkan direct download, dan langsung unduh. Begini metode yang dilakukan untuk nonton film Rebahin:

1. Melalui Situs

Untuk yang menggunakan situs, maka pengunjung harus mencari alamat IP situs terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan alamat IP film akan selalu berganti-ganti. Adapun link untuk mengakses situs terakhir kali yaitu 198.54.i24.204 Rebahin.

Setelah sampai di halaman utama, pengunjung tentunya akan melihat film-film yang direkomendasikan, atau yang sering diunduh. Untuk menemukan film yang diinginkan, tinggal ketikkan judul lengkap beserta tahun rilis pada kolom pencarian.

Setelah itu, situs akan menunjukkan film sesuai hasil pencarian. Pilih film tersebut, lalu klik opsi untuk menonton streaming atau download. Apabila streaming, akan muncul video yang diputar di tab baru, lalu klik Play untuk menontonnya.

Namun jika memilih opsi download, nanti pengunjung akan diarahkan ke pilihan download dari file cloud. Tinggal pilih resolusi dan penyimpanan yang dipilih, lalu unduh film tersebut ke tempat penyimpanan. Terkadang, akan muncul pop-up sesekali.

2. Melalui Aplikasi

Bagi yang tidak menggunakan situs, platform ini juga menyediakan versi aplikasi. Versi aplikasi memang lebih bersahabat untuk pengguna smartphone, terutama yang performanya rendah. Adapun syarat menggunakan aplikasi yaitu:

  • Operasi sistem: Android 5.0 ke atas. Untuk versi 5.0 ke bawah dapat mengunduh versi downgrade pada pihak ketiga.
  • Minimal penyimpanan: 56 MB (Tidak termasuk ukuran download film).
  • Tidak ada persyaratan chipset dan RAM, namun semakin besar, aplikasi akan berjalan semakin lancar.

Lalu, untuk menggunakan versi aplikasinya juga sebelas dua belas seperti browser. Caranya adalah dengan membuka aplikasi, ketikkan film pada pencarian, lalu klik Play pada film. Pastikan penulisan filmnya sudah lengkap dengan tahun rilis.

Mengapa Situs Rebahin Kerap Bertukar Alamat?

Jika melihat forum atau grup di internet, mungkin sering melihat pertanyaan “Rebahin pindah kemana”, bahkan mencari link baru. Hal tersebut dikarenakan situs-situs film gratis seperti ini menggunakan domain atau alamat IP random/acak.

Saat mencari di Google dengan keyword seperti “Download (nama film)”, biasanya Google memperlihatkan berbagai situs dengan alamat IP. Penggunaan alamat IP tersebut didasari atas upaya untuk menghindari pemblokiran.

Sebagai upaya dari Internet Positif, Menkominfo memberikan blacklist untuk situs yang dianggap tidak layak, atau mendistribusikan film gratis. Selain itu, biasanya situs download atau streaming film juga memakai iklan slot yang otomatis kena banned.

Namun, kelalaian pada sistem Menkominfo ini dapat menjadi celah bagi situs download film. Pasalnya, pemblokiran hanya terjadi apabila ada yang mengadukannya. Pergantian domain ini juga dilakukan untuk membuat pengadu sulit mencari situs.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menggunakan Situs dan Aplikasi Ini

Memang bisa dibilang bahwa situs atau aplikasi ini ibaratnya seperti berkelana di alam liar. Penonton maupun pengunjung situs, sebaiknya perlu mengetahui hal-hal tertentu apabila ingin streaming film, misalnya:

1. Hati-Hati Saat Menjelajahi Situs

Pada situs maupun aplikasi, sepertinya kehadiran iklan tidak bisa dipungkiri. Untuk menjalankan situs, pemiliknya tentu memerlukan duit sebagai biaya maintenance. Namun, terkadang sisipan iklan ini cukup mengganggu.

Selain itu, iklan atau pop-up juga dapat mengarahkan pemakai ke situs yang beresiko seperti phishing. Karenanya, pengunjung dihimbau untuk hati-hati saat mengklik opsi download maupun streaming.

2. Pastikan Sinyal Stabil

Yang namanya streaming film, pasti akan membutuhkan sinyal yang stabil agar video berjalan. Pasalnya, saat memutar film, server akan terus memuat file yang dibutuhkan. Kurangnya sinyal akan dapat membuat video berhenti di tengah-tengah.

Hal yang lebih buruknya lagi, terkadang video tidak dapat dilanjutkan meski sinyal membaik. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah memuat ulang video dan menonton kembali. Sayangnya, hal ini dapat membuang-buang kuota internet.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka pastikan dulu sinyal sudah stabil dengan kecepatan yang memadai. Atau, jika sinyal memang sangat tidak bersahabat, maka sebaiknya pilih opsi Download film. Memiliki film di penyimpanan akan lebih baik.

3. Cek Film yang Selesai Diunduh

Apabila pengguna situs streaming atau download ini selesai mengunduh, maka cek kembali film tersebut. Terkadang, video tidak dapat dibuka, atau adanya keterlambatan subtitle. Hal ini tentu membuat jengkel, karena harus mengunduh kembali.

Biasanya, file berada di penyimpanan Downloads folder, sehingga pengguna tidak perlu mencari file kembali. Pengunjung juga bisa menyesuaikan file unduhan yang tertera. Misalnya untuk file yang baru unduh 1.2 GB, maka pastikan ukurannya sama.

Apakah Situs dan Aplikasi Ini Tetap Dapat Diakses ke Depannya?

Seperti yang namanya kehidupan, tidak akan ada yang tahu apakah platform ini bisa terus dipakai. Situs pendahulunya seperti IDWS dan lainnya, juga perlahan-lahan memudar, meski sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Namun, hal tersebut bukan berarti situs ini akan mati total. Hal yang paling umum dilakukan pada situs-situs serupa yaitu berpindah alamat domain. Yang terpenting adalah untuk selalu mengetahui alamat terbaru dari situs, untuk dapat mengaksesnya.

Sebab itu, bisa dikatakan bahwa platform streaming/download ini bisa dipakai untuk ke depannya. Hal yang sama juga berlaku untuk situs-situs lain yang menyediakan layanan streaming/download gratis.

Demikian informasi lengkap mengenai website dan aplikasi untuk akses film gratis Rebahin. Dengan adanya situs atau aplikasi seperti ini, maka penikmat film dapat terus menonton film kesayangan dengan mudah.

Menonton film tentunya mengasyikkan, apalagi jika semua film tersebut diakses secara gratis. Lagipula, bioskop tidak akan menampilkan film dulu, atau film asal negara tertentu. Hanya saja, akan dibutuhkan sedikit usaha untuk mendapatkannya.