fbpx
Monday , February 6 2023

Cara Membuat Antena TV Segala Arah untuk Hemat Biaya

Tahukah Anda bahwa masyarakat bisa membuat antena tv secara mandiri? Dengan begitu bisa menghemat pengeluaran lebih baik dan juga sangat membantu ketika teramat membutuhkannya. Jika Anda ingin mengetahui tutorialnya, maka lihatlah pembahasan tentang cara membuat antena TV segala arah berikut.

Keunggulan Membuat Antena TV Sendiri

Banyak orang berpikiran jika bisa membuatnya sendiri mengapa harus membeli? Pengeluaran biayanya tentu jauh lebih murah, tenaga untuk membuatnya juga tidak terlalu besar. Ada pula keunggulan lainnya bila membuat antena atau barang lain secara mandiri. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang hal itu.

  • Ukuran Antena Bisa Menyesuaikan Kebutuhan

Kelebihan pertama yang perlu pengguna ketahui adalah dapat menyesuaikan ukuran antena. Jika membeli barang baru maka akan mendapatkan kondisi setelan pabrik. Terlebih lagi hampir tidak ada merk antena yang memberikan kustomisasi ukuran antena bagi pelanggannya.

antena tv digital segala arah
antena tv digital segala arah

Guna mengatasi masalah itu, tentu akan lebih baik jika membuatnya sendiri saja. Mulai dari ukuran box antena hingga panjang kabel, semua bisa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah. Jika ukurannya bisa teratur dengan baik, tentu pengguna dapat menghasilkan ukuran antena yang kecil minimalis.

  • Posisi Dapat Diatur Sesuai Keinginan

Beberapa merk antena memiliki aturan penempatannya sendiri. Sementara di sisi lain, pelanggannya tentu tidak memiliki rumah dengan posisi yang sama. Akibatnya timbul masalah berupa beberapa pelanggan tidak dapat menerapkan aturan tersebut dengan baik.

Tentu solusinya adalah membuat antena mandiri sehingga bisa meletakkannya dimana saja sesuai kondisi rumah. Penempatan antena juga dapet memberikan pengaruh pada kualitas tayangan TV, jika salah maka akan menghasilkan layar yang buruk. Dampaknya bisa pula berupa loading secara terus menerus.

  • Biaya Lebih Murah

Sebelumnya penulis telah menyampaikan bahwa keuntungan dari membuat antena sendiri adalah pengeluaran biayanya lebih murah. Bahkan bisa berkurang hingga 50%, perbedaan yang sangat jauh bukan? Perihal bahan baku, pengguna bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko elektronik.

Namun di sisi lain tenaga yang pengguna keluarkan untuk merakitnya memang perlu kesabaran. Terlebih lagi jika tidak memiliki keahlian tertentu di bidang elektronika. Namun permasalah ini sebanding dengan hasilnya, dari pada beli tentu lebih baik buat sendiri walaupun lelah ya.

Peralatan Untuk Membuat Antena Sendiri

Layaknya pembuatan barang lain, ada berbagai alat dan bahan yang harus pengguna siapkan. Misalnya seperti seng biasa, baut, paku, gunting seng, palu, dan obeng. Semua bahan ini pastinya bisa pengguna temukan dengan mudah di rumah.

peralatan antena tv
peralatan antena tv

Jika pun tidak memilikinya maka bisa membeli di toko terdekat. Namun untuk menghemat pengeluaran semakin tipis lagi, lebih baik meminjam kepada teman yang memilikinya. Kemudian baru membeli beberapa alat atau bahan yang tidak bisa meminjam.

Pengguna perlu membeli alat atau bahan seperti seng, baut, dan paku. Terlebih lagi ketika barang itu membutuhkan kustomisasi sehingga memang tidak bisa minjam secara sembarang. Harga belinya juga terjangkau, apalagi jika membeli sedikit atau sesuai kebutuhan, maka pengeluaran tidak akan sampai Rp 100.0000.

Cara Membuat Antena TV Segala Arah

Jika sudah mengumpulkan alat dan bahan  sesuai kebutuhan, maka kini waktunya mengerti tentang cara membuat antena TV segala arah. Sebelumnya pengguna perlu memperhatikan bahwa antena ini dapat berfungsi di berbagai jenis tv, terutama TV Digital masa kini.

  • Potong seng menjadi jajar genjang dan kotak
antena digital tv
antena digital tv
  • Potong bagian jajar genjang dengan panjang atas 5 cm, bawah 22 cm, dan sisi diagonal 13.5 cm
  • Potong bagian seng berbentuk kotak dengan panjang sisi 35 cm
  • Rangkai seng menggunakan bahan lain seperti pada gambar
membuat antena tv
membuat antena tv
  • Selama proses perakitan, gunakan paku, obeng, palu, dan berbagai alat lain

Jika antena sudah terpasang seperti gambar maka itu tandanya sudah jadi. Kini pengguna atau pemilik antena hanya perlu memasanga atau meletakkannya pada posisi yang aman. Misalnya seperti di bawah genteng rumah atau yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Hal-hal Yang Harus DIperhatikan Pada Saat Pembuatan Antena

Melihat cara pembuatannya yang mudah bukan berarti bisa asal. Pengguna tetap harus memperhatikan beberapa hal tertentu agar antena bisa jadi secara sempurna. Misalnya seperti memilih bahan pembuatan yang kokoh dan berkualitas tinggi. Simak berbagai penjelasan tentang hal ini berikut.

antena digital
antena digital
  • Pastikan Koneksi Kabel Kokoh

Antena pasti akan terhubung dengan kabel dan pengguna harus memastikannya selalu dalam kondisi kokoh. Maka dari itu selama proses pembuatan harus teliti dan hati-hati. Jangan sampai ada bagian kabel yang kendor karena dapat mengakibatkan kecelakan konsleting atau pengaruh pada tampilan layar.

Selain kabel pada driver, bagian konektor juga membutuhkan perhatian. Dampaknya sama dengan kabel lain yang kendor yaitu menghasilkan kualitas tontonan yang buruk. Mengencangkan kabel tidaklah sulit sehingga pembuatnya tidak perlu ragu mengencangkannya hingga tampak sangat kokoh.

  • Tidak Membutuhkan Booster

Pembuatan antena pribadi membuat pemiliknya tidak membutuhkan booster. Pasalnya posisi antena yang tepat akan menghasilkan tayangan yang jernih. Maka dari hal itu bisa mendapatkan kesimpulan bahwa kuncinya tidak pada booster melainkan lokasi pemasangan antena di bagian rumah.

boster antena
boster antena

Tidak adanya kebutuhan terhadap booster tentu semakin menekan biaya pembuatan antena. Tentu hal ini adalah kabar baik, terlebih lagi untuk keluarga yang sedang butuh dana di sektor pengeluaran rumah tangga lainnya.

Demikian tentang cara membuat antena TV segala arah dan beberapa hal yang harus pengguna perhatikan. Semoga informasi ini dapat membantu banyak orang yang ingin memiliki antena tanpa mengeluarkan biaya tinggi.