fbpx
Wednesday , June 7 2023

Review & Harga Samsung Galaxy A20 2021: Masih Layakkah Dibeli?

Majalahgadget.net – Samsung Galaxy A20 merupakan smartphone andalan Samsung di 2019, meskipun sudah tidak lagi masuk produksi tetapi seri ini masih banyak yang nyari di pasaran karena fiturnya yang cukup lumayan dan harga yang terhitung murah untuk smartphone merk Samsung.  Apakah Samsung Galaxy A20 masih cukup mumpuni untuk digunakan tahun 2021? Mari simak review dan cek harga di marketplace.

Harga Samsung Galaxy A20 tahun 2021

Smartphone yang di rilis pada maret tahun 2019 ini masih banyak peminatnya hingga sekarang. Fitur-fitur canggih yang disematkan samsung pada smartphone ini masih menarik untuk dimiliki. Pada awal peluncurannya harga Samsung Galaxy A20 berkisar Rp 2,2 Jutaan saja. Akan tetapi sekarang anda bisa mendapatkannya hanya kurang dari 2 juta rupiah saja. Untuk harga bekas berkisar Rp 1,4 jutaan dan harga baru fullset mulai Rp 1,6 jutaan hingga 1,9 jutaan data ini kami dapat dari beberapa marketplace seperti shopee, lazada, tokopedia, bukalapak dan blibli. Simak review samsung galaxy A20 berikut. Untuk Spesifikasi Samsung Galaxy A20 dapat dilihat di tabel bawah.

Spesifikasi Samsung Galaxy A20

[aps_product_specs id=”615″]

Display

Layar bezel tipis Samsung Galaxy A20
Layar AMOLED Samsung Galaxy A20

Sejak pertama kali diluncurkan Samsung Galaxy A20 ini menggunakan panel Super AMOLED dengan layar 6,4 inci dan resolusi 720p plus proteksi Corning Gorilla Glass 3. Dengan panel seperti ini kelihatan cakep banget hingga susah cari saingan HP dengan panel sebagus ini di harga yang sama. Selain itu saturasi warna tinggi dan sudut pandang luas. Meskipun ketajaman layar nya kurang karena masih beresolusi SD+ dan dengan kerapatan PPI yang rendah hanya 268 PPI. Mungkin itu sudah cukup mengingat harganya tergolong murah untuk HP berpanel Super AMOLED

Kapasitas Baterai.

Berikutnya HP ini punya kapasitas baterai yang lumayan besar yaitu 4000 mah dan ngecasnya pun enggak butuh waktu lama dengan charger bawaan hanya butuh waktu 1 jam 45 menit untuk mengisi baterai sampai penuh dari nol. USB Type C-nya juga benar-benar menjadi nilai tambah karena ngecas jadi lebih nyaman dan pastinya lebih kencang buat transfer data dibandingin pakai micro USB biasa. 

Baterai dengan kapasitas besar dan resolusi layar hanya 720P, ketahanan baterai tidak perlu diragukan lagi, rata-rata bisa mencapai 7 jam dengan pemakaian sosmed streaming YouTube dan sesekali ngegame. Output speakernya mono yang berasal dari lubang speaker di bagian bawah sedangkan output audio yang dihasilkan sewaktu di colokin ke handphone menurut kami bagus dengan settingan flat tanpa harus menambahkan efek ataupun equalizer. Jika ngerasa kurang nendang bisa ngaktifin fitur Dolby atmos nya dengan satu sentuhan dari shortcut yang ada di notification bar.

Performa

SOC yang ditanamkan di Samsung Galaxy A20 ini yaitu exynos 7885 (14nm) dan GPU Mali-G71  sudah lebih dari cukup untuk menghandle multi tasking dengan baik dan RAM 3GB masih sanggup ngimbangin aktivitas buka tutup aplikasi tanpa harus sering reload. Berdasarkan pengujian Exynos 7885 tidak mengalami overheat meskipun dipakai untuk ngegame berjam-jam. 

Beralih ke kartu grafis yang dipakai yaitu GPU Mali-G71 yang dikenal tangguh untuk produk low end. Anda masih bisa dengan lancar memainkan Call of Duty, World War Heroes II dengan tampilan low hingga sedang memberikan kenyamanan dalam bermain game. 

Berdasarkan benchmark Antutu hasilnya bervariasi berdasarkan pantauan kami dari berbagai sumber. Ada yang berkisar 95000an hingga yang tertinggi 98000 skornya, ini menandakan performa cukup lumayan dibandingkan pesaing lain di harga yang sama.

antutu-samsung-galaxy-a20
antutu-samsung-galaxy-a20

Kapasitas Memory

Smartphone ini dibekali dengan RAM 3GB dan 32GB penyimpanan, dengan memori penyimpanan yang segitu menurut kami sudah cukup lega untuk menyimpan beberapa game dan ribuan foto. Meskipun dengan memori penyimpanan 32GB untuk jaman sekarang termasuk kecil. Tetapi ada kabar baiknya yaitu Samsung Galaxy A20 ini mendukung memori external hingga 512GB. Dengan begitu kapasitas penyimpanan anda dapat bertambah dan bisa membuat semua file-file anda. 

Salah satu fitur yang menarik lainnya adalah aplikasi tertentu yang sudah diinstal masih bisa dipindahkan ke micro SD, fitur ini sudah jarang temui pada HP lain, fitur yang sangat bermanfaat buat memaksimalkan internal storage yang kecil dengan syarat harus pakai micro SD yang bagus ya.

Kamera

Kamera utama memiliki resolusi 13MP dengan tipe wide, sehingga anda dapat mengambil gambar dengan latar belakang yang lebih lebar. Kemudian untuk kamera menurut kami nilai biasa-biasa aja, Meskipun bukaan kamera memiliki Aperture yang lumayan besar, yaitu F 1.9/f tetapi tidak terlalu banyak membantu saat melakukan foto-foto di malam hari.  Akan tetapi untuk foto siang hari hasilnya cukup bagus kok untuk ketajaman dan akurasi warnanya. Selain itu Samsung A20 ini juga di modali kamera ultra wide 5MP pada kamera keduannya. Akan tetapi untuk ultra wide di kamera depan tidak terlalu signifikan.

Hasil foto kamera samsung galaxy a20
Hasil Foto Kamera Utama

Adapun kamera depan menggunakan resolusi 8MP serta kamera depannya dilengkapi dengan fitur beautification yang dapat mempercantik foto selfie Anda. Dengan mode ini anda dapat dengan pede upload foto anda ke sosial media.

Perihal perekaman HP ini mampu merekam dengan resolusi hingga 1080p dengan 30fps. Sudah cukup lumayan untuk HP dibawah 2 juta dengan merk ternama seperti samsung ini.

Keunggulan

Samsung Galaxy A20 ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti pada layar yang sudah menggunakan panel AMOLED dan ditopang dengan ukuran baterai yang besar, sebesar 4000mah membuat HP ini masih banyak peminat dikarenakan juga harganya yang terjangkau, yaitu dibawah 2 juta.

Fingerprint sensor di bagian belakang pada samsung galaxy A20 ini cukup responsive. HP ini juga mendukung dual-SIM ukuran nano ditambah slot MicroSD dedicated hingga 512GB. Selain itu smartphone ini juga dilengkapi fitur face unlock yang cukup responsive. Fitur lain yang disematkan adalah accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Kekurangan

Samsung A20 tidak membawa fitur LED notifikasi, beberapa fitur lain yang tidak disertakan pada samsung galaxy A20 ini seperti sensor cahaya yang tidak ada, sehingga sangat berpengaruh pada fitur auto brightness-nya yang kadang bagus, kadang juga enggak, karena fitur adaptive brightness pada samsung A20 ini memanfaatkan kamera depan sebagai ganti sensor cahaya.

Kesimpulan

Jika kekurangan-kekurangan yang kami sebutkan tidak terlalu mengganggu anda, berarti Samsung Galaxy A20 menjadi pilihan anda, karena display Amoled di layar 6,4 Inch  membuat betah jika berlama-lama menggunakan HP ini. Jika hanya untuk pemakaian biasa ini sudah lebih dari cukup apalagi budget yang cuma dibawah 2 jutaan. HP ini sangat cocok untuk anda yang memiliki budget pas-pasan atau untuk orang tua yang tidak membutuhkan fitur yang lebih canggih, apalagi HPnya cuma buat Whatsapp-an, nonton youtube atau facebookan smartphone ini menjadi rekomendasi yang pas.