fbpx
Wednesday , February 1 2023

Review Samsung Galaxy A12, Memori Lega 128 GB Harga 2-Jutaan, Recommended!

Majalahgadget.net – Samsung Galaxy A12 release di Indonesia akhir tahun 2020, ponsel besutan brand Samsung ini cukup mengejutkan karena menyediakan spesifikasi yang gahar dengan harga yang cukup bersahabat. Dengan harga hanya sekitar 2,3-2,7 juta (saat artikel ini dibuat), ponsel ini sudah dilengkapi memori internal 128 GB, baterai 5000 mAh, fast-charging, kamera quad-camera, dan pilihan RAM 4 atau 6 GB. Selain itu, Galaxy A12 juga dilengkapi dengan fitur Secure Folder untuk memberikan privasi lebih, serta teknologi Samsung Knox dengan sistem keamanan berlapis untuk melindungi keamanan data di ponsel Anda.

Dengan segudang fitur di atas, apakah ponsel ini layak untuk dilirik? Berikut review Samsung Galaxy A12.

Review Samsung Galaxy A12

Desain

Material bagian belakang Samsung Galaxy A12 menggunakan plastik dengan pola garis yang membuat ponsel ini tidak licin saat dipegang. Dengan bobot 205 gram, ponsel ini tergolong berat walaupun tetap nyaman digenggam. Dimensi ponsel ini 164 x 75.8 x 8.9 mm.

Slot dual nano SIM card dan microSD terletak di sisi kiri ponsel. Pada sisi kanan, terdapat tombol volume dan power (sekaligus sensor sidik jari). Untuk bagian bawah, terdapat port jack audio 3.5 mm, speaker, dan port USB type-c.

Display

Review Samsung Galaxy A12
Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy A12 memiliki layar berukuran 6,5 inch dengan resolusi HD+. Layar ponsel ini berdesain Infinity-V atau notch kamera depan berbentuk tetesan air. Dengan layar jenis IPS, ponsel ini nyaman dipandang walaupun digunakan untuk bermain game atau streaming film dalam waktu yang cukup lama. Kekurangan pada layarnya adalah tampilan kurang begitu tajam saat di bawah terik matahari.

Performa

Dapur pacu Samsung Galaxy A12 mengandalkan System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio P35 dengan paduan pilihan RAM 4 GB atau 6 GB. Dengan RAM yang besar, ponsel ini dapat menjalankan multitasking secara lancar. Untuk bermain game, Samsung Galaxy A12 lancar digunakan untuk bermain game dengan tingkat grafis ringan-sedang.

AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy A12
AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy A12

Baterai

Samsung Galaxy A12 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang dapat bertahan hingga dua hari pada pemakaian normal. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan fitur fast-charging 15W sehingga hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi penuh baterai.

Kamera

Samsung Galaxy A12 memiliki empat kamera belakang dengan desain kotak atau istilah kerennya square-typed quad camera. Komposisinya dari kiri bawah kamera utama 48MP, kamera ultra-wide 5MP, kamera macro 2MP (untuk mengambil konten objek kecil dan detail), dan kanan bawah depth-camera 2MP.

Review Samsung Galaxy A12
Kamera Belakang Samsung Galaxy A12

Untuk kamera depan menggunakan kamera 8 MP yang dilengkapi dengan teknologi Selfie Focus dan Smart Beauty untuk meningkatkan kualitas rekaman saat foto selfie ataupun video call.

Hasil kamera depan atau belakang cukup memuaskan pada kondisi cahaya yang terang dan terbilang baik pada kondisi minim cahaya. Saat menggunakan mode foto makanan, Samsung Galaxy A12 berhasil memperlihatkan hasilnya dengan potret foto makanan yang tampak menggiurkan.

Selain itu tangkapan kamera Samsung Galaxy A12 cukup baik untuk membuat konten video.

Spesifikasi Samsung Galaxy A12:

[aps_product_specs id=”704″]

Kesimpulan

Samsung Galaxy A12 memuaskan dari segi hemat baterai, kamera, dan penyimpanan internal yang super lega. Terlebih lagi spesifikasi tersebut bisa didapatkan dengan harga Rp 2 jutaan. Sebuah paket hemat yang hampir sempurna. Akankah lebih baik jika prosesor yang digunakan lebih mantap lagi agar dapat lancar untuk bermain game dengan grafis yang berat. Tapi ya mau bagaimana lagi mungkin penggunaan prosesor entry-level adalah jalan untuk menekan budget agar ponsel ini dapat dijual dengan harga yang relatif murah. Sekian review dari penulis, semoga bermanfaat. 🙂