Windows 11 Mulai Diluncurkan, Tapi Tahukah Anda Mengapa Tidak ada Windows 9?

Windows 9
Windows 9

Majalahgadget.net – Microsoft telah mengumumkan kemunculan sistem operasi terbaru buatannya, yaitu Windows 11. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa di versi sebelumnya tidak ada Windows versi 9? Setelah Windows 8.1 langsung berganti ke Windows 10.

Seorang mantan developer Microsoft yang dikutip oleh Gizmodo menjelaskan bahwa pemilihan nama tersebut disebabkan oleh sebuah “kesalahan” sederhana. Di forum online Reddit, sang developer menjelaskan bahwa sebuah aplikasi mendeteksi versi Windows yang dipakai pengguna dengan cara melihat angka pertama dari nama sistem operasi yang bersangkutan. Potongan kode yang dimaksud untuk mengidentifikasi versi Windows adalah:

if(version.StartsWith(“Windows 9”))
{ /*95 and 98 */ }
else {

Dari kode di atas, dapat disimpulkan apabila nama versi yang tertulis adalah “Windows 9”, maka aplikasi akan membaca versi Windows yang dijalankan oleh pengguna adalah “Windows 95” atau “Windows 98”. Hal tersebut berpotensi menimbulkan kendala kompatibilitas. Sehingga melompati nama Windows 9 menjadi solusi praktis dari kendala tersebut. Entah apa yang menjadi akar persoalan penamaan tersebut, bisa jadi pengembang Windows 95/98 dulu tak berpikir panjang bahwa bakal ada versi Windows lain yang memakai awalan angka “9”.

Microsoft sendiri menyatakan sengaja melangkahi penamaan Windows 9 karena adanya perubahan yang sangat signifikan dari Windows 8.1 ke versi berikutnya (Windows 10). “Kami ingin pengguna Windows 7 merasakan bahwa selama ini mereka mengemudikan Prius generasi pertama, dan Windows 10 itu bagaikan Tesla,” ujar Joe Belfiore, Corporate Vice President, Operating Systems Group, Microsoft.

Majalah Gadget Saya ingin mendapatkan informasi dan berita terbaru
Dismiss
Allow Notifications