Sunday , March 3 2024

Berikut Yang Bukan Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritim Di Indonesia Adalah

Soal : Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah…
A. mengenalkan batas batas laut Indonesia kepada nelayan
B.meningkatkan kualitas sdm oleh pemerintah
C. memberikan kebebasan kepada Kapal asing
D.memberi bantuan untuk nelayan miskin

Jawaban :

Hal yang bukan termasuk upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah memberikan kebebasan kepada kapal asing.

Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan dan dikenal dengan sebutan Negara maritim, hal ini dikarenakan kondisi negaran Indonesia yang memiliki lautan yang sangat luas dan membentang dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu perlu sebuah upaya untuk meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia. Menurut pernyataan soal tersebut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim adalah memberikan kebebasan kepada kapal asing(C).

Pembahasan :

Ekonomi maritim merupakan suatu bentuk kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan, industri galangan kapal dan perawatannya, serta industri dan jasa yang terkait. Lalu tujuan dari adanya pengembangan ekonomi maritim adalah sebagai perwujudan dari suatu usaha memeratakan pembangunan nasional, untuk terwujudnya cita-cita Negara ini. Adapun Kondisi ekonomi maritim di Indonesia saat ini menjadi semakin berkembang, hal ini terbukti bahwa Negara Indonesia saat ini telah mempunyai beberapa pelabuhan yang cukup baik, akan tetapi untuk pelayanannya masih harus untuk terus ditingkatkan terutama dalam masalah infrastuktur dan fasilitas yang mana terkait dengan kegiatan di pelabuhan dan galangan kapal.

Berikut ini ada beberapa upaya untuk meningkatkan ekonom mariim yang ada di negara Indonesia :

  1. Perlu adanya perubahan terkait pembangunan nasional dari basis daratan menjadi pembangunan yang berbasis kelautan. Pembangunan ini memiliki peranan yang besar terhadap titik focus yang dituju yang mana titik tersebut adalah lautan.
  2. Percepatan pembangunan pada infrastruktur maritim dan ketersambungan maritim.infastuktur memiliki peranan yang sangat penting terhadap aktivitas maritim, misalnya dengan adanya pelabuhan membuat akan banyaknya kapal yang berlabuh pada tempat tersebut.
  3. Sangat diperlukan penegakan aturan maritim yang jelas dan tegas pada semua pihak baik itu dalam negeri maupun luar negeri.
  4. Meningkatkan SDM nelayan oleh pemerintah, sumber daya manusia menjadi dasar yang sangat penting untuk mencapai kesejaheraan dalam mengelola kekayaan maritim.

Tentang Berikut Yang Bukan Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritim Di Indonesia Adalah

Ekonomi maritim di Indonesia merupakan potensi besar yang perlu terus dikembangkan. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia, namun ada beberapa hal yang belum bisa dilakukan sebagai upaya meningkatkan ekonomi maritim. Berikut adalah artikel mengenai hal-hal yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia.

  1. Meningkatkan Produksi Hasil Pertanian Meningkatkan produksi hasil pertanian bukan termasuk dalam upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia. Walaupun Indonesia adalah negara kepulauan, namun hal tersebut tidak berarti bahwa Indonesia hanya mengandalkan sektor maritim saja. Selain sektor maritim, sektor pertanian juga memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia.
  2. Memperbanyak Pembangunan Jalan Raya Meskipun jalan raya dapat memudahkan mobilitas barang dan orang, namun hal ini tidak termasuk dalam upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia. Sebaliknya, upaya meningkatkan ekonomi maritim seharusnya fokus pada peningkatan kapasitas pelabuhan, peningkatan kualitas angkutan laut, serta pengembangan kawasan industri dan pariwisata di wilayah pesisir.
  3. Mengurangi Produksi Sampah Plastik Meskipun mengurangi produksi sampah plastik merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, namun hal tersebut tidak termasuk dalam upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia. Sebaliknya, upaya meningkatkan ekonomi maritim seharusnya fokus pada peningkatan pengelolaan sampah di sektor kelautan dan perikanan, pengembangan produk turunan dari hasil laut, serta pemanfaatan limbah laut untuk energi terbarukan.

Dalam rangka meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia, perlu adanya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, industri maritim, akademisi, dan masyarakat. Dengan adanya sinergi dan kolaborasi tersebut, diharapkan dapat tercipta ekosistem maritim yang berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi bangsa Indonesia.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia. Beberapa upaya tersebut antara lain meningkatkan produktivitas nelayan, meningkatkan nilai tambah hasil perikanan, memperkuat infrastruktur dan logistik maritim, serta meningkatkan pengelolaan sumber daya laut yang berkelanjutan.

Sementara itu, beberapa hal yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah menjual hak pengelolaan laut ke negara asing, mengeksploitasi sumber daya laut secara berlebihan tanpa memperhatikan keberlangsungan lingkungan, dan mengabaikan pentingnya pengelolaan dan pengawasan sumber daya laut oleh negara.

Dalam mengembangkan ekonomi maritim, perlu adanya perencanaan yang matang, serta kerjasama antara berbagai pihak seperti pemerintah, industri, dan masyarakat pesisir. Dengan mengoptimalkan potensi laut yang dimiliki, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan memperkuat ekonomi Indonesia secara keseluruhan.