Sunday , March 3 2024

Yuk simak!! Waktu Dzuhur Jam Berapa Berikut Penjelasannya

Soal : Batas jam sholat dzuhur dari jam brpa sampe jam brpah ??

Jawaban : 

Waktu awal sholat dzuhur :

  • Diantara dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari, disitulah waktu shalat dzuhur berada, tepat di tengah – tengah waktu tersebut.
  • Misalnya terbitnya matahari pada pukul 06.00 pagi dan terbenamnya pada pukul 18.00 petang, maka tengah – tengah waktu tersebut adalah pukul 12.00 siang. Berarti pada pukul 12.00 siang telah memasuki waktu dzuhur.

Waktu akhir sholat dzuhur :

  • Ketika bayangan sesuatu telah sama panjang dengannya dan waktu telah memasuki shalat ashar.

Tentang Dzuhur Jam Berapa

Dzuhur adalah salah satu waktu sholat lima waktu yang diwajibkan bagi umat muslim. Sholat Dzuhur dilakukan pada saat matahari berada di posisi tepat di atas kepala, yaitu pada pukul 12.00 siang atau sekitar waktu tengah hari.

Namun, waktu Dzuhur bukan selalu pada pukul 12.00 siang karena bergantung pada posisi matahari di setiap tempat. Untuk mengetahui waktu Dzuhur yang tepat di suatu tempat, bisa dilihat dengan menggunakan alat bantu seperti jam sholat, aplikasi mobile, atau bisa juga dengan cara menghitung secara manual.

Untuk menghitung waktu Dzuhur secara manual, dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sederhana, yaitu:

  • Hitung waktu Dzuhur = waktu Ashar – waktu Syuruq
  • Waktu Syuruq adalah waktu terbit matahari di suatu tempat, yang bisa dilihat di tabel waktu sholat atau aplikasi mobile.
  • Waktu Ashar adalah waktu sholat Ashar yang ditentukan, biasanya sekitar 1,5 – 2 jam setelah waktu Dzuhur.

Dengan menggunakan rumus tersebut, kita bisa mengetahui waktu Dzuhur yang tepat di suatu tempat. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan perbedaan waktu akibat adanya perbedaan zona waktu di setiap tempat.

Kesimpulan

Kesimpulannya, waktu Dzuhur dilakukan pada saat matahari berada di posisi tepat di atas kepala, yaitu pada pukul 12.00 siang atau sekitar waktu tengah hari. Namun, waktu Dzuhur yang tepat di suatu tempat bisa berbeda-beda tergantung pada posisi matahari di setiap tempat. Untuk mengetahui waktu Dzuhur yang tepat, kita bisa menggunakan jam sholat, aplikasi mobile, atau bisa juga menghitung secara manual dengan menggunakan rumus sederhana.