Thursday , May 30 2024

Berikut Penjelasan Tentang Gagasan Pendukung Adalah

Soal : Apa yang dimaksud dengan gagasan pendukung?

Jawaban : 

Gagasan pendukung adalah gagasan atau ide yang menjelaskan gagasan utama atau ide pokok. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar suatu paragraf. Gagasan pendukung dalam satu paragraf dapat lebih dari satu gagasan. Sedangkan gagasan utama hanya satu dalam satu paragraf.

Pembahasan :

Contoh gagasan pendukung:

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Ide pokok: Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan

Gagasan pendukung:

  1. Ada dua macam alat gerak manusia dan hewan (kalimat pengembang kedua)
  2. Fungsi alat gerak (kalimat pengembang kedua)
  3. Pengertian sistem gerak (kalimat pengembang ketiga)

Pada contoh di atas, kalimat pertama adalah kalimat utama yang mengandung ide pokok. Kalimat ketiga hingga keempat disebut dengan kalimat pengemmbang yang mengandung gagasan pendukung.

Tentang Gagasan Pendukung Adalah

Gagasan pendukung atau supporting idea merupakan konsep atau ide yang mendukung atau menjelaskan ide utama dalam sebuah teks. Gagasan pendukung ini sangat penting dalam sebuah teks, karena tanpa adanya gagasan pendukung, teks akan terkesan tidak jelas dan sulit dipahami. Gagasan pendukung biasanya digunakan dalam teks narasi, eksposisi, dan argumentasi.

Dalam teks narasi, gagasan pendukung digunakan untuk menjelaskan atau mengembangkan cerita yang sedang disampaikan. Gagasan pendukung dalam teks eksposisi digunakan untuk menjelaskan suatu topik atau masalah secara mendalam, sedangkan dalam teks argumentasi, gagasan pendukung digunakan untuk mendukung argumen yang disampaikan.

Gagasan pendukung biasanya ditandai dengan kalimat topik atau kalimat pembuka paragraf yang menjelaskan ide yang akan dikembangkan dalam paragraf tersebut. Gagasan pendukung juga harus berkaitan dengan ide utama dan harus disajikan dengan urutan yang logis.

Sebagai contoh, dalam sebuah teks eksposisi tentang kesehatan, ide utama bisa menjadi pentingnya menjaga kesehatan. Gagasan pendukung dalam teks tersebut bisa berupa menjaga pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, gagasan pendukung sangat penting dalam sebuah teks karena membantu membentuk struktur dan memperjelas isi dari teks. Oleh karena itu, penulis harus mampu menyusun gagasan pendukung yang jelas dan terorganisir dengan baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.