Wednesday , June 19 2024

Ketahuilah Luas Pulau Papua Dan Maluku Berikut Penjelasannya

Soal : Kondisi geografi pulau papua dan Maluku..
Sebutkan luas batas laut dan daratan nya.?

Jawaban : 

Kondisi geografis Pulau Papua dan Maluku adalah

1. Luas : 860.258 KM² (Kepulauan Maluku 74.505 KM², Pulau Papua 785.753 KM²)

2. Batas:

a. Laut : Samudra Pasifik (utara), Samudra Hindia (selatan), Laut Arafuru (selatan Papua), Teluk Carpentaria (selatan), Laut Banda (selatan Maluku), Laut Maluku dan Laut Halmahera (utara Maluku)

b. Daratan: Papua Nugini (timur), Australia (selatan)

3. Keadaan alam

a. Nama-nama pantai dan laut

Laut: Laut Banda, Laut Halmahera, Laut Seram, Laut Maluku

Pantai di Maluku:

  1. Pantai Liang/Hunimua
  2. Pantai Ora
  3. Pantai Jikumerasa
  4. Pantai Pasir Panjang/Ngurbloat
  5. Pantai Pintu Kota

Pantai di Papua:

  1. Pantai Bosnik
  2. Pantai Bakaro
  3. Kepulauan Raja Ampat
  4. Pantai Lampu Satu
  5. Pantai Teluk Triton

b. Nama-nama dataran rendah

Dataran rendah di Papua: Semenanjung Bomberai, Doberai, Pesisir Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir Teluk Papua

Dataran rendah di Maluku: Pulai Kei Kecil, Pulau Morotai, Pulau Seram

c. Nama-nama gunung

Gunung di Papua:

  1. Gunung Waspada (1.070 m)
  2. Puncak Jaya (5.030 m)
  3. Puncak Trikora (4.750 m)
  4. Puncak Yamin (4.350 m)
  5. Puncak Mandala (4.700 m)
  6. Gunung Dom (1332 m)

Gunung di Maluku:

  1. Gunung Binaiya (3.019 m)
  2. Gunung Kaupalatmada (2.429 m)
  3. Gunung Sahuai (1.006 m)
  4. Gunung Ternate (1.715 m)
  5. Gunung Gamkonora (1.515 m)
  6. Gunung Ibu (1.325 m)

Tentang Luas Pulau Papua Dan Maluku

Pulau Papua dan Maluku merupakan dua wilayah yang terletak di bagian timur Indonesia. Kedua wilayah ini terdiri dari banyak pulau dan memiliki luas yang sangat besar. Berikut adalah informasi tentang luas kedua wilayah tersebut.

Pulau Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Pulau ini terletak di bagian timur Indonesia dan menjadi bagian dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Pulau Papua memiliki luas sekitar 421.981 km persegi. Pulau ini memiliki wilayah pegunungan yang luas dengan beberapa gunung aktif, seperti Gunung Jayawijaya, Gunung Cycloop, dan Gunung Arfak.

Selain pegunungan, Pulau Papua juga memiliki hutan hujan tropis yang luas. Hutan-hutan ini menjadi habitat bagi banyak spesies langka seperti burung Cendrawasih, kasuari, dan trenggiling. Selain itu, di sepanjang pantai Pulau Papua terdapat banyak kawasan perairan yang kaya akan keanekaragaman hayati laut.

Sedangkan, Maluku adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari kepulauan yang luas di bagian timur Indonesia. Provinsi ini terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Maluku dan Pulau Papua. Luas wilayah provinsi Maluku adalah sekitar 74.505 km persegi.

Wilayah Maluku juga memiliki banyak pulau kecil yang tersebar di sekitarnya, termasuk di antaranya Pulau Ambon, Pulau Banda, dan Pulau Seram. Provinsi ini terkenal dengan kekayaan alam dan keindahan pantai serta terumbu karang yang sangat indah.

Dengan luas yang sangat besar, kedua wilayah ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, seperti gas alam, minyak bumi, dan tambang emas. Karena itu, pemerintah Indonesia harus melakukan pengelolaan sumber daya alam dengan baik agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Indonesia serta menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Kesimpulan

Dari artikel yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa Pulau Papua memiliki luas sekitar 421.981 km², sementara Provinsi Maluku memiliki luas sekitar 46.914 km². Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland dan terletak di bagian timur Indonesia, sedangkan Provinsi Maluku terletak di sebelah timur Pulau Sulawesi.

Meskipun Pulau Papua dan Provinsi Maluku memiliki luas yang berbeda, keduanya memiliki kekayaan alam yang melimpah dan potensi pariwisata yang menarik. Dalam menjaga keberlangsungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di dua wilayah tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan pengembangan sektor pariwisata yang terencana dengan baik.