Friday , July 19 2024

Negara Apa Yang Terletak Paling Timur Berikut Penjelasannya

Soal : Negara apa yang terletak paling timur di aseann

Jawaban : 

Wilayah Asia merupakan bagian yang luas di dunia dengan terbagi menjadi beberapa wilayah negara salah satunya adalah ASEAN (Asia Bagian Tenggara). Negara di ASEAN yang terletak paling timur wilayah tersebut adalah Indonesia dan Timor Leste.

Pembahasan :

ASEAN adalah perkumpulan negara yang terletak di Asia bagian tenggara terdiri dari beberapa negara, antara lain: Thailand, Indonesia, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Singapura, Filipina, Myanmar dan terakhir adalah Timor Leste. Dari beberapa negara tersebut Timor Leste merupakan anggota ASEAN terbaru karena negara tersebut merupakan negara pecahan dari Indonesia.

Secara geografis wilayah di negara Asia bagian tenggara kebanyakan terdiri dari ras rumpun Melayu serta berada di iklim tropis dengan mengandalkan sektor pertanian yang kuat akan hasil alamnya khususnya Tahailand yang terkenal dengan sebutan negara lumbung padi. Secawa wilayah persebaran, bagian utara terdiri dari negara Myanmar, Laos, Filipina dan Vietnam. Sedangkan di bagian barat adalah Myanmar, Thailand dan Indonesia. Di bagian selatan adalah Indonesia dan Timor Leste, sedangkan di bagian paling timur adalah wilayah pulau Papua milik negara Indonesia dan juga ada negara Timor Leste.

Tentang Negara Apa Yang Terletak Paling Timur

Pertanyaan tentang negara apa yang terletak paling timur seringkali menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Hal ini karena letak geografis suatu negara memang memiliki peranan penting dalam menentukan banyak hal, seperti kondisi sosial, ekonomi, politik, dan budaya suatu negara. Sebelum membahas negara mana yang terletak paling timur, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sistem koordinat geografis bekerja.

Sistem koordinat geografis adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menentukan posisi suatu titik di permukaan bumi. Sistem ini didasarkan pada garis bujur dan garis lintang. Garis bujur adalah garis khayal yang membentang dari kutub utara ke kutub selatan, sedangkan garis lintang adalah garis khayal yang membentang mengelilingi bumi secara horizontal.

Dalam sistem koordinat geografis, garis bujur digunakan sebagai acuan untuk menentukan lokasi timur dan barat, sedangkan garis lintang digunakan sebagai acuan untuk menentukan lokasi utara dan selatan. Garis bujur yang digunakan sebagai patokan utama adalah garis bujur primer, yaitu garis bujur yang melalui Greenwich, Inggris.

Jadi, negara mana yang terletak paling timur? Berdasarkan sistem koordinat geografis, negara yang terletak paling timur adalah Kiribati. Kiribati terletak di sebelah timur garis bujur primer sekitar 150 derajat. Wilayah Kiribati terdiri dari 32 atol karang dan satu pulau terisolasi dengan total luas daratan sekitar 811 km².

Kiribati sendiri merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Meskipun terletak di sebelah timur, namun Kiribati merupakan negara dengan zona waktu GMT-12, yang artinya waktu di Kiribati terletak lebih awal 12 jam dari waktu Greenwich Mean Time.

Dalam sejarahnya, Kiribati pernah menjadi bagian dari koloni Inggris dan berdiri sebagai negara merdeka pada tahun 1979. Ekonomi Kiribati bergantung pada sektor pariwisata, kelapa sawit, dan perikanan. Selain itu, Kiribati juga memiliki sumber daya alam yang kaya seperti pasir besi, fosfat, dan batubara.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Kiribati merupakan negara yang terletak paling timur jika dilihat dari sistem koordinat geografis. Meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, Kiribati memiliki kekayaan alam yang melimpah dan sektor pariwisata yang menjanjikan.