Thursday , April 18 2024

Yuk Simak!! Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan Berikut Penjelasannya

Soal : Jelaskan pengertian surat lamaran pekerjaan​

Jawaban : 

Surat lamaran pekerjaan adalah…

  • Surat lamaran pekerjaan merupakan sebuah surat permohonan yang dibuat oleh seorang yang sedang mencari pekerjaan atau pelamar pekerjaan untuk dikirimkan kepada suatu bentuk badan usaha atau sebuah instansi untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan kriteria lowongan pekerjaan yang sedang ditawarkan.

Pembahasan :

  • BAHASA SURAT LAMARAN KERJA

Ketika kita menulis surat lamaran kerja, maka kita harus menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan juga tidak bertele-tele. Surat lamaran yang bentuknya terlalu panjang sampai bisa menghabiskan satu halaman folio lebih, malah akan membuat HRD sebagai penerima lamaran jenuh membacanya, bahkan bisa jadi tidak akan dibaca sama sekali. Satu halaman folio dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah ukuran yang normal. Namun apabila ada keterangan yang dianggap perlu diajukan, maka sebaiknya diletakkan sebagai lampiran. Hal yang terpenting dalam menulis surat lamaran yaitu kita menyampaikan keinginan untuk melamar pekerjaan dengan syarat-syarat yang sudah kita penuhi.

ISI SURAT LAMARAN KERJA

Berikut ini merupakan isi dari surat lamaran kerja yang baik:

  • Data Pribadi Pelamar.
  • Pendidikan atau Ijazah yang dimiliki.
  • Pengalaman kerja.
  • Kegemaran dan hobi.

INFORMASI LOWONGAN KERJA

Sebaiknya seorang pelamar juga menyebutkan dari mana informasi media massa yang mana seorang pelamar kerja tersebut mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang sedang dilamar, contohnya:

  • Berdasarkan dari pemberitahuan iklan pada harian atau pada koran.
  • Berdasarkan dari siaran radio dan dari televisi.
  • Berdasarkan informasi dari orang lain, dari kenalan, atau dari koneksi.
  • Berdasarkan inisiatif sendiri.
  • Bersumber dari kantor penempatan tempat tenaga kerja.
  • Bersumber dari tempat kursus, sekretariat akademi dan lembaga manajemen.
  • Berdasarkan pengumuman, baik dari media cetak yaitu dari koran, maupun yang digantung di muka toko atau dari kantor itu sendiri.

MODEL SURAT LAMARAN KERJA

Model surat lamaran pekerjaan juga harus bisa disesuaikan dengan kantor atau perusahaan yang akan kita lamar. Hal tersebut akan sangat penting karena model surat lamaran yang benar bisa ikut dalam mempengaruhi kemungkinan diterima atau tidaknya pelamar tersebut.

Apabila membuat surat lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada kantor-kantor pemerintah sebaiknya menggunakan model surat yang resmi atau. Untuk kata ganti diri sendiri dan sebaiknya menggunakan kata ganti “saya” karena lebih sopan. Sedangkan surat lamaran pekerjaan yang ditujukan untuk perusahaan-perusahaan swasta nasional sebaiknya menggunakan metode block style.  Untuk kata ganti orang yang dituju dalam perusahaan yang dilamar, sebaiknya menggunakan kata ganti Bapak atau Ibu.

Tentang Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan 

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan seseorang untuk mengisi suatu posisi atau jabatan tertentu dalam suatu perusahaan atau instansi. Surat ini biasanya dikirimkan oleh pelamar pekerjaan sebagai syarat untuk mengikuti proses seleksi atau wawancara kerja. Surat lamaran pekerjaan juga dapat berfungsi sebagai media untuk memperkenalkan diri, memaparkan kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu:

  1. Heading

Bagian heading berisi alamat dan tanggal penulisan surat, serta alamat lengkap penerima surat.

  1. Pembukaan

Pembukaan surat lamaran pekerjaan berisi salam pembuka dan kalimat perkenalan diri, seperti nama lengkap dan tempat tinggal.

  1. Isi Surat

Bagian isi surat merupakan bagian yang paling penting dalam surat lamaran pekerjaan. Di sini, pelamar harus menyampaikan niatnya untuk melamar pekerjaan, menyebutkan posisi yang diinginkan, dan menguraikan kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki untuk mengisi posisi tersebut. Isi surat harus ditulis dengan jelas, padat, dan ringkas, sehingga mudah dipahami oleh pihak yang membaca.

  1. Penutup

Bagian penutup berisi permohonan pelamar untuk diundang ke tahap seleksi atau wawancara, serta ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Pelamar juga dapat menuliskan harapan agar suratnya ditindaklanjuti dengan baik.

  1. Salam Penutup

Salam penutup berisi ucapan hormat atau salam penutup yang sopan.

  1. Tanda Tangan

Surat lamaran pekerjaan harus ditandatangani oleh pelamar sebagai tanda keseriusannya dalam melamar pekerjaan.

Kesimpulan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang digunakan untuk mengajukan permohonan kerja ke suatu perusahaan atau instansi. Surat ini memuat informasi tentang identitas, posisi yang diinginkan, kualifikasi, dan pengalaman pelamar. Agar surat lamaran pekerjaan terlihat profesional, pelamar harus mengikuti struktur dan format yang benar, serta menulis dengan jelas, padat, dan ringkas. Dengan demikian, peluang untuk diterima kerja di perusahaan atau instansi yang diinginkan akan semakin besar.