Wednesday , June 19 2024

Mengenal Lebih Dekat Perubahan yang Terjadi pada Masa Pubertas

Soal : Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas?

Jawaban : 

Perubahan yang terjadi pada masa pubertas pada pria:

  1. Perubahan suara
  2. Tumbuhnya jakun di leher
  3. Dihasilkannya hormon testosteron di testis

Perubahan yang terjadi pada masa pubertas pada wanita:

  1. Mulai datang bulan atau menstruasi
  2. Pembesaran payudara
  3. Dihasilkannya hormon estrogen dan progesteron di ovarium

Pembahasan :

Masa pubertas menandai bahwa suatu individu telah siap secara biologis untuk melakukan reproduksi, yang ditandai dengan dikeluarkannnya sel reproduksi oleh individu jantan dan betina.

Pada reproduksi seksual, akan terjadi pembuahan sperma yang dikeluarkan oleh individu jantan pada sel telur dari individu betina.

Masa pubertas pada manusia terjadi pada usia 10-15 tahun (pada wanita) dan 12-16 tahun (pada pria). Pada wanita, pubertas ini ditandai oleh peristiwa haid. Pubertas pada manusia menandai transisi dari masa anak ke masa dewasa.

Pubertas selain ditandai dengan diproduksinya sperma oleh individu jantan atau sel telur oleh individu betina, juga ditandai dengan adanya perubahan fisik, akibat adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Musalnya, suara mulai berubah, dan muncul jerawat, sebagai akibat dari aktifitas homron testosteron. Tanda lain adalah tumbuhnya bulu dan penambahan otot.

Assalamu’alaikum pembaca yang budiman, sudahkah kamu mengetahui perubahan yang terjadi pada masa pubertas? Pasti banyak yang merasa bingung dan penasaran dengan hal ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai perubahan yang terjadi pada masa pubertas.

Perubahan Fisik

Pada masa pubertas, banyak sekali perubahan fisik yang terjadi pada tubuh kita. Mulai dari tinggi badan yang bertambah, suara yang lebih berat pada laki-laki, hingga munculnya jerawat pada wajah. Hal ini disebabkan oleh hormon seksual yang mulai aktif pada masa pubertas.

Pertumbuhan Tinggi Badan

Salah satu perubahan fisik yang terlihat jelas pada masa pubertas adalah pertumbuhan tinggi badan. Pada usia 9-13 tahun, anak laki-laki dan perempuan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pada usia 14-17 tahun, pertumbuhan tinggi badan akan semakin lambat dan berhenti pada usia 18-20 tahun.

Perubahan Suara

Perubahan suara juga terjadi pada masa pubertas, terutama pada laki-laki. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada pita suara yang membuat suara menjadi lebih berat. Proses ini biasanya terjadi pada usia 12-16 tahun.

Perubahan Psikologis

Selain perubahan fisik, pada masa pubertas juga terjadi perubahan psikologis pada diri kita. Kita mulai bisa merasakan emosi dan perasaan yang lebih kompleks.

Perubahan Emosi

Pada masa pubertas, kita mulai bisa merasakan berbagai macam emosi yang berbeda-beda. Kita bisa merasa senang, sedih, marah, cemburu, dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh kita.

Perubahan Identitas

Pada masa pubertas, kita mulai mencari jati diri kita sendiri. Kita ingin tahu siapa diri kita sebenarnya, apa yang kita sukai, dan apa yang tidak kita sukai. Hal ini merupakan proses yang normal pada masa pubertas dan bisa membantu kita menjadi lebih dewasa.

Perubahan Sosial

Pada masa pubertas, kita juga mengalami perubahan sosial yang signifikan. Kita mulai memiliki teman sebaya, bergaul dengan orang lain, dan mencari jati diri kita di dalam lingkungan sosial.

Teman Sebaya

Pada masa pubertas, teman sebaya sangatlah penting. Kita membutuhkan teman sebaya untuk berbagi pengalaman dan menemukan jati diri kita sendiri.

Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial juga sangat mempengaruhi kita pada masa pubertas. Kita mulai bergaul dengan orang lain dan mencari jati diri kita di dalam lingkungan sosial.

Kesimpulan

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada masa pubertas. Perubahan ini bisa terlihat dari segi fisik, psikologis, dan sosial. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang masih mengalami masa pubertas.

Wassalamualaikum.