fbpx
Monday , February 6 2023

Cara Memilih Laptop Gaming Murah, Dan 3 Rekomendasi Gamers

Bagi gamers, laptop gaming menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Oleh karena itu laptop gaming murah seringkali menjadi incaran gamers agar tetap bisa main namun dompet tidak bolong.

Bermain dengan laptop gaming alih-alih laptop biasa akan membawa Anda pada pengalaman bermain yang lebih seru. Speknya yang tinggi menghindarkan permainan berhenti (lag) ketika sedang seru-serunya.

Spesifikasi Laptop Gaming Murah

Spesifikasi laptop gaming kian meningkat dari tahun ke tahun, hingga menjadi laptop high-end yang semakin digemari gamers juga video editors. Kemampuan grafisnya yang tinggi disukai gamers karena membuat permainan dapat dinikmati dengan nyaman.

Selain itu laptop gaming murah dengan spesifikasi tinggi akan memudahkan Anda untuk mengalahkan permainan lawan.

Sedangkan kemampuan grafis tinggi bagi video editors menjadikan proses pembuatan software atau pengeditan video berat menjadi lebih mudah dan praktis.

Terdapat banyak jenis laptop gaming murah dengan berbagai ukuran. Ada yang berukuran kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana, dan ukuran besar yang nyaman dipakai di rumah.

Baca Juga : Review Laptop HP 15-bw071ax, Spesifikasi Gahar di Bawah 10juta

Selain itu tersedia juga berbagai merk laptop gaming terkenal seperti Acer, ASUS, MSI, dan lainnya dengan spesifikasi dan harga berbeda.  Untuk kenyamanan bermain, pilih laptop gaming murah yang mendukung spesifikasi game favorit.

Dengan menyesuaikan spesifikasi dan kebutuhan game yang akan dimainkan,  Anda dapat menikmati grafis rata kanan yang indah.

Pertimbangkan juga cara pemakaian, hingga fungsi laptop dapat digunakan secara maksimal. Berikut cara memilih laptop gaming murah favorit agar sesuai dengan kebutuhan:

●      Layar

Sesuaikan ukuran layar dengan lingkungan bermain atau bekerja sehingga pengalaman menggunakan laptop akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

○      15,6 Inci

Laptop dengan layar ini mudah dimasukkan ke dalam tas dan tidak terlalu berat hingga bisa dibawa kemana saja. Layar laptop yang lebar, nyaman untuk bermain game atau mengedit video dimanapun, sehingga bermain atau bekerja menjadi lebih efisien.

○      16 Inci Atau Lebih

Ukuran layar ini sempurna bagi Anda yang ingin bermain game di rumah. Apabila laptop akan jarang dibawa ke mana-mana, ukuran ini cocok untuk menikmati game dalam layar lebar.

Ukuran 16 inci memang terlihat tidak jauh berbeda dengan 15 inci. Namun ketika digunakan, 16 inci akan terasa jauh lebih nyaman. Selain itu ukuran keyboardnya yang juga lebih besar, memudahkan Anda untuk menekan tuts.

Resolusi layar full HD sudah cukup untuk memanjakan mata Anda. Namun jika Anda membutuhkan yang lebih baik, pilih laptop dengan resolusi 4K.

●      GPU

GPU adalah komponen laptop gaming yang berhubungan dengan proses grafis. Pilih GPU dengan kualitas yang baik, karena game pasti akan melakukan update sehingga spesifikasi yang dibutuhkan pun akan meningkat.

Untuk game ringan seperti Valorant, Anda bisa memilih GTX 16, sedangkan game dengan spesifikasi standar, gunakan NVIDIA GTX 16.

Sementara untuk game berat dan pemakaian jangka panjang, seperti Assassin’s Creed Valhalla, NVIDIA RTX 30 lebih direkomendasikan.

●      CPU

CPU dengan spesifikasi rendah akan membuat visual tersendat-sendat ketika bermain game dengan perceraian yang cepat.

Contohnya, PUBG, FPS, dan BF. Oleh karena itu Anda dapat memilih CPU Core i7 atau diatasnya untuk kenyamanan dalam bermain game.

Dengan kapasitas pemrosesan yang sangat baik, Core i7 mampu bekerja multitasking, seperti bermain game sambil membuka browser.

Namun, Core i5 dapat dijadikan pilihan untuk bermain game dengan video berkecepatan sedang. Selain itu, laptop dengan CPU ini harganya lebih murah.

Baca Juga : Review ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Slim Cocok untuk Pelajar/Mahasiswa, Free Backpack!

●      RAM

Semakin banyak jumlah RAM yang digunakan, maka akan makin nyaman pula kinerja laptop. Apabila Anda hanya menggunakan untuk bermain game saja, itu pun berkualifikasi rendah, gunakan minimal 8 GB RAM.

Selanjutnya pilih laptop gaming murah dengan RAM yang dapat ditambah atau bahkan diganti. Anda dapat menghemat pengeluaran, karena laptop gaming dengan RAM yang kecil harganya murah.

Apabila kelak Anda membutuhkan RAM yang lebih besar, tinggal menambahkannya. Namun jika dananya cukup dan Anda seorang streamer, maka pilih RAM 16 GB.

Dengan demikian Anda dapat merekam permainan dan melakukan siaran langsung secara bersamaan.

●      Storage

Storage mempengaruhi halusnya permainan game dan kecepatan laptop dalam memproses game. Oleh karena itu pilih laptop dengan SSD agar keseruan bermain makin terasa.

SSD merupakan pilihan terbaik agar waktu loading permainan MHW dan MMO semakin singkat. Tambahkan storage HDD berkapasitas 1 TB atau lebih agar dapat menyimpan data yang lebih besar dan banyak selain data game.

Hal ini akan jauh lebih murah, dibandingkan hanya mengandalkan SSD sebagai tempat penyimpanan. Gunakan SSD untuk menyimpan data OS dan game, kemudian HDD untuk menyimpan data lainnya.

●      Refresh Rate

Refresh rate menunjukkan seberapa banyak gambar yang dapat ditangkap layar per detik. Semakin tinggi poinnya, game akan dapat dimainkan tanpa lag, bahkan pada game yang menampilkan banyak pergerakan cepat.

Contohnya, untuk game FPS atau racing, pilih laptop dengan refresh rate 60Hz atau diatasnya. Beberapa tipe laptop bahkan mendukung hingga kualitas tertinggi saat ini, yaitu 144Hz.

Meski refresh rate adalah spesifikasi yang berdampak pada permainan, banyak tipe laptop yang tidak menuliskan refresh ratenya. Oleh karena itu sebaiknya Anda membaca banyak review dahulu sebelum memutuskan memilih tipe tertentu.

●      Fitur Tambahan

Setiap gamers, mempunyai caranya sendiri untuk meningkatkan kenyamanan ketika bermain game. Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa fitur tambahan seperti:

○      Fitur Pendingin

Fitur pendingin yang kuat memungkinkan Anda bermain dalam waktu yang lama. Oleh karena bentuk laptop kecil, maka lama pemakaian akan mengakibatkannya memanas sehingga kinerja menjadi tidak maksimal.

Kipas pendingin yang lebih banyak ditambah cooling pad akan meminimalkan risiko penurunan kinerja laptop.

○      Baterai

Laptop gaming dirancang untuk selalu disambungkan ke adaptor, waktu standby nya pun sebentar. Bagi Anda yang mobile, hal ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan.

Laptop dengan adaptor akan cukup berat, untuk itu pilih laptop dengan berat sekitar 2,5 kg. Juga memiliki waktu standby di atas lima jam. Laptop 15 inci biasanya cukup ringan dan ringkas untuk dibawa-bawa, selanjutnya pilih baterai yang tahan lama.

○      Expandability Laptop

Periksa ketersediaan USB port dan HDMI atau USB type C karena diperlukan untuk menyambungkan laptop dengan perangkat lain. Setelah itu cek expandability laptop.

Akankah kinerja laptop tetap baik jika disambungkan dengan perangkat tambahan seperti mouse, controller, atau headset.

○      Merk

Diantara sekian banyak produk laptop gaming murah, MSI, ASUS, DELL, HP, dan Lenovo merupakan merek yang cukup terkenal. Pilih salah satu dari merek-merek tersebut jika Anda bingung menentukan pilihan.

Untuk entry level, ASUS, MSI, dan Lenovo memiliki laptop gaming yang direkomendasikan dengan produk ringkas dan harga relatif terjangkau.

Contohnya, Lenovo IdeaPad Gaming dengan harga relatif murah dan mampu bersaing dengan merk lain di kelasnya. Menariknya, seri ini memiliki tampilan yang tidak mencolok, tidak seperti laptop gaming lainnya.

Sedangkan di Middle Range, MSI merupakan laptop gaming yang kuat, dan tampil stylish dengan backlight merah dari keyboardnya. DELL dengan Seri ALIENWAREnya memiliki spesifikasi tinggi.

Spesifikasi HP memudahkan Anda dalam memilih, contohnya PAVILION GAMING, dengan harga yang ekonomis. Dalam kelas High End, HP OMEN merupakan seri yang banyak dicari. Lenovo seri LEGION juga menawarkan spesifikasi mumpuni.

3 Laptop Gaming Murah Rekomendasi Gamers

Harga laptop gaming memang terbilang mahal, berada di kisaran puluhan juta bahkan sampai menyentuh angka 100 juta rupiah. Melansir Pricebook, harga dibawah 20 juta sudah masuk kategori laptop gaming murah.

Laptop gaming merupakan perangkat yang memang diciptakan untuk bermain game. Dari sisi desainnya sudah tampak berbeda, khas gaming dengan bodi kokoh dan memiliki sistem pendingin khusus.

Belum lagi fitur pendukung game lainnya. Berikut rekomendasi laptop gaming murah di rentang harga belasan juta yang sangat mumpuni untuk memainkan game-game AAA:

1. Acer Nitro 5 AN515-44

Tipe ini merupakan laptop gaming terbaru dengan peningkatan dari seri sebelumnya dan harga yang terjangkau.

Bekerja dengan prosesor AMD Ryzen 7 4800H yang disandingkan bersama pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX1650Ti dan OS Windows 10. Nitro 5 memiliki RAM 8 GB dengan VRAM 4GB GDDR6, dan SSD/eMMC 512 GB.

Desain galaxy gamingnya keren, ditambah dua slot M.2 PCIe SSD hingga 32 GB DDR4 yang memudahkan upgrade. Layar FHD IPS dengan resolusi 1920 x 1080 pixel berukuran 15,6 inci akan memberikan pengalaman gaming yang asik.

Gameplay pun bebas blur serta terasa halus dengan refresh rate 144Hz dan waktu respon 3 ms. Kinerja CPU menjadi lebih optimal dengan sistem pendinginan thermal terbaru yang meningkat hingga 25%.

Ditambah teknologi Acer CoolBoost yang mampu meningkatkan kecepatan kipas hingga 10% serta pendinginan CPU / GPU sampai 9% dari mode otomatis.

Kapasitas HDD, USB 3.0, dan baterai tidak diberitahukan, sedangkan kartu grafis merk NVIDIA GTX 1650Ti, dan memori 4 GB. Untuk tabel dapat digeser ke kiri atau kanan. Harga laptop gaming murah Nitro 5 AN515-44 dibanderol mulai dari Rp 15 jutaan.

2. ASUS TUF Gaming FX505

Tipe ini adalah penerus dari TUF Gaming FX 504 dengan peningkatan spesifikasi dan fitur premium. Beberapa diantaranya anti-dust colling, nanoedge display, juga AURA sync RGB keyboard.

Bodi laptop gaming yang kokoh telah mendapatkan sertifikasi standarisasi militer MIL-STD 810G. FX504 dibekali OS Windows 10, prosesor core i5 8300H, chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050.

Kartu memori grafik 4 MB nya memungkinkan Anda memainkan game berat. FX504 memiliki layar 15.6 inci dan resolusi 1920 x 1080 Pixel. RAM 8GB, sedangkan kapasitas SSD/eMMC tidak diberitahukan, namun HDD mencapai 1 TB.

Selanjutnya FX 504 memiliki 2 USB 3.0 ports, 4 sel baterai, serta tabel yang dapat digeser ke kiri atau kanan. Harga laptop gaming murah TUF Gaming FX505 berada di kisaran Rp 11 jutaan.

3. Lenovo Legion 5

Seri Legion di Lenovo memang diperuntukkan gaming, dengan ukuran layar 15.6 inci dan resolusi 1920 x 1080 pixel. Legion 5 menggunakan OS Windows 10, prosesor Ryzen 7 4800H.

Kartu grafis dengan tipe GeForce GTX 1650, namun tidak ada keterangan mengenai ukuran memori graphic card. Kapasitas RAM 8 GB dengan kapasitas memori internal SSD hingga 1 TB.

Baterai berkapasitas 60Wh sangat awet meski dipakai gaming atau bekerja. Dibekali RAM 32 GB, tidak ada keterangan mengenai SSD/eMMC, namun Kapasitas HDD mencapai 1 TB.

Laptop ini didukung keyboard TrueStrike, sementara untuk tabel dapat di geser ke arah kiri atau kanan. Laptop gaming murah Legion 5 tersedia dengan harga mulai Rp 15 jutaan.