fbpx
Monday , February 6 2023

Review OPPO Reno 5, 5G Termurah dan Kamera Mantap

MajalahGadget.net – Nah si Oppo Reno 5 5G, menjawab kebutuhan orang-orang akan smartphone dengan teknologi 5G termurah dan dengan kamera yang mantap, meskipun implementasi 5G di Indonesia belum terimplementasi sih. Jadi tidak usah takut untuk di pakai dalam beberapa tahun ke depan karena sudah siap untuk 5G ini dan harganya pun tidak mahal kalau dilihat dari kemampuannya. Yap berikut review Oppo Reno 5 5G termurah dan kamera mantap.

Oppo Reno5 5G adalah smartphone baru seri Reno yang masuk ke Indonesia. seri Reno sendiri merupakan lini smartphone Oppo yang mengusung keunggulan di sisi kamera dan Oppo Reno5 5G ini seharusnya menjadi penerus dari Oppo Reno 4 Pro. salah satu keunggulannya yang pasti dari namanya sudah jelas ya, Oppo Reno5 5G fitur yang siap buat masa depan karena di Indonesia, di tahun 2021 ini, rencananya akan ada jaringan 5G meskipun belum semua provider siap.

Oiya sebagai catatan saat ini 5G di Oppo Reno 5 5G ini masih di kunci oleh Oppo tapi dipastikan akan dibuka, saat 5G nanti resmi dan sudah di komersial kan untuk umum di Indonesia. 5G sendiri ini, seharusnya akan menghadirkan berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan jaringan 4G yang ada saat ini tapi bukan kecepatan nya, yang pertama adalah latensi yang rendah. Ini mungkin akan lebih terasa manfaatnya misalnya di game membuat ping nya menjadi rendah itu yang paling penting, jadi 5G sama dengan ping lebih rendah. Mari kita lanjut ke review Oppo Reno 5 5G-nya.

Spesifikasi Oppo Reno 5

Dalam paket penjualan ada unit Oppo Reno5 5G nya, lalu ada kabel USB Type-C, lalu ada charger 65W SuperVOOC 2.0 nah, masih ada charger hehe. Selain itu ada handsfree atau headset nya, lalu bonus casing nya dan pelindung layar yang sudah terpasang di smartphone, ada SIM Tray Ejector dan paket dokumen dan untuk spesifikasi Oppo Reno 5 5G lengkapnya bisa lihat di tabel bawah ini.

[aps_product_specs id=”782″]

Kamera

Nah untuk bagian kamera kita mulai dari kamera Selfie, kamera selfie ini bentuknya Punch Hole di area kiri atas layar dengan resolusi kamera 32MP dan lensa 5P atau 5 elemen f/2.4, disertai dengan kemampuan perekaman video sampai dengan 1080p 30 fps dan dia juga punya fitur Ultra Night Selfie Mode.

kamera-oppo-reno-5-5g
Kamera Oppo Reno 5 5G

Kita sekarang beralih ke sisi belakang, terdapat kamera utama dengan konfigurasi Quad Camera kamera utamanya 64MP dengan lensa 6P bukaan f/1.7 dengan Field of View 80°. Lalu Oppo Reno 5 5G ini juga punya 8MP Ultra Wide dengan lensa 5P dengan bukaan f/2.2 dengan Field of View 119°. Selain itu juga di belakang ini juga ada 2MP Macro dengan lensa 3P dengan f/2.4 dan fokus di 4cm kurang lebih, terakhir ada juga tambahan 2MP Mono Camera, lensa 3P lagi dengan f/2.4 serta dilengkapi dengan LED Flash. Oppo Reno 5 ini juga memiliki fitur dual video view atau menggunakan 2 kamera depan dan belakang sekaligus secara bersamaan.

Review-oppo-reno-5-5g-dual-view-video
Review oppo reno 5 5g dual view video

Kamera Oppo Reno 5 ini mampu merekam video sampai dengan 4k30 (4k 30 fps) atau 1080p 60 fps. Sementara itu untuk slow-motion dia bisa 1080p 120 fps atau 720p 240 fps, fitur lainnya disematkan di Oppo Reno 5 ini adalah dilengkapi dengan ICE (Image-Clear Engine) ini menghadirkan Quick Shutter yang memungkinkan kita mendapatkan foto dengan detail tinggi sekalipun objek yang di foto bergerak dengan cepat atau saat kita yang mengambil foto nya sedang bergerak juga.

Oppo Reno 5 5G juga membawa banyak fitur dalam kameranya, dia punya Dual-View Video 1080p 30 fps, Time Lapse, Movie Mode, Expert mode, Extra HD, Night Flare Portrait, Ultra Steady Video, AI Highlight Video, Ultra Night Video dan Live HDR Video dan ada Ultra Dark Mode. Disamping itu Oppo Reno 5 5G juga telah memiliki aplikasi pengeditan video sederhana dengan nama Soloop. Ultra night video memberikan kejernihan warna dan cahaya saat pengambilan video pada malam hari.

before after ultra night video oppo reno 5
Before After Ultra Night Video Oppo Reno 5 5G

Performa Mantap

Setelah pengujian kamera, mari kita lanjut ke benchmarking atau pengujian performa, mari kita lihat di AnTuTu 8, skor nya adalah 323913. Skor yang cukup bagus untuk SOC Snapdragon 720G dengan 8 GB RAM, bukan skor yang luar biasa super kencang banget. Tapi, skor ini sudah nyaman untuk penggunaan sehari-hari seperti penggunaan media sosial, multi tasking sudah enak banget.

Banyak pengguna smartphone mencari HP yang mumpuni untuk keseharian maupun gaming, untuk itu kami lakukan testing beberapa game popular untuk mengetahui frame per rate saat menjalankan game-game tersebut. Hasilnya kami tampilkan dalam bentuk tabel.

GameSetting GrafisFPS
PUBGMSmooth-Extreme50-60 fps
PES 2021High54-60 fps
Genshin ImpactLowest34-52 fps
Mobile LegendsHigh-HD-HFR58-60 fps
Minecraft48-60 fps
Shadowgun LegendsHigh50-60 fps
Temple Run 287-90 fps
Life AfterSmooth46-60 fps

karena memang smartphone ini tidak dirancang untuk gaming, tapi dirancang untuk hal lain kalau untuk navigasi, terasa nyaman sekali karena layarnya memiliki refresh rate 90Hz. Anda juga bisa menggunakan fitur Smart Air Control untuk menjawab panggilan, membisukan suara atau mencari aplikasi dengan menggunakan gestur tangan jarak jauh.

Baterai Gede Tahan Lama

Nah, sekarang kita pindah ke baterai, baterai nya adalah baterai 4300mAh. “ah ini baterai nya kecil” tunggu dulu, kalian harus cek pengujian konsumsi daya nya, baru kalian bisa vonis karena zaman sekarang ukuran baterai tidak menjamin ketahanan lamanya dalam pemakaian. Kita harus lihat seberapa kuat dia bertahan, itu yang paling penting. Sementara itu untuk pengisian daya menggunakan charger SuperVOOC 2.0 yang mendukung pengisian daya hingga 65W, ini di klaim bisa mengisi ulang baterai hingga 60% dalam 15 menit dan 100% dalam 35 menit.

Ok, sekarang kita lanjut saja ke tes baterai dalam tes pemutaran video Oppo Reno 5 dapat bertahan 21 jam 30 menit awet banget, bahkan bisa dengan mudah mengalahkan beberapa smartphone yang pakai baterai 5000mAh. Kita coba untuk game PUBGM yang akan menggunakan sekitar 6-7% baterai dalam 30 menit permainan, lalu Genshin Impact akan berkurang sekitar 22% dalam 1 jam permainan

untuk pengisian daya baterainya untuk 0-60% itu dapat di capai dalam 18 menit saja, sementara itu untuk mencapai 100% hanya butuh waktu 46 menit, luar biasa ini. Kurang dari 1 jam pengisian daya hingga full, jadi ini mengisi dayanya kencang parah memang

Harga Oppo Reno 5 5G

Sementara itu, yang menyenangkan lagi adalah dia menyediakan fitur Wi-Fi Sharing di mana dia bisa membagikan lagi konektivitas Wi-Fi yang diperolehnya ke smartphone atau perangkat lain.

Nah, untuk harga varian 8GB RAM dengan 128GB Storage itu harganya di banderol di Rp.6.999.000,-. Mulai 5 Februari 2021, dia sudah mulai bisa di beli di Oppo Store baik online maupun offline. Hingga artikel ini terbit masih jarang toko online di beberapa marketplace seperti shopee, tokopedia, laada, blibli, bukalapak yang menjuah Oppo Reno 5 versi 5G kebanyakan masih Oppo Reno 5 non 5G. Tetapi spesifikasinya tidak terlalu jauh dengan yang versi 5G.

Kesimpulan

Oppo Reno 5 5G spesifikasinya tidak beda jauh dengan versi non 5G, perbedaan paling signifikan adalah di prosesornya yang versi 5G menggunakan SOC yang lebih unggung yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 765G sedangkan yang non 5G menggunakan Qualcomm® Snapdragon™ 720G. Ada beberapa hal hal yang mesti di perhatikan.

Yang pertama adalah tidak ada dukungan MicroSD, jadi tidak ada slot untuk MicroSD tapi penyimpanan internal 128GB, seharusnya sudah lumayan cukup untuk sehari-hari. sementara itu, penggunaan penyimpanan Cloud akan jadi solusi kalau memang lebih dari 128GB pemakaiannya. Lalu kemudian, daya tahan baterai ini, terbilang baik karena pada pengujian pemutaran video biha bertahan hingga 21 jam lebih dengan baterai yang hanya 4300mAh.

lalu untuk layar 90Hz nya, refresh rate 90Hz ini membuat anda merasa nyaman sekali untuk navigasi menu, berselancar maupun media sosial. kameranya ini sangat baik untuk penggunaan sehari-hari, selfie nya bisa ekstra lebar bila dibutuhkan, EIS juga bisa di aktif kan bisa ini vlogging dan kualitas audio nya juga mumpuni membuat kamera Oppo Reno5 5G ini jadi terasa lengkap dan berkelas. Lalu kemudian yang terpenting adalah bodi nya ini terbilang tipis dan ringan. Pengisian dayanya kencang baterai bisa terisi penuh sekitar 46 menit dari nol. Lalu sudah siap 5G dengan konektivitas yang terbilang lengkap, bahkan NFC pun ada serta ada jaminan konten HD di Netflix dan Amazon Prime.