Review POCO M3, Hp Sejutaan Spek Unggulan

Xiaomi POCO M3 hadir dengan tagline "Entry Level Killer". Apakah benar klain tersebut?. Mari cek review di bawah ini.
review poco m3

MajalahGadget.net – Awal tahun 2021 POCO merilis smartphone terbaru mereka yang bisa menjadi pembunuh untuk HP dengan harga murah. Yap HP itu adalah POCO M3 terbaru, memiliki warnanya paling ikonis dan desainnya pun cenderung unik dan memang POCO itu terkenal dengan murah, spesifikasi yang tinggi untuk harganya dan cukup lengkap fiturnya. Nampaknya Poco M3 ini dirancang sebagai “Entry Level Killer” di awal 2021.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mencari HP dengan harga murah tapi minta spek yang bagus dan fitur yang lengkap hahaha. Sekarang tak susah untuk menemukan smartphone murah dengan spesifikasi dan fitur yang bagus, salah satunya smartphone dari POCO. Pada awal tahun ini POCO mengeluarkan seri baru yang diberi nama POCO M3 yang digadang-gadang sebagai HP murah dengan spek bagus.

POCO M3 yang kami review ini adalah seri POCO yang terjangkau, yang masuk resmi di Indonesia sebelumnya POCO sudah berhasil menghebohkan pasar Indonesia dengan POCO F2 untuk seri atasnya, di lini tengah ada POCO X3 NFC dan untuk entry level POCO M3. Ada beberapa poin utama yang membuat Poco M3 ini berbeda ketimbang smartphone lainnya di kelas harga yang sama, seperti misalnya: layar yang berkualitas baik, baterai nya besar, fitur kamera nya menarik dan juga tentunya Chipset yang di gunakan nya.

Spesifikasi POCO M3

POCO M3 hadir dengan dua opsi warna, Poco Yellow, Cool Blue dan ada Power Black. Dimensi dari HP ini adalah 162,3 x 77,3 x 9,6mm atau 6,53″ inch dengan dot drop display dan berat sekitar 198gram . Di sisi kanan ada tombol power sekaligus pemindai sidik jari lalu ada tombol volume naik dan turun, di bagian atas ada microphone yang terlihat menyatu dengan IR Blaster serta audio jack 3,5mm. Di sisi kiri ada SIM tray yang mendukung 2 slot Nano SIM + microSD. POCO M3 ini sudah mengusung USB type-C. Klik tautan ini untuk melihat spesifikasi POCO M3 yang lengkap.

Menariknya HP ini ada dua speaker diatas dan dibawah yang sudah stereo, HP dengan rentang harga segini jarang sekali menggunakan speaker stereo. Layar yang digunakan oleh POCO M3 ini berpanel IPS dan sudah full HD+ resolusinya. Untuk perlindungannya sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3 dan layar ini juga memiliki sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light. Dibagian atas layar dilengkapi kamera selfie 8MP dengan f/2.1.

Lanjut ke sisi belakangnya, ada kamera utama Poco menyebutnya ini sebagai 48MP AI triple camera untuk konfigurasi nya yaitu, yang pertama itu ada kamera 48MP dengan f/1,79 lalu ada dua kamera lainnya, masing-masing memiliki resolusi 2MP dan berfungsi sebagai 1 kamera macro dan 1 kamera depth ditambah ada LED Flash. Untuk perekaman video, sudah mendukung Full HD, 30 FPS lalu untuk slow-motion sudah di dukung juga di 720p, 120FPS.

SOC yang digunakan oleh POCO M3 adalah Snapdragon 662 dengan pabrikasi 11nm, untuk CPU nya menggunakan Kryo 260 dengan GPU Adreno 610, ISP nya Spectra 340T dan DXP Hexagon 683. Lalu ada opsi RAM dan Storage yang ditawarkan HP ini ada 2 varian yang pertama 6GB + 128GB dan varian lain ada 4GB + 64GB serta dapat ditopang dengan MicroSD yang mendukung kapasitas sampai 512GB, lumayan ya.

Ok, Kita pindah ke baterai yang menjadi salah satu nilai jual Poco M3, di rentang harga ini kalian mendapatkan baterai 6000mAh besar sekali yah, untuk charging nya sudah mendukung pengisian sampai 18W. Lalu untuk UI nya, dia menggunakan MUI 12 for Poco (khusus Poco) dan basis nya ini adalah Android 10. Sensor yang dibawa oleh Poco M3 ini ada sensor Accelerometer, Proximity dan Ambient Light. Tetapi sayangnya tidak tersedia hardware untuk Gyro, masin Gyro virtual yang mungkin ini akan menjadi masalah untuk kalian pemain PUBG yang menggunakan Gyro. Untuk konektivitas dilengkapi dengan Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5 serta juga punya FM Radio.

Performa Mumpuni

Salah satu bagian yang ditunggu-tunggu oleh konsumen yang akan membeli HP adalah review terkait performanya. Pengujian menggunakan AnTuTu 7 mendapatkan skor di 140898 dan pada AnTuTu 8 mendapatkan skor di 182735. Berdasarkan pengujian benchmark menggunakan 3DMark dan GFXBench hasilnya mirip dengan Snapdragon 665 meskipun masih dibawahnya sedikit.

Kita coba untuk test gaming agar ketahuan performa aslinya untuk penggunaan nyata. Kami sajikan dalam bentuk tabel agar mudah untuk di baca ya.

GameSetting GrafisFPS
PUBGMSmooth-Extreme50-60 fps
PES 2021High50-60 fps
Genshin ImpactLowest18-33 fps
Mobile LegendsHigh-HD-HFR58-60 fps
Minecraft12 Chunk42-60 fps

Kamera

Review-kamera-POCO-M3
kamera POCO M3

Review POCO M3 selanjutnya adalah bagian kamera, untuk yang pertama kamera selfie-nya. Kamera selfie-nya ini, bisa buat merekam video Full HD 30 fps dan untuk microphone dari POCO M3 ini cukup bagus ya kualitasnya akan tetapi kamera depan belum mendukung fitur stabilizer seperti EIS jadi agak goyang sedikit. Saran kami jika anda ingin menggunakan HP ini untuk vlogging lebih baik menggunakan tripod agar tidak goyang-goyang videonya.

Untuk kamera utama nya dari Poco M3 ada 3 dengan kamera utama memiliki resolusi 48MP yang bisa merekam maksimal video Full HD 30 fps tetapi sayangnya kamera utama ini belum memiliki fitur EIS jadi harus hati-hati kalau mereka video agar tidak goyang-goyang. Untuk fitur fokusnya sih cukup bagus lah.

Kita pindah ke kamera macro yang ternyata juga bisa buat merekam video serta fixed focus ya untuk kamera ini jadi nggak bisa diatur. Kamera macro 2MP bisa merekam video resolusi 720p 30fps. Untung nya HP ini masih menyematkan Pro Video fitur, jadi untuk kalian yang ingin membuat konten dengan penyetelan manual, bisa di sini. Kalian bisa atur White Balance, Shutter Speed, ISO dan sebagainya.

Dengan fitur dan hasil foto kamera dari POCO M3 menurut kami sudah cukup bagus untuk HP kisaran harga sejuta sampai 2 jutaan. Jangan terlalu berharap lebih seperti kata pepatah ada harga ada rupa.

Baterai

Salah satu faktor kita membeli smartphone adalah tentang kapasitas baterai dan ketahanannya, kali ini kami bahas tentang ketahanan baterai POCO M3. Seperti biasa, untuk menguji ketahanan baterai kita tidak menggunakan SoT (Screen on Time) tapi menggunakan video playback. Dengan video Full HD, 1080p, 30 fps kita dapat hasil video playback nya di 21 Jam 8 Menit, ini sudah lumayan sekali untuk baterai 6000mAh.

Selanjutnya uji game, kita memainkan Genshin Impact selama 1 jam, baterai nya berkurang 11%. Lalu untuk PUBG Mobile, 30 menit betari nya hanya berkurang 5-6%, jadi bisa main lama banget nih kalau kalian pemain PUBG Mobile. Kemudian untuk charging nya bagaimana?

Kita coba charge POCO M3 dari 0 hingga 100% membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam 15 menit, meskipun pengisiannya tidak cepat sekali tetapi masih ok lah atau tidak masalah kalau kita tinggal tidur waktu ngisi daya. Jika digunakan untuk keseharian baterai penuh dari pagi bisa tahan hingga malam hari. Ini cocok juga buat dibawa kerja jadi tidak perlu ngecas berkali-kali dalam sehari.

Harga Poco M3

POCO adalah sub-brand dari Xiaomi telah mengeluarkan produk baru yaitu POCO M3. Sub brand Xiaomi ini sering menghadirkan HP murah dengan spesifikasi yang bagus. Lalu untuk harga nya bagaimana?

Di Indonesia, smartphone ini dijual dengan harga Rp 1,8 juta (4/64 GB) dan Rp 2,3 juta (6/128 GB). Harga yang cukup menarik dengan spesifikasinya. Berdasarkan pantauan kami di toko online maupun offline harga sedikit melambung dari harga rilisnya.

Kekurangan

Setiap smartphone pasti ada kekurangan dan kelebihan, maka dari itu kami rangkumkan beberapa kekurangan yang ada pada POCO M3 ini. Mungkin beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli HP ini karena mungkin kalian membutuhkannya, jangan sampai salah beli dan menyesal kemudian.

Pertama adalah tidak adanya dedicated Gyroscope, ini akan menjadi masalah jika kalian pemain PUBG yang terbiasa memakai Gyro tapi kalau kalian pemain PUBG yang tidak memakai Gyro, mungkin ini bukan jadi masalah. Termasuk NFC juga belum didukung oleh POCO M3 ini, jadi bagi anda yang ingin ada NFCnya HP ini bukan yang anda cari.

Poin ke dua, berada pada pengisian daya karena dengan charger yang 18W dan baterai yang besar banget, tentunya akan memakan makan waktu lebih lama akan tetapi anda bisa mengisi waktu malam hari di tinggal tidur.

Poin ke tiga adalah pada triple camera hanya 1 yang berfungsi karena yang dua lainnya adalah sensor depth dan macro selain itu perekaman video hanya mampu Full HD 30fps tidak ada pilihan 60fps tapi itu sudah cukup sih untuk pemakaian umum. Sayangnya tidak ada EIS di kameranya jadi kalau kalian gunakan ini sambil berjalan atau sambil vlogging maka butuh stabilizer tambahan seperti tripod kecil misalnya.

Kelebihan

Dibalik kekurangan selalu ada kelebihan POCO M3 memiliki lebih banyak kelebihan dibanding dengan kekurangannya apalagi untuk HP dengan budget sejuta sampai 2 jutaan ini. Ok, kita lanjut ke bagian yang kita suka dari Poco M3 ini.

Yang pertama yaitu desain unik dan opsi warna yang menarik membuatnya menjadi kelihatan berbeda. lalu layar nya ini memiliki kualitas terbilang baik di kelas harga nya kalian bisa dapat Full HD dan sudah ter sertifikasi TÜV Rheinland. Poin menarik lainnya, POCO M3 ini sudah widevine L1, jadi buat kalian yang suka menonton Netflix, sudah Full HD. Kelebihan lainnya ada fitur time-lapse untuk perekaman videonya.

Poin selanjutnya yaitu bobot, bobotnya tergolong ringan untuk baterai 6000mAh. Selain itu juga punya fitur menarik seperti IR Blaster dan Stereo Speaker walaupun memang tidak bisa berharap kalau kualitasnya akan setara flagship. Lalu dia juga masih ada Audio Jack 3,5mm, kemudian SIM tray nya juga non-hybrid dan bila dibutuhkan, dia juga ada radio FM.

Kesimpulan

Jadi itu dia review singkat Poco M3 oleh kami, dari hasil tes kita dari benchmarknya dan dari kekurangan dan kelebihan mungkin ini akan menjadi HP favorit bagi mereka yang hanya budget terbatas tetapi menginginkan spesifikasi dan fitur yang cukup bagus dan lengkap. Menurut kami, ini memang smartphone yang sangat menarik, terutama di kelas harganya.

Jika ditanya tentang rekomendasi smartphone untuk harga 1,5-2 jutaan jawabannya POCO M3 termasuk di dalamnya dan juga POCO menjanjikan, kalau dia akan melepas produk-produk terbarunya di 2021 ini. Mari kita tunggu gebrakan apalagi yang akan dibawa POCO ke Indonesia yang biasa membawa spesifikasi yang luar biasa dan harga sangat terjangkau.

Saya ingin mendapatkan informasi dan berita terbaru
Dismiss
Allow Notifications