fbpx
Monday , February 6 2023

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Penghasilan

Bagi pengguna aplikasi TikTok yang butuh pendapatan, sebaiknya perlu tahu cara mendapatkan uang dari TikTok. Pengguna aplikasi media sosial video ini bisa berjualan, atau memanfaatkan pihak ketiga dengan berbagai cara menarik.

Seperti platform media sosial lainnya, TikTok sudah mulai merambah ke dunia marketing digital. Wajar saja, karena aplikasi tersebut sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Banyaknya pengguna ini dapat dimanfaatkan untuk berbisnis.

Dalam melakukan ekspansi ke ranah bisnis, TikTok tidak main-main dalam melakukannya. Aplikasi tersebut memberikan penggunaanya banyak jalan untuk mendapatkan penghasilan. Jika tertarik untuk mencari uang jalur TikTok, maka ikuti cara-cara berikut:

1. Tingkatkan Follower Terlebih Dahulu

Ada baiknya sebelum memulai bisnis, pengguna Tik Tok perlu menambah jumlah follower akun. Hal ini bertujuan agar pengguna Tik Tok dapat menjangkau lebih banyak potensi customer, atau target pasar. Berbagai cara menambah follower yaitu:

  • Mengunggah konten video yang menarik. Video yang diunggah sebaiknya perlu disesuaikan dengan niche akun, misalnya masakan. Hal ini akan mempengaruhi sponsored content post ke depannya.
  • Mengikuti perkembangan tren di TikTok. Seiring berjalannya waktu, kalangan TikTok pasti selalu saja punya tren yang lagi hits. Manfaatkan tren tersebut untuk mendapatkan engagement.
  • Mengoptimalkan potensi untuk masuk ke FYP. For Your Page merupakan section di mana konten akan direkomendasikan. Pengguna dapat mengunggah konten di jam prime time untuk potensi masuk FYP.
  • Meminta bantuan kolaborasi bersama pengguna Tik Tok lain. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkenalkan akun kepada banyak pengguna. Untuk ini, TikTok memiliki fitus stitch.

2. Jualan Menggunakan TikTok Shop

Meski akan sedikit membutuhkan modal, namun berjualan selalu menjadi cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling wajar. Fitur TikTok Shop telah disediakan untuk pengguna TikTok yang ingin berjualan di platform tersebut.

Seperti halnya e-commerce, pemilik usaha dapat membuka katalog produk, dan memasarkannya di TikTok Shop. Cara pengaturannya pun lebih praktis, karena hanya tinggal punya akun TikTok. Selain itu, ada tiga cara pemasaran yang bisa dipakai, yaitu:

  • In-feed videos. Pemilik jualan dapat mencoba membuat video jualan muncul di FYP target pembeli.
  • LIVEs. Pemilik dapat melakukan live streaming khusus untuk memasarkan produk yang mau dijual.
  • Product showcases. Pemilik dapat membuat katalog berupa seluruh produk yang dijual, jadi pengunjung bisa melihat-lihat.

3. Jadi Influencer TikTok

Jika pengguna TikTok tidak punya bisnis, maka cara alternatif untuk mendapatkan uang adalah melalui pihak ketiga. Pengguna TikTok dapat menjadi influencer melalui kerja sama dengan brand, namun hal ini sebenarnya juga tidak mudah.

Pasalnya, perusahaan tentu hanya mau bekerjasama dengan pengguna TikTok yang dirasa cukup populer, dan mampu menjangkau pasar target. Hal inilah yang membuat mengapa banyak pengguna Tik Tok berbondong-bondong bikin viral melalui videonya.

Selain itu, perusahaan menilai kepopuleran seorang TikTokers melalui jumlah follower-nya. Sangat dianjurkan untuk minimal memiliki 100 ribu follower, agar dapat dilirik oleh brand perusahaan. Akun influencer juga harus bersih dari hal-hal drama.

Penghasilan influencer TikTok ini bukan main-main. Rata-rata pengguna TikTok yang menjadi influencer sudah meraup pendapatan hingga puluhan juta per bulan. Sebab itu, menjadi influencer biasanya kerap menjadi target yang harus dicapai.

4. Buat Live Streaming di TikTok

Live streaming dapat merupakan cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya. Tetapi, hal ini tidak bisa dilakukan semua pengguna, karena pemilik akun perlu membuat komunitas loyal agar live streaming bisa “laku”.

Ibaratnya dalam berbisnis, penjual harus membuat strategi branding agar mendapatkan pembeli yang loyal. Lalu, apa yang bisa dilakukan ketika sudah memiliki fans yang loyal? Live streaming di TikTok sudah dibekali oleh yang namanya virtual gift.

Fitur tipping ini akan membuat fans untuk melakukan donasi kepada pembuat video TikTok. Sama halnya seperti super chat YouTube, streamer TikTok akan mendapat uang berdasarkan virtual gift yang didapatkan dari fans loyal.

Sistem virtual gift ini jangan dianggap sebelah mata, karena bisa menjadi hal yang adiktif di mata fans loyal. Apabila koin-koin ini sudah terkumpul banyak, pemilik akun TikTok tinggal mengubahnya menjadi uang.

5. Jadi Jasa Pengelola Akun TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya yaitu menjadi pengelola akun TikTok. Tidak semua brand atau content creator memiliki waktu untuk mengelola akun TikTok. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Adapun nilai plus menjadi pengelola TikTok adalah jasa tidak membutuhkan modal besar. Pengguna Tik Tok hanya perlu membuat branding yang cukup agar jasanya dikenal dan diketahui banyak orang. Lalu, seperti apa kerja dari pengelola akun TikTok?

  • Menaikkan jumlah follower dan engagement rate. Pengelola dapat membuat video TikTok mengenai brand atau konten yang menarik. Semakin viral konten tersebut maka semakin baik.
  • Menyusun ide kreatif untuk video-video TikTok. Pengelola perlu membuat ide bagaimana caranya menarik minat orang pada brand/konten. Misalnya, seperti membuat meme atau video lucu.
  • Mempertimbangkan strategi marketing yang tepat. Apabila diizinkan, pengelola juga dapat menyusun strategi marketing yang sesuai brand/konten. Apakah brand atau konten perlu diiklankan melalui sponsored content post, atau lainnya.
  • Mengajak kerja sama dengan pembuat konten TikTok. Pengelola dapat berkolaborasi dengan content creator TikTok atau platform lainnya. Hal ini akan memperluas jangkauan brand/konten. 

6. Gabung Program Afiliasi TikTok

Selain jualan dan menjadi influencer, pengguna Tik Tok dapat menjadi bagian dari program afiliasi TikTok. Cara mendapatkan uang dari TikTok ini juga tidak terlalu sulit, karena hanya tinggal mencantumkan link saja. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

  • Mula-mula buat dulu akun TikTok Shop menggunakan akun TikTok yang saat ini dimiliki.
  • Setelah proses pendaftaran dan registrasi TikTok Shop selesai, login kembali untuk mengakses afiliasi TikTok.
  • Pada akun TikTok, pilih opsi Pengaturan, lalu pastikan opsi TikTok Shop ada pada kolom monetisasi.
  • Pada opsi TikTok Shop, tinggal pilih produk mana yang ingin dijadikan program afiliasi. Klik opsi Tambahkan Produk Afiliasi.
  • Setelah memilih produk afiliasi, tautkan link dari e-commerce di mana produk tersebut berada.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan soal link ini. Pasalnya, TikTok tidak mengizinkan penggunanya untuk menaruh link di deskripsi video. Cara mengakalinya adalah dengan menaruh link di dalam video, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

7. Jualan Akun TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok terakhir adalah melalui jualan akun TikTok. Namun, hal ini bukan berarti pengguna menjual satu-satunya akun yang dimiliki. Yang penjual lakukan adalah membuat akun baru, lalu dikembangkan untuk dijual.

Namun pengembangan akun TikTok ini tidak bisa asal-asal. Sebab, jika hanya mengandalkan follower besar namun low engagement rate, siapa yang tertarik? Karena itu, penjual perlu menetapkan niche kepada setiap akun TikTok yang dijual.

Itu dia penjelasan mengenai apa saja cara mendapatkan uang dari TikTok. Baik menjadi penjual barang, influencer, atau mitra afiliasi, pengguna bisa mencari pendapatan dengan mudah melalui TikTok. Tinggal pilih opsi mana yang sekiranya diinginkan.

Terkadang, TikTok masih dianggap sebelah mata oleh sebagian orang awam. Wajar saja, hal tersebut karena aplikasi ini selalu diidentikkan dengan video joget. Padahal, TikTok dapat menjadi jalur alternatif untuk mendapatkan uang dengan cepat.