fbpx
Monday , February 6 2023

Cara Menghapus Efek di Instagram yang Sudah Tidak Terpakai

Pada aplikasi Instagram tersedia berbagai pilihan efek atau filter yang dapat mendukung seseorang untuk membuat foto atau video. Adanya efek tersebut tentu sebagai hiburan dan juga sebagai pelengkap foto atau video Instagram.

Jika Anda tidak pernah lagi menggunakan efek pada Instagram, atau sama sekali tidak tertarik untuk menggunakannya, Anda bisa menghapusnya. Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus efek di Instagram yang sudah tidak terpakai. Berikut merupakan ulasannya.

Fungsi Efek Instagram

Sebelum ke pembahasan utama, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari efek Instagram yang tersedia di media sosial tersebut. Filter atau efek ini memiliki fungsi sebagai penambah daya tarik atau pelengkap sekaligus penghibur bagi pengguna yang akan mengunggah foto atau video di Instagram.

Ini merupakan fitur yang sangat menarik yang dapat digunakan oleh setiap pengguna Instagram. Instagram menyediakan fitur ini agar penggunanya tidak mudah bosan dengan aplikasi Instagram yang digunakannya.

Sebab, pada umumnya Instagram hanya digunakan sebagai untuk media berbagi foto dan video saja. Namun, saat ini Instagram sudah mengembangkan aplikasinya menjadi lebih baik lagi ke versi yang terbaru dan lebih canggih.

Efek yang tersedia bermacam-macam, mulai dari efek pengatur kecerahan foto, efek gambar-gambar lucu, efek stiker, efek dengan GIF yang bergerak-gerak, atau efek yang memberikan sebuah fitur games.

Anda dapat menyimpan efek Instagram yang Anda temukan di akun Instagram orang lain. Namun, jika Anda menemukan efek yang sudah tersedia di Instagram dan tidak ingin menggunakannya lagi, maka Anda bisa melakukan penghapusan efek tersebut.

Jika ingin menghapusnya, maka Anda harus mengetahui cara menghapus efek di Instagram. Untuk lebih lengkapnya akan dipaparkan pada pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga : 6 Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot

Cara Menghapus Efek di Instagram

Pada umumnya, cara untuk menghapus efek yang ada di Instagram sangat mudah. Namun, jika Anda belum mengetahui bagaimana caranya, sebaiknya langsung simak pemaparannya berikut ini.

1.    Buka Aplikasi Instagram

Pertama, tentu Anda harus membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu dari handphone Anda. Lalu masuk ke akun Instagram Anda. Tetapi sebelumnya perlu diingat bahwa sebaiknya gunakan aplikasi Instagram versi terbaru supaya tidak ada masalah ataupun kendala lain saat melakukan penghapusan efek Instagram.

Jika Anda masih menggunakan aplikasi Instagram versi lama, sebaiknya upgrade terlebih dahulu ke versi yang terbaru. Anda bisa memperbaruinya melalui Google Playstore seperti biasa.

2.    Akses Story Instagram

Cara menghapus efek di Instagram selanjutnya yaitu akses story Instagram. Apabila sudah masuk ke halaman awal aplikasi Instagram, cari menu story Instagram. Agar bisa melakukan hal ini, anda klik gambar profil Instagran Anda yang terletak di bagian atas halaman beranda dari aplikasi Instagram.

story instagram
story instagram

Selanjutnya, pilihlah menu normal dari menu di bagian bawahnya. Mengapa hal ini dilakukan? Sebab pada bagian menu normal, Anda bisa melihat semua efek-efek yang disediakan Instagram yang disimpan di aplikasi Instagram Anda.

3.    Pilih Efek pada Instagram

Cara menghapus efek di Instagram berikutnya yaitu memilih efek Instagram. Di sini, Anda akan memilih efek Instagram mana saja yang ingin dihapus. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara menggeser ke arah kanan ikon lingkaran, hal ini berfungsi untuk mengambil foto ataupun melakukan rekaman video.

Setelah itu, geser lingkaran tersebut ke kanan atau ke kiri sampai ditemukan efek yang ingin dihapus. Jika sudah mendapatkan efek-efek yang akan dihapus, klik nama filter yang ada di bagian bawahnya.

4.    Menghapus Efek

Cara menghapus efek di Instagram yang terakhir yaitu menghapus efek yang tersedia. Apabila Anda sudah menemukan efek Instagram yang akan dihapus seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor 3, maka selanjutnya yaitu proses menghapus efek Instagram.

Setelah Anda mengklik nama filter, akan muncul sejumlah opsi, pilih menu More. Setelah itu, pilih opsi Hapus agar bisa menghilangkan efek Instagram tersebut. Maka, proses penghapusan efek Instagram sudah selesai.

Efek tersebut tidak akan ditemukan lagi di profil Instagram Anda. Jika ada banyak efek yang ingin dihapus, maka Anda perlu melakukan langkah-langkah ini secara satu per satu di setiap efek Instagram yang akan dihapus.

Cara Menghapus Efek di Instagram dari Layar Filter

Selain cara di atas, anda juga bisa menghapus filter dari layar filter. Cara ini dilakukan apabila Anda tidak ingin menampilkan filter pada layar filter dari fitur story di aplikasi Instagram.

Untuk caranya cukup mudah sekali. Silakan buat foto atau video yang akan di-posting di story Instagram. Anda bisa mengambil foto atau video secara langsung atau menggunakan foto/video yang sudah ada dari galeri handphone Anda. Silakan dipilih dan langsung membuat fotonya.

Selanjutnya, pada layar filter, sentuh dan tahan filter yang akan Anda sembunyikan dari layar filter. Setelah itu, nantinya area foto akan menjadi gelap, dan Anda pun akan melihat pop up drag to hide. Lalu, geser dan jatuhkan filter ke area tersebut. Selesai.

Cara Menghilangkan Nama Efek Instagram

Selain cara menghapus efek di Instagram, Anda juga bisa menghilangkan nama efek Instagramnya saja, loh. Nama filter memang terkadang mengganggu tampilan foto atau video meskipun tidak akan terlalu terlihat. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa menghapusnya atau menghilangkannya.

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan nama efek Instagramnya? Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan di bawah ini. Silakan dicatat dan disimak dengan baik, ya.

  • Pertama, silakan buka aplikasi Instagram terlebih dahulu.
  • Kedua, buka fitur story Instagram seperti biasa.
  • Pilih filter atau efek dan klik untuk memulai foto atau video yang akan dibuat story.
  • Tekan tanda panah ke bawah untuk menyimpan foto atau video yang sudah dibuat.
  • Silakan kembali ke beranda story Instagram akun Anda.
  • Lalu, pasang foto atau video yang sudah disimpan dengan menggunakan filter tadi ke Instagram story. Lakukan posting. Selesai.

Cara di atas bisa Anda lakukan jika Anda tidak ingin menampilkan nama efek Instagram pada story yang Anda upload. Biasanya jika Anda melakukan hal ini, dan orang lain tertarik dengan efek Instagram yang Anda gunakan, maka akan ada viewers yang menanyakan kepada Anda apa nama efeknya.

Menghapus atau menghilangkan nama filter juga bisa membuat orang penasaran dengan nama filter yang Anda gunakan. Apalagi jika filter tersebut nampak menarik untuk dicoba. Jadi, tidak heran jika akan ada orang yang menanyakan nama filternya kepada Anda setelah Anda mengunggah foto atau video yang ada filternya tersebut.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui cara menghapus efek di Instagram dengan mudah. Ikuti saja langkah-langkahnya secara perlahan maka Anda dapat menghapus efek Instagram yang sudah tidak dipakai lagi oleh Anda.