Monday , May 27 2024

Cara Menyembunyikan Aplikasi Dengan Mudah Terbaru 2023

Banyak orang yang mencari cara menyembunyikan aplikasi untuk suatu keperluan. Anda mungkin juga ingin menyembunyikan aplikasi tertentu untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda.

Biasanya beberapa aplikasi penting yang memerlukan fitur keamanan, yaitu catatan pribadi, dompet elektronik, aplikasi perbankan dan lainnya. Nah, untuk mengetahui seberapa penting serta cara menyembunyikan aplikasi, silakan simak ulasannya sampai selesai.

Pentingnya Menyembunyikan Aplikasi

Sebelum mengetahui cara menyembunyikan aplikasi, ketahui terlebih dahulu pentingnya menyembunyikan suatu aplikasi tertentu. Karena masih ada sebagian orang yang belum menyadari bahwa beberapa aplikasi di Android memerlukan keamanan.

1. Melindungi Aplikasi Agar Tidak Mudah Dibuka Oleh Orang Lain

Menyembunyikan aplikasi berguna untuk melindungi aplikasi penting Anda agar tidak diketahui oleh orang lain. Apalagi jika ponsel Anda hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Melindungi Privasi Pribadi Anda

Cara menyembunyikan aplikasi juga penting untuk melindungi privasi pribadi Anda yang berkaitan dengan komunikasi, seperti Whatsapp, email, atau pesan singkat. Tidak semua orang suka obrolan atau pesan pribadinya diketahui oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Aplikasi

Menyembunyikan aplikasi bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Jika Anda tidak ingin repot-repot menginstal aplikasi baru untuk menyembunyikan aplikasi, Anda bisa menggunakan cara ini tanpa harus menguras memori Hp.

Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi tanpa menggunakan aplikasi:

  • Pertama kali, buka menu Pengaturan
  • Setelah itu, pilih Aplikasi atau Aplications
  • Jika sudah, masuk ke Aplication Manager
  • Silahkan pilih Tab All atau Semua.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Terakhir, pilih Disable

Menyembunyikan aplikasi Android dengan cara ini sangat mudah dilakukan, karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki memori terbatas dan juga mencegah menginstal aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Menggunakan Aplikasi

Cara menyembunyikan aplikasi juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Berikut ini beberapa aplikasi menyembunyikan aplikasi Android:

1. Menggunakan Security Master

Cheetah Mobile mengeluarkan sebuah aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi pada perangkat Android yang bernama Security Master. Aplikasi ini sangat direkomendasikan, karena memberikan keamanan aplikasi yang cukup baik.

Dengan menggunakan Security Master, Anda dapat memilih konsep penguncian aplikasi, mulai dari kode PIN, pattern hingga fingerprints. Selain itu, Security Master juga siap memotret siapa saja yang berusaha membuka Hp Anda secara paksa.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, yaitu mampu bertindak sebagai salah satu aplikasi anti virus di Android dan memiliki fitur Safe Connect VPN, Juck Clean dan Massage Security. Aplikasi untuk menyimpan aplikasi di Android ini bisa Anda download secara gratis.

2. Menggunakan App Lock

Aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi di Android selanjutnya, yaitu aplikasi App Lock. App Lock hadir sebagai solusi terbaik yang dapat diandalkan.

Aplikasi ini mampu mengamankan segala jenis aplikasi yang ada di dalam Android Anda. Selain itu, App Lock juga dibekali dengan beberapa fitur andalan sehingga lebih mudah dan menyenangkan ketika digunakan.

Dengan App Lock Anda dapat mengunci segala jenis aplikasi, seperti sosial media, galeri, SMS dan lainnya. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda cukup memasukkan PIN atau pattern dan kunci setiap aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

3. Menggunakan CM Locker

CM Locker merupakan aplikasi yang hanya berfokus untuk mengunci aplikasi di Android saja. Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini sudah memperoleh lebih dari 3 juta kali pengunduh di Play Store.

CM Locker layak untuk Anda gunakan, karena memiliki berbagai macam fitur yang mumpuni. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengunci aplikasi yang ada di Hp Android, baik menggunakan kode PIN maupun pattern.

Selain itu, Anda juga bisa mengunci lockscreen Android dengan tampilan tema yang unik dan menarik. Menariknya lagi, CM Locker bisa memotret siapa saja yang berusaha membuka paksa aplikasi yang telah dikunci.

4. Menggunakan AppLock-Fingerprint

Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu lagi khawatir privasi Anda akan terganggu, karena aplikasi ini dapat membantu mengamankan setiap aplikasi yang ada di Android Anda. Jadi, sosial media Anda dan aplikasi lainnya akan aman dan tidak perlu khawatir dibajak orang lain.

Dengan aplikasi yang dikembangkan oleh SpSoft ini, Anda dapat mengunci aplikasi menggunakan kode PIN, pattern dan fingerprint. Menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa melakukan fake error pada Hp Anda.

Fake error ini terjadi saat seseorang berusaha membajak paksa aplikasi Anda, sehingga ia akan merasa panik karena melihat Hp Anda rusak.

5. Menggunakan LOCKit

SuperTools Corporation mengembangkan sebuah aplikasi bernama LOCKit yang berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Android. Dengan menggunakan LOCKit Anda bisa menyembunyikan beragam aplikasi apa saja.

Aplikasi ini telah memperoleh hampir 300.000 kali pengunduh. LOCKit sendiri sangat mudah digunakan dan membebaskan penggunanya untuk memilih konsep kunci pada setiap aplikasi. 

Anda mengunci aplikasi dengan menggunakan kode rahasia ataupun pola. LOCKit juga menyediakan tema yang unik dan menarik ketika aplikasi terkunci.

6. Menggunakan AppLock

Aplikasi AppLock bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di Android dengan mudah. Anda dapat mengatur password atau membuka pola aplikasi tertentu yang ada di Hp Anda.

AppLock juga berfungsi untuk Anda yang tidak ingin mengunci homescreen secara terus menerus. Pada bagian menu utama aplikasi, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang di perangkat dan Amda dapat mengatur aplikasi apa saja yang ingin dikunci dengan sandi khusus.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan banyak pilihan kustomisasi untuk mengunci fitur tertentu pada Hp, seperti mengakses Peraturan dan menerima panggilan telepon di ponsel Anda.

Aplikasi besutan DoMobile ini bisa Anda download secara gratis atau beli versi pro dari aplikasi ini melalui Google Play Store.

7. Menggunakan Andrognito

Aplikasi Andrognito hadir dengan interface yang cantik, desain minimalis dan modern. Dibalik keunggulannya tersebut, aplikasi ini memiliki fungsi untuk melindungi aplikasi Anda dari stalker.

Anda bisa mengaktifkan stealth mode secara manual melalui pengaturan aplikasi. Anda dapat masuk ke aplikasi menggunakan PIN Anda melalui tombol dial di perangkat, kemudian tekan “Call“.

Aplikasi Andrognito menyediakan fitur yang keren dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Aplikasi keluaran CODEC ini mampu menyembunyikan dan mengenkripsi jenis file dengan perlindungan tinggi.

Aplikasi ini telah di download sebanyak 100 ribu kali oleh pengguna Android. Bagi Anda yang ingi menggunakan aplikasi ini, bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. 

Itulah beberapa cara menyembunyikan aplikasi di perangkat Android. Anda dapat memilih cara yang paling mudah dan nyaman untuk Anda gunakan.

Demikian ulasan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di perangkat Android. Setiap cara, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.