Wednesday , April 24 2024

5 Aplikasi Trading Legal Terdaftar OJK 2023

Saat ini mulai banyak beredar platform untuk melakukan investasi, namun tidak semuanya legal. Aplikasi trading legal biasanya ditandai dengan terdaftarnya nama perusahaan di Otoritas Jasa Keuangan. Untuk daftar aplikasi trading-nya dapat dilihat di bawah ini:

1. IPOT

Aplikasi trading saham ini dirilis sejak tahun 2007 dan telah terdaftar namanya di Otoritas Jasa Keuangan. IPOT diciptakan oleh Indo Premier Sekuritas yang menyediakan investasi pasar modal. Perusahaan sekuritas ini termasuk terbesar di Indonesia.

IPOT juga memberi tawaran bermain saham bagi trader yang hanya memiliki modal kecil. Bahkan ketika membuat akun serta registrasi boleh tidak menaruh deposit. Pemberian deposit dapat dilakukan saat transaksi.

Oleh karena itu, IPOT sangat cocok dipakai oleh para pemula trading. Tampilan aplikasinya juga mudah untuk dimengerti. Instrumen untuk berinvestasi dengan sekuritas tersebut bisa berupa saham, reksa dana, ataupun ETF.

2. Bibit

Trading legal yang juga bisa digunakan untuk pemula selanjutnya adalah Bibit. Pasalnya aplikasi dari PT Bibit Tumbuh Bersama tersebut menyediakan teknologi bernama Robo Advisor. Trader akan dibimbing oleh teknologi ini ketika berinvestasi.

Bibit sudah mendaftarkan diri di OJK sejak tahun 2018. Ada banyak pilihan instrumen di dalamnya, seperti obligasi, reksa dana, serta pasar uang. Biaya registrasinya juga gratis dan bisa dilakukan secara daring.

Investasi dapat dilakukan mulai dari RP 10.000 saja. Hal ini sangat memudahkan para pemula serta trader yang terhambat jumlah modal. Pembayarannya pun cepat dengan penarikan uang kapan saja tanpa penalti.

3. RTI Business

Daftar aplikasi trading legal yang ketiga adalah RTI Business. Aplikasi tersebut membantu investor untuk menganalisis saham dengan data yang ada. RTI Business memang sudah dikenal lama menjadi andalan penyedia informasi tentang saham.

Aplikasi yang didirikan oleh pihak Kontan ini menyediakan informasi atau berita yang bisa dibilang cukup lengkap. Misalnya price quotes, kondisi dan berita terbaru tentang pasar modal, kinerja perusahaan, serta keputusan perusahaan.

Selain karena informasinya, RTI Business juga memiliki kelebihan dari salah satu fiturnya. Jenis fitur yang dimaksud ialah simulasi untuk trading saham. Hal ini menjadikan para trader lebih mengerti bagaimana cara berinvestasi di platform tersebut.

4. Ajaib

Dibandingkan platform lain, Ajaib memiliki fee broker yang lebih murah. Aplikasinya mudah dipahami untuk trader pemula dan menyediakan rekomendasi produk bagi trader lama. Karena itulah penggunaan Ajaib semakin disukai belakangan ini.

Platform saham tersebut ada di bawah naungan PT. Ajaib Sekuritas serta Takjub Teknologi Indonesia. Ajaib sudah cukup lama didirikan, yakni mulai tahun 1989. Selain mudah, keamanan platform juga terjamin karena telah terdaftar OJK.

Aplikasi Ajaib memiliki beragam fitur yang membantu memudahkan proses trading. Seperti contoh Real-time Update, Chart, Competitive Ranking, Ajaib Alert, serta New Highlight. APlikasi dapat diunduh baik di marketplace IOS ataupun Android.

5. Tanamduit.

Rekomendasi aplikasi trading aman yang terakhir yakni bernama Tanamduit. Platform ini membantu pengguna dalam berinvestasi reksa dana, emas, hingga SBN atau surat berharga negara.

Tanamduit sangat memudahkan trader dalam berinvestasi dengan konten-konten yang diunggahnya. Konten tersebut diunggah Tanamduit melalui akun YouTube resminya. Jadi baik pengguna platform yang sudah mulai berinvestasi maupun calon trader dapat menontonnya secara gratis.

Para trader juga bisa terbantu dengan fitur unggulan yang dimiliki Tanamduit. Fitur tersebut bernama One View Portofolio dan memiliki fungsi untuk menunjukkan pergerakan investasi.

Itulah lima aplikasi trading legal yang sudah didaftarkan di OJK. Apabila ingin berinvestasi, segeralah unduh salah satu di antaranya. Jangan sampai memakai aplikasi ilegal yang semua kegiatannya tidak diawasi dengan baik.