Thursday , July 25 2024

Cara Memilih Saham untuk Trading Harian, Tepat dan Menguntungkan

Trading memang banyak dijalankan orang saat ini, namun hingga saat ini masih ada yang belum tahu akan cara memilih saham untuk trading harian. Pasalnya, selama ini banyak sekali orang yang masih menggunakan trading jangka panjang.

Padahal trading jangka pendek seperti harian lebih menguntungkan dan memudahkan para trader. Hal itu dikarenakan kerugian dari trading harian tidak akan sebesar seperti jangka panjang. JIka ingin lebih jelas, maka pembaca bisa simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Trading Saham Harian

Mungkin yang di luaran sana masih ada orang yang belum tahu atau paham akan apa itu trading saham harian. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang trading saham harian itu sendiri.

Perlu pembaca ketahui jika trading saham harian ini maksudnya yaitu melakukan suatu kegiatan jual beli saham atau surat perusahaan. Namun kegiatan jual beli ini dilakukan secara online melalui suatu platform yang tersedia dengan mengandalkan fluktuasi pasar saham.

Melalui trading saham harian ini pembaca bisa mendapatkan penambahan aset keuangan selain dari pekerjaan yang sedang ditekuni. Sebenarnya trading saham ini sudah banyak dilakukan oleh orang diluaran sana. 

Namun yang selama ini melakukan trading ini masih kebanyakan dari kalangan karyawan, pengusaha atau bahkan anak kuliahan. Pembaca akan jarang sekali menemukan masyarakat biasa melakukan trading. Hal itu dikarenakan ketika pahaman tadi tentang trading.

Cara Memilih Saham untuk Trading Harian

Setelah pembaca mengetahui apa itu trading saham harian, maka perlu juga untuk memahami cara memilihnya. Hal itu dikarenakan butuh perhatian dan kewaspadaan ekstra jika ingin mendapatkan saham yang menghasilkan keuntungan setiap harinya.

Adapun cara untuk memilih saham jika ingin melakukan trading harian dan mendapatkan keuntungan yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan Likuiditas Tinggi

Pembaca harus memilih saham yang memiliki likuiditas tinggi jika ingin melakukan trading harian. Hal itu dikarenakan saham yang memiliki likuiditas yang tinggi memungkinkan pembaca untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu, saham yang memiliki likuiditas tinggi juga tidak akan mempengaruhi pergerakan gerakan harga secara signifikan. Oleh karenanya, pembaca perlu memilih saham dengan likuiditas tinggi ini ketika ingin melakukan trading harian, sebab membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu. 

2. Perhatikan Pergerakan Harga

Cara memilih saham untuk trading harian selanjutnya yaitu pembaca harus selalu memperhatikan pergerakan harga. Pengaruh pergerakan harga ini cukup tinggi untuk melakukan trading harian. Hal itu dikarenakan semakin tinggi volatilitas harga maka resiko yang didapat juga cukup berat.

Jadi pembaca haruslah tetap waspada jika memilih saham yang memiliki volatilitas yang cukup tinggi sehari-harinya. Pembaca bisa memanfaatkan candlestick untuk membantu dalam mengamati pergerakan harga saham yang terjadi setiap harinya.

3. Perhatikan Grafik Saham

Selain kedua cara diatas yang perlu menjadi perhatian pembaca dalam memilih saham, ada juga grafik yang butuh pengamatan. Jika pembaca ingin melakukan trading harian, maka amati grafiknya. Bila grafik suatu saham mudah untuk dianalisis, maka pembaca bisa memilihnya.

Hal itu dikarenakan saham yang bisa dianalisis dengan teknikal akan lebih mudah dalam memperoleh keuntungan. Oleh karenanya pembaca sebagai trader perlu menjauhi atau menghindari saham yang sulit untuk diamati grafiknya.

4. Perhatikan Perbandingan Saham dengan Indeks

Cara terakhir jika ingin memilih saham harian yaitu pembaca harus bisa memperhatikan perbandingannya. Dimana pembaca bisa membedakan saham harian yang dipilih dan IHSG atau kepanjangannya yaitu Indeks Harga Saham Gabungan..

Perlu pembaca ketahui jika selama ini banyak trader yang lebih memilih saham yang berada di korelasi menengah. Hal itu dikarenakan saham yang memiliki korelasi tersebut lebih cenderung memberikan indeks yang tinggi dengan jumlah 2% dibanding dengan yang lain.

Demikianlah diatas tadi pembahasan mengenai cara memilih saham untuk trading harian. Dimana hal itu perlu pembaca ketahui. Jadi jika ingin terjun kedua para trader, pembaca perlu berhati-hati dan memperhatikan 4 hal diatas jika memilih trading harian.