Saturday , March 2 2024

Inilah Aplikasi Yang Masuk Daftar Trading Resmi OJK

Trading merupakan kegiatan jual beli saham dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. Maka dari itu penting untuk mengetahui daftar trading resmi OJK. Tentunya agar pengguna tidak salah pilih dan terhindar dari berbagai macam bentuk investasi bodong.

Dahulu, untuk menjual atau membeli saham dilakukan secara tradisional, yaitu melalui pialang untuk dapat membeli saham. Namun sekarang tidak, di zaman serba digital ini telah tersedia banyak aplikasinya. Berikut beberapa contoh aplikasi resmi berizin OJK.

1. Ajaib

Aplikasi pertama yang masuk daftar trading resmi OJK adalah Ajaib. Aplikasi yang rilis tahun 2019 ini telah resmi mengantongi izin dari OJK. Sehingga membuatnya menjadi aplikasi yang aman untuk jual beli saham (trading).

Dalam Ajaib, pengguna akan memiliki pilihan reksa dana yang terbaik serta platform trading saham yang bersifat real time. Di sana juga tidak mengharuskan pengguna untuk setoran awal, sehingga cocok bagi yang baru mencoba investasi saham.

2. MOST Mandiri.

Aplikasi trading resmi berikutnya adalah MOST Mandiri. Aplikasi ini merupakan salah satu dari beberapa broker saham yang terbesar di Indonesia. Juga pengguna tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini merupakan milik Bank Mandiri yang terjamin keamanannya.

MOST Mandiri menyediakan pendaftaran bagi calon pengguna secara online, sehingga sangat memudahkan dalam prosesnya. Kemudian Bank Mandiri juga menyediakan pelatihan untuk investor secara offline ataupun online, hal itu sebagai bentuk kepedulian serta dukungan yang positif.

3. IPOT

IPOT merupakan singkatan dari Indo Premier Online Technology. Aplikasi ini dibuat oleh PT Indo Premier Sekuritas dengan tujuan untuk memfasilitasi investasi saham, ETF, dan reksa. IPOT juga akan menyediakan fitur yang lengkap pada kelasnya.

Salah satu fitur andalan dalam aplikasinya adalah Fund Evaluator dan Robo Trading yang dapat menjalankan instruksi dari pengguna secara otomatis. Nantinya pengguna dapat memberi instruksi untuk order pada saham dengan harga yang telah ditentukan.

4. Bibit

Bibit merupakan aplikasi reksa dana dan saham untuk para investor pemula. Dalam memulainya, pengguna dapat menggunakan fitur Robo Advisor dan Rebalancing otomatis untuk membantu pengguna dalam berinvestasi. Ini yang membuat Bibit sangat cocok bagi pemula.

Selain itu juga terdapat kelebihan lainnya seperti pengguna bebas dari fee jual, fee beli, dan dee saat switch reksa dana. Mungkin pengguna hanya diminta biaya pada rekening yang digunakan untuk menyimpan dana setelahnya.

5. Bions

Aplikasi ini merupakan buatan Bank BNI untuk para penggunanya yang hendak melakukan trading. Untuk keamanannya jelas terjamin, karena Bions merupakan aplikasi resmi turunan Bank BNI. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Aplikasi ini juga mempunyai tampilan yang ramah dan menarik untuk investor pemula. Terdapat akun trial bagi yang ingin mencoba belajar dan tanpa harus mengeluarkan uang. Juga terdapat fitur lainnya seperti Watchlist, Automatic Order, dan Research.

6. Poems ID

Aplikasi trading dan reksa dana ini dibuat oleh PT Philips Sekuritas Indonesia. Poems ID juga dapat digunakan pengguna untuk memantau pergerakan saham milik perusahaan secara real time. Sangatlah multifungsi, bukan?

Di awal, pengguna akan disarankan untuk memberikan uang deposit dengan jumal minimal 5 ribu. Aplikasi ini telah masuk pada bursa efek Indonesia serta sudah menjadi perantara banyak transaksi dalam pembelian saham.

Itulah daftar trading resmi OJK. Silahkan pengguna pilih mau memakai yang mana sesuai selera. Gunakanlah beberapa aplikasi di atas jika ingin mencoba jual beli saham serta tinggalkan jauh-jauh aplikasi trading yang tidak berizin OJK (ilegal).