Sunday , March 3 2024

Mengenal Trading View Saham untuk Pemula

Untuk menganalisa pergerakan pasar saham, pemilik saham dapat menggunakan situs chart saham untuk analisis teknikal. Trading view saham adalah salah satu dari banyak situs chart gratis dan terbaik yang ada. 

Apa Itu Tradingview Saham?

Trading view saham merupakan sebuah platform trading yang menyajikan informasi berupa chart harga aset kripto. Tradingview menggabungkan berbagai fitur untuk trading seperti peringatan lintas platform, real time chart, indikator teknis dan jejaring sosial.

Semua layanan tradingview saham dapat diakses melalui website, tablet, aplikasi desktop maupun aplikasi seluler. Tradingview saham banyak dimanfaatkan untuk mengambil keputusan dan strategi trading yang mendalam.

Pada saat pengguna menampilkan grafik saham tertentu, pengguna dapat melihat berita yang relevan dengan aset tersebut melalui platform tradingview ini. Selain itu, pengguna tradingview dapat menikmati chat room publik yang dirancang untuk komunitas.

Cara Kerja Tradingview Saham

Sebenarnya, cara kerja tradingview cukup mudah untuk dipahami oleh pemula. Platform ini menawarkan berbagai informasi pasar secara lengkap dan bisa investor temukan tepat di halaman utama.

Pada bagian atas menu terdapat ticker untuk menunjukkan trading pair, seperti ETH/USD, USD/EUR, BTC/USD. Investor juga dapat mencari stok dan filter apapun melalui tools trading ideas, ticker, scripts, people ataupun educational ideas.

Tradingview juga menyediakan tempat untuk trader satu dengan trader yang lain saling berkomunikasi dan bertukar pendapat. Selain itu, platform tradingview juga tersedia secara gratis dan mudah untuk digunakan bahkan untuk  pemula.

Saat investor mendaftar untuk mendapatkan akun tradingview gratis, maka trader akan memiliki akses ke komunitas tradingview. Berbagai fitur grafik dasar dapat trader temukan di tradingview, untuk dapat membuat indikator pasar.

Jenis Toolbar di Tradingview Saham

Setelah mengetahui ulasan singkat serta cara kerja tradingview saham, baiknya trader juga paham fungsi dari toolbar yang disediakan tradingview. Berikut fungsi serta fitur dari berbagai toolbar yang ada di tradingview:

1. Toolbar Kiri

Pada tradingview saham toolbar paling kiri berisikan tentang seluruh indikator teknis yang dapat diplot pada grafik. Pada toolbar ini juga ada indikator prediksi harga, garis tren paling sederhana dan yang lain.

Selain instrumen indikator prediksi harga, pada toolbar ini tradingview juga menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu tradernya lebih mudah dalam menandai grafik. Seperti fitur ikon, stabilo dan fitur yang lain.

Berbagai fitur tersebut tentu akan sangat membantu trader dalam membuat keputusan trading atau investasi yang tepat. Selain itu, dapat juga membantu memvisualisasikan pemikiran trader mengenai kondisi pasar yang dapat bagikan dengan komunitas tradingview.

2. Toolbar Atas

Pada toolbar atas tradingview menyajikan fitur kemampuan untuk beralih jenis grafik dan berbagai overlay. Trader juga dapat menggunakannya untuk membandingkan kinerja aset satu dengan aset yang lain.

Pada toolbar ini juga terdapat grafik candlestick yang dapat digunakan untuk memperdagangkan aset yang dipilih. Selain itu, ada juga opsi paper trading melalui pialang yang dapat diverifikasi trader sebagai pengguna.

Paper trading sendiri merupakan simulasi real time trading dengan uang hipotesis untuk menguji strategi dengan tanpa resiko. Fitur yang ada pada panel ini juga memberikan opsi strategi trading backtesting.

3. Toolbar Kanan

Pada toolbar kanan tradingview, trader akan menemukan berbagai jaringan sosial tradingview. Pada toolbar ini, trader dapat menemukan berita yang relevan dengan aset yang trader pilih, chat room publik dan pribadi, watchlist dan banyak lagi yang lain.

Itu dia ulasan tentang trading view saham, yang sangat berguna untuk mengetahui perkembangan saham yang dimiliki. Akses yang mudah menjadikan website tradingview banyak disukai investor, bahkan investor pemula sekalipun.