Monday , May 27 2024

Aplikasi untuk Mengetik dengan Suara

Mengetik di perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop memang sudah menjadi hal yang sangat umum dilakukan oleh banyak orang. Namun, ada kalanya kita merasa lelah atau malas mengetik, terutama jika harus mengetik dengan jumlah kata yang banyak. Nah, untuk mempermudah proses mengetik tersebut, kini sudah tersedia berbagai aplikasi untuk mengetik dengan suara. Dengan cara ini, kita hanya perlu berbicara dan aplikasi akan menuliskan apa yang kita ucapkan secara otomatis.

Apa Saja Aplikasi untuk Mengetik dengan Suara yang Tersedia?

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi untuk mengetik dengan suara yang bisa kita gunakan. Beberapa di antaranya adalah Google Docs Voice Typing, SpeechTexter, Dragon Anywhere, Otter Voice Meeting Notes, hingga Voice Notebook. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kebutuhan dan preferensi pengguna.

Google Docs Voice Typing

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan adalah Google Docs Voice Typing. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh Google dan bisa digunakan secara gratis. Google Docs Voice Typing memungkinkan kita untuk mengetik dokumen atau teks dengan menggunakan suara. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengenalan suara yang cukup baik, sehingga teks yang dihasilkan cukup akurat. Selain itu, Google Docs Voice Typing juga dapat digunakan untuk mengontrol perangkat, seperti membuka aplikasi atau menyalakan lampu.

SpeechTexter

Aplikasi selanjutnya adalah SpeechTexter. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis, dan dapat mengenali suara dengan cukup baik. SpeechTexter juga dilengkapi dengan fitur penerjemah, sehingga kita bisa mengetik dalam bahasa apa pun yang kita inginkan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengenali suara dalam bahasa Indonesia dengan cukup baik.

Dragon Anywhere

Dragon Anywhere adalah aplikasi untuk mengetik dengan suara yang cukup populer. Aplikasi ini tidak gratis, namun memiliki fitur yang cukup lengkap dan akurat. Dragon Anywhere dapat mengenali suara dengan baik, bahkan ketika kita berbicara dengan kecepatan yang tinggi. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengontrol perangkat, seperti membuka aplikasi atau mengirim pesan teks.

Otter Voice Meeting Notes

Aplikasi ini dikembangkan khusus untuk keperluan rapat atau pertemuan bisnis. Otter Voice Meeting Notes dapat merekam suara dari rapat atau pertemuan, dan mengubahnya menjadi teks secara otomatis. Aplikasi ini juga dapat mengenali suara dengan cukup baik, sehingga teks yang dihasilkan cukup akurat. Selain itu, Otter Voice Meeting Notes juga dilengkapi dengan fitur pengeditan teks, sehingga kita bisa mengedit teks yang sudah dihasilkan.

Voice Notebook

Aplikasi terakhir yang bisa kita gunakan adalah Voice Notebook. Aplikasi ini juga gratis, dan dapat mengenali suara dengan cukup baik. Voice Notebook dapat digunakan untuk mengetik dokumen atau teks dalam bahasa apa pun yang kita inginkan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan teks, sehingga kita bisa mengedit teks yang sudah dihasilkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi untuk mengetik dengan suara yang bisa kita gunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengetik dengan lebih cepat dan mudah, tanpa perlu lelah mengetik dengan jari. Namun, tentunya kita harus memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam memilih aplikasi untuk mengetik dengan suara.