Masih Bingung Apa Bedanya? Perbedaan Earphone, Handsfree, Headphone, dan Headset

Perbedaan earphone handfree
Perbedaan earphone handfree

Majalahgadget.net – Hi pembaca setia, seringkali kita menyebut aksesori gadget yang berfungsi untuk mendengarkan audio dengan sebutan headset. Entah bagaimanapun bentuknya, seringkali disebut headset. Apakah pembaca juga begitu? Tahukah Anda jika perangkat yang sering disebut sebagai “headset” memiliki istilah penyebutan yang berbeda (earphone, handsfree, headphone, dan headset) tergantung dengan fitur yang disediakannya. Jadi, apa saja perbedaan earphone, handsfree, headphone, dan headset ? Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Earphone, Handsfree, Headphone, dan Headset

Earphone

 perbedaan earphone, handsfree, headphone, dan headset
Earphone

Earphone berukuran kecil dan penggunaannya cukup dimasukkan ke dalam telinga. Perangkat ini sangat praktis karena mudah dibawa kemanapun sehingga sering digunakan untuk perangkat mobile.

Handsfree

Handsfree kabel dan nirkabel
Handsfree kabel dan nirkabel

Handsfree adalah earphone yang dilengkapi dengan mikrofon dan tombol fungsi. Handsfree sering digunakan oleh pengguna yang ingin berkomunikasi tetapi sibuk melakukan aktivitas sehingga tidak bisa memegang gadget-nya. Tombol fungsi pada handsfree berguna untuk menaikkan/menurunkan volume, menerima/memutus panggilan, dan memainkan/menghentikan audio (musik/video) yang didengar.

Headphone

image 5
Headphone nirkabel

Headphone memiliki dua buah speaker yang terpasang menutupi telinga yang disambung dengan bando untuk diletakkan di kepala. Dikarenakan didesain hanya untuk mendengar audio saja, sehingga kualitas suara headphone (kebanyakan) bagus. Headphone terdiri atas dua jenis, yaitu headphone open-back dan close-back.

Headphone open-back memiliki desain housing yang terbuka atau terdapat lubang yang mengalirkan gelombang suara dari speaker. Desain yang terbuka membuat suara bocor keluar sehingga memungkinkan didengarkan oleh orang sekitar.

Untuk jenis headphone close-back lebih sering dipakai karena housing-nya tertutup. Suara di luar mampu diredam oleh headphone ini. Pengguna tidak perlu khawatir suara akan bocor. Selain itu, suara bassnya lebih terasa.

Baca Juga:  Review SoundMagic E11D Handsfree dengan Konektivitas USB Type-C

Headset

image 6
Headset Kabel

Headset merupakan headphone yang dilengkapi mikrofon sehingga bisa juga untuk komunikasi. Headset seringkali digunakan untuk komunikasi virtual seperti panggilan video atau aktivitas gaming.

Itulah perbedaan earphone, handsfree, headphone, dan headset. Semoga Anda tidak salah sebut lagi ya 🙂

Saya ingin mendapatkan informasi dan berita terbaru
Dismiss
Allow Notifications