Saturday , April 20 2024

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk HP dari Barang Bekas

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk HP dari Barang Bekas

Jaringan internet adalah hal penting di zaman modern ini. Dengan begitu masyarakat bisa mengakses banyak informasi dengan lebih cepat. Namun terkadang ada beberapa daerah yang tidak mendukung sinyal sim operator sehingga membutuhkan cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk HP.

cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk HP
cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk HP

Berbagai Alat Bantuan Penangkap Sinyal Wifi untuk HP

Ada banyak alat bantuan yang bisa Anda gunakan untuk bantu menangkap sinyal wifi. Tentu saja ini sangat berguna ketika sedang berada di daerah yang minim sinyal internet. Melalui sinyal internet yang mudah dan kencang tentu akan membuat pengalaman berinternet menjadi lebih menyenangkan.

Amplifier Repeater

Jika pemilik smartphone menginginkan penangkap sinyal wifi jarak jauh yang sederhana maka bisa menggunakan ampli. Pada dasarnya barang yang juga terkenal sebagai ampli ini berfungsi meningkatkan sinyal. Masyarakat biasa menggunakannya untuk memperbaiki sinyal audio dengan hasil suara lebih baik.

Amplifier Repeater
Amplifier Repeater

Walaupun demikian, ampli juga bisa berfungsi dengan baik untuk meningkatkan sinyal wifi. Cara kerjanya sama, ada sinyal mask dan kemudian melalui proses sehingga menghasilkan sinyal yang lebih kuat. Untuk mendapatkan produk bagus, Anda bisa memilih Booster Amplifier Repeater 900 Mhz EU PLUG.

USB Wireless Adapter

Jika Anda memiliki laptop atau pc maka bisa menggunakan USB Wireless Adapter. Alat ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas sinyal wifi. Kemudian laptop atau pc menggunakan sinyal itu dan membagikannya ke perangkat lain seperti smartphone melalui fitur hotspot.

USB Wireless Adapter
USB Wireless Adapter

Ketika komputer atau laptop sudah menerima sinyal wifi yang bagus maka hasil hotspotnya juga demikian. Namun benda ini tentu memiliki kekurangan yaitu dapat mempengaruhi masa pakai baterai laptop. Terlebih lagi jika pc atau laptop menyala selama 24 jam penuh untuk menyediakan hotspot.

Antena TP Link

Anda bisa menggunakan antena TP link untuk membantu meningkatkan sinyal wifi dan memancarkannya lebih luas. Masyarakat bisa menemukan alat ini dengan bebas di berbagai toko elektronik. Jika ingin lebih efisien dan hemat tenaga maka bisa mencarinya melalui marketplace atau belanja online.

Antena TP Link
Antena TP Link

Keuntungan menggunakan antena TP link adalah bisa menangkap sinyal wifi yang lebih jauh dan  memancarkannya kembali dengan lebih kuat. Hasil pancaran sinyalnya juga lebih bagus sehingga bisa berguna untuk keluarga di rumah.

Bantuan Alat Berupa Aplikasi

Cara satu ini bisa Anda lakukan bilamana ingin menghemat pengeluaran namun membutuhkan pengaut sinyal wifi. Gunakanlah aplikasi sederhana yang tersedia gratis di playstore atau appstore. Melalui aplikasi ini maka perangkat bisa mengolah sinya wifi yang jauh untuk konsumsi pribadi.

Bantuan Alat Berupa Aplikasi
Bantuan Alat Berupa Aplikasi

Pengguna perlu memperhatikan bahwa cara kerja dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan rekomendasi alat lainnya. Namun memang pengembang aplikasi membuatnya menjadi lebih sederhana dan menyesuaikan dengan kemampuan smartphone. Jadi wajar saja bila tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk HP

Jika diantara rekomendasi alat bantuan dan aplikasi yang disarankan tidak cocok maka Anda bisa membuat alatnya sendiri. Membuat alat sendiri tentu jawaban paling benar ketika ingin mendapatkan pancaran sinyal maksimal namun dengan harga murah. Berikut cara yang bisa Anda ikuti di rumah.

Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk HP
Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk HP

Siapkan Bahan Untuk Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi

Membuat alat penangkap sinyal wifi sederhana ternyata bisa menggunakan barang bekas. Dengan pemiliknya bisa sekaligus membersihkan rumah dari botol plastik atau seng bekas. Ya, alat penangkap sinyal ini bisa menggunakan seng bekas atau botol plastik. Untuk lebih lengkapnya mari simak beberapa alat yang perlu Anda siapkan di sini.

  • Botol bekas, dari plastik atau kaleng
  • Spidol
  • Alumunium foil
Alumunium foil
Alumunium foil
  • Lem

Dalam pembuatannya, pemilik rumah harus menggunakan aluminium foil. Bahan satu ini berfungsi sebagai oemantuk sinyal sehingga bisa menyebarkan koneksi wifi ke wilayah yang lebih luas. Cara kerjanya sama dengan router wifi namun memang ini lebih sederhana.

  1. Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Untuk HP

Ketika semua bahan sudah terkumpul maka kini waktunya mengetahui cara membuat alat penangkap sinya wifi jarak jauh untuk HP. Langkah yang akan Anda lakukan cukup mudah, hanya melibatkan kegiatan menggambar, menggunting, dan menyusun berbagai komponen.

  • Gambar pola potongan pada botol menggunakan spidol
  • Buat pola menyerupai gambar berikut, perhatikan ukurannya karena harus ideal
pola Alat Penangkap Sinyal Wifi
pola Alat Penangkap Sinyal Wifi
  • Potong pola tersebut dengan rapi dan simteris
  • Jangan membuat potongan menjsdi lebih kecil atau tidak simetris
  • Lakukan hal serupa pada alumunium foil, bentuk sesuai pola botol tadi
  • Tempelkan alumunium foil menggunakan lem pada lapisan botol
  • Buat lubang pada tengah tengah tutup botol sebagai trmpat antena wireless
  • Masukkan antena wireless hinggi dikelilingi oleh lapisan alumunium foil dan botol
antena wireless hinggi dikelilingi oleh lapisan alumunium foil dan botol
antena wireless hinggi dikelilingi oleh lapisan alumunium foil dan botol

Jika sudah melalui rangkaian cara ini maka Anda bisa mengatasinya. Apakah jaringan wifi menjadi lebih bagus atau tidak. Jika tidak maka kemungkinan ada beberapa kesalahan pada saat proses pembuatan. Misalnya seperti posisi antena yang tidak simetris atau lainnya.

Itulah cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk HP yang bisa banyak orang ikuti dengan mudah. Bahan atau alatnya pun sederhana, tidak perlu membeli barang baru. Hasilnya juga membuat sinyal wifi lebih maksimal sehingga meningkatkan pengalaman berinternet.

hasil maksimal Penangkap Sinyal Wifi Untuk HP

Produk buatan rumah ini juga bisa Anda perjual belikan kepada tetangga atau teman. Katakanlah bahwa melalui alat sederhana, sinyal wifi bisa menjadi lebih kencang dan terkumpul dalam satu area. Dengan begitu maka sebagai pemilik barang pertama dapat membuka kesempatan bisnis baru.