Windows 11 Resmi Meluncur! Cek Spesifikasi PC/Laptop Untuk Menginstallnya

Tampilan Windows 11
Tampilan Windows 11

Majalahgadget.net – Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 11 ke publik tanggal 24 Juni 2021. Dalam rilis resmi blognya, Microsoft mengatakan bahwa sistem operasi penerus Windows 10 tersebut akan mulai bisa di-download oleh publik pada musim liburan tahun ini, di bulan November atau Desember, rilis akan berlanjut hingga tahun 2022.

Fitur Baru Windows 11

Sekilas tentang Windows 11, sistem operasi teranyar ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih fresh dari generasi OS sebelumnya. Fitur seperti manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android turut dihadirkan di OS Windows terbaru ini.

Widget di Windows 11
Widget di Windows 11

Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian antarmuka, khususnya pada taskbar dan menu Start. Berbeda dari versi sebelumnya, kedua menu tersebut kini secara default tidak lagi berada di samping kiri, melainkan bergeser ke sisi tengah seperti di tampilan dock sistem opersi MacOS Apple. Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih sama yaitu berada di sisi kanan taskbar.

Soal tampilan UI, Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang terlihat segar. Ini merupakan salah satu perubahan lainnya yang terlihat di Windows 11. Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android seperti sosial media dan game akan tersedia di Windows Store dan bisa berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, hasil kerja sama antara Microsoft dan Amazon App Store.

Aplikasi Android di Windows 11
Aplikasi Android di Windows 11

Spesifikasi Hardware

Untuk bisa menjalankan Windows 11, komputer harus memiliki prosesor 64-bit dengan minimal dua core CPU berkecepatan 1 GHz, RAM 4GB, media penyimpanan minimum 64GB, pengolah grafik yang mendukung DirectX 12 dan sudah terintegrasi modul TPM 2. Spesifikasi minimum hardware untuk bisa menjalankan Windows 11 adalah sebagai berikut:

  • CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz
  • RAM: 4 GB Storage: 64 GB
  • System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0
  • Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel
  • Syarat lainnya: Koneksi internet dan akun Microsoft.

Bagi Anda yang berminat menginstall Windows 11, Anda bisa melakukan cek spesifikasi komputer Anda menggunakan aplikasi PC Health Check dari Microsoft. Jika komputer Anda memenuhi spesifikasi hardware minimum, maka komputer Anda dapat menjalankan sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut tanpa kendala ketika update resmi sudah tersedia.

Program Windows Insider

Untuk menikmati rilis lebih awal, Anda dapat bergabung dalam program Windows Insider yang bertujuan untuk keperluan pengujian sistem operasi terbaru Microsoft sebelum dirilis ke publik. Pengguna yang telah bergabung dalam Windows Insider akan mendapatkan update Windows 11 mulai pekan depan di channel rilis Windows Insider.

Channel Rilis Windows 11 Insider Program
Channel Rilis Windows 11 Insider Program

Rilis tahap pengujian Window 11 Insider masih belum final sehingga wajar jika saat menjalankan OS masih ada beberapa bug. Microsoft juga masih menerima feedback dari peserta Windows Insider untuk penyempurnaan Windows 11 sebelum dirilis resmi ke publik akhir tahun ini.

Wahyudi Eko
Menulis dan berbagi
Majalah Gadget Saya ingin mendapatkan informasi dan berita terbaru
Dismiss
Allow Notifications