Wednesday , June 26 2024

Mempelajari Tentang Lintang Negara Paling Utara Berikut Penjelasannya

Soal : Garis lintang negara paling utara di asean

Jawaban : 

  • Jawaban pendek:

Garis lintang negara paling utara di ASEAN adalah 28 derajat 32′ Lintang Utara di sungai Irawady, Myanmar.

Garis lintang negara paling selatan di ASEAN 11 derajat Lintang Selatan di Pulau Rote, Indonesia.

Garis bujur negara paling barat di ASEAN adalah 92 derajat 15′ Bujur Timur di perbatasan Bangladesh dan Myanmar

Garis bujur negara paling timur di ASEAN adalah 141 Bujur Timur di perbatasan provinsi Papua, Indonesia dan Papua Nugini.

  • Jawaban panjang:

Myanmar, negara yang beribukota di Naypidaw ini adalah negara paling barat sekaligus paling utara di ASEAN.

Titik paling utara negara Myanmar terletak pada negara bagian Kachin, tepatnya pada lembah sungai Irrawaddy, pada 28 derajat° 32′ Lintang Utara. Pada titik ini Myanmar berbatasan dengan China di utara.

Sementara itu titik paling barat negara Myanmar terletak pada negara bagian Rakhine, di perbatasan Bangladesh di barat. Titik ini terletak pada 92 derajat° 15′ Bujur Timur.

Sementara itu negara paling timur dan selatan ASEAN adalah Indonesia sendiri.

Titik paling timur Indonesia terletak di pulau Papua, di perbatasan antara provinsi Papua dan negara Papua New Guinea, yang ditarik mengikuti garis 141 derajat Bujur Timur.

Titik paling selatan Indonesia adalah pada Pulau Pamana dan Pulau Rote, di kabupaten Rote Ndao, provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau-pulau ini terletak repat pada 11 derajat Lintang Selatan. Pulau-pulau ini terletak pada Samudera Hindia dan berdekatan dengan pantai utara Australia.

Posisi lintang yang berdekatan dengan Khatulistiwa ini membuat seluruh ASEAN berada pada daerah tropis.

Tentang Lintang Negara Paling Utara

Indonesia memiliki banyak pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah paling utara Indonesia. Salah satu wilayah paling utara di Indonesia adalah Lintang Negara Paling Utara, yang terletak di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Miangas adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah utara Indonesia, dekat dengan perbatasan Filipina. Pulau ini memiliki luas sekitar 2,8 km² dan hanya dihuni oleh sekitar 134 orang. Wilayah Lintang Negara Paling Utara sendiri merupakan titik terutara Indonesia yang berada pada 4°45’53” Lintang Utara.

Meskipun wilayah Lintang Negara Paling Utara terletak di wilayah yang terpencil dan sulit dijangkau, namun wilayah ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, seperti hasil bumi, perikanan, dan keindahan alam yang menakjubkan.

Dalam mengembangkan potensi sumber daya alam di wilayah Lintang Negara Paling Utara, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya, seperti membangun infrastruktur, seperti jalan dan pelabuhan, serta memberikan bantuan untuk memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, perlu diakui bahwa aksesibilitas ke wilayah Lintang Negara Paling Utara masih terbilang sulit dan terbatas. Jarak yang jauh dan medannya yang sulit, membuat aksesibilitas ke wilayah ini masih sangat terbatas dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Lintang Negara Paling Utara yang terletak di Pulau Miangas, Sulawesi Utara, adalah titik terutara Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Meskipun aksesibilitas ke wilayah ini masih terbilang sulit, namun pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di wilayah ini serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan memperhatikan dan memanfaatkan potensi yang dimiliki, diharapkan wilayah Lintang Negara Paling Utara dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Indonesia.