Tuesday , July 16 2024

Yuk Simak!! Tentang Pengertian Dasar Negara Adalah

Soal : Jelaskan pengertian dasar negara

Jawaban : Pengertian dari dasar negara ialah landasan dalam suatu negara guna menjalankan dan melaksanakan kehidupan masyarakat di berbagai bidang. Dasar Negara juga bermakna sebagai pedoman dasar dan cita – cita bangsa dalam mengatur kehidupan ketatanegaraan yang mencakup segala kehidupan bermasyarakat.

Negara Indonesia memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Merupakan hasil gagasan dari Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila sendiri bermakna sangat dalam bagi bangsa Indonesia, selain sebagai cita – cita bangsa, pancasila juga berfungsi sebagai pemersatu antar umat bangsa dan sebagai pedoman rakyatnya dalam menjalankan aktivitas sehari – hari diberbagai bidang.

Tentang Pengertian Dasar Negara

Dasar Negara merupakan prinsip-prinsip dan landasan yang menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan suatu negara. Prinsip-prinsip yang terkandung dalam Dasar Negara menjadi pegangan dan acuan bagi penyelenggaraan negara, baik dalam bentuk penyusunan undang-undang maupun kebijakan-kebijakan pemerintah.

Setiap negara memiliki Dasar Negara yang berbeda-beda, tergantung pada sejarah, kebudayaan, dan pandangan politik masyarakatnya. Di Indonesia, Dasar Negara tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dasar Negara Indonesia terdiri dari empat unsur, yaitu:

  1. Kebangsaan, yang berarti Indonesia sebagai negara bangsa yang berdasarkan pada satu kesatuan bangsa, yakni bangsa Indonesia.
  2. Demokrasi, yang berarti Indonesia menganut sistem pemerintahan yang demokratis, yaitu berdasarkan pada kedaulatan rakyat.
  3. Kerakyatan, yang berarti pemerintahan Indonesia dijalankan dengan prinsip-prinsip demokrasi yang menempatkan rakyat sebagai subjek utama.
  4. Keadilan sosial, yang berarti pemerintahan Indonesia harus mampu menjamin keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk dalam hal pembagian sumber daya dan kekayaan negara.

Dasar Negara juga berperan penting dalam menentukan bentuk pemerintahan suatu negara, baik itu republik atau monarki. Selain itu, Dasar Negara juga memengaruhi dalam pembentukan lembaga-lembaga negara dan penentuan hak dan kewajiban warga negara.

Secara umum, Dasar Negara berfungsi sebagai acuan utama dalam pembentukan hukum dan kebijakan pemerintah. Dalam hal ini, Dasar Negara berperan penting dalam menentukan arah dan tujuan pembangunan nasional. Selain itu, Dasar Negara juga dapat menjadi pedoman dalam mengatur hubungan antara pemerintah dan rakyat serta dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Dasar Negara merupakan prinsip-prinsip dan landasan yang menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan suatu negara. Setiap negara memiliki Dasar Negara yang berbeda-beda, dan Dasar Negara berperan penting dalam menentukan arah dan tujuan pembangunan nasional serta dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa.