Review Oppo Reno 6 5G: Desain Keren, Baterai Kuat dan Harga

reno6 5g design stellarblack
reno6 5g design stellarblack

Oppo selain fokus pada segmen low end, perusahaan ini juga memberikan perhatian yang sama pada smartphone kelas menengah karena Oppo telah meluncurkan smartphone seri Reno baru di Indonesia beberapa waktu lalu.

Oppo meluncurkan seri Reno 6 di tanah air yang menggantikan seri Reno 5 yang diluncurkan enam bulan sebelumnya. Seri Reno baru ini terdiri dari Oppo Reno 6 Pro 5G dan Oppo Reno 6 5G yang lebih terjangkau harganya. Kami akan mengulas smartphone kelas menengah yang terjangkau dari Oppo yaitu Reno 6 5G. Dibanderol dengan harga Rp 7.990.000, smartphone berpenampilan elegan dari Oppo ini mengklaim memberikan kinerja yang mulus. inilah ulasan lengkap kami.

Desain

reno6 5g design stellarblack
reno6 5g design stellarblack

Desain menjadi salah satu faktor pembeda antara Oppo Reno 6 5G dan Oppo Reno 6 Pro 5G. Tidak seperti saudaranya, Oppo Reno 6 5G hadir dengan tepi datar dan desain bingkai logam matte. Desainnya sangat mirip dengan iPhone 12 yang diluncurkan tahun lalu. Smartphone ini hadir dengan teknologi desain Reno Glow milik perusahaan yang berubah warna saat cahaya jatuh di atasnya. Panel belakang yang tampak cantik benar-benar tahan sidik jari.

Oppo Reno 6 5G yang tampak cantik hadir dalam dua pilihan warna – Aurora dan Stellar Black. Bagian belakang juga menampung tiga kamera belakang yang terletak di dalam modul persegi panjang. Anda akan menemukan tombol power dan volume di sisi kiri, sementara slot kartu SIM, port pengisian USB-C, dan satu speaker berada di bagian bawah.

Tombol-tombolnya ditempatkan di lokasi yang tepat sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah meraihnya dengan satu tangan. Satu hal yang kurang dari smartphone ini adalah speaker stereo ganda yang mungkin tidak akan disukai banyak orang. Selain itu, smartphone ini cukup bagus di bagian desain.

Display

Oppo Reno 6 5G menampilkan layar full HD+ 6,43 inci dengan resolusi 1080×2400 pixel. Layarnya yang cerah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass di atasnya. Tampilan kualitas memiliki tampilan premium selain itu smartphone ini menawarkan kecepatan refresh 90Hz.

Kecepatan refresh layar yang cepat menawarkan pengalaman scroll yang mulus pada smartphone. Pengguna juga dapat mengontrol kecepatan refresh dan dapat menurunkannya hingga 60Hz jika diperlukan. Sayangnya HP ini tidak dilengkapi dengan dukungan kecepatan refresh adaptif dan Anda harus menyesuaikan kecepatan refresh secara manual.

Layarnya cukup cerah dan juga memproduksi warna yang akurat dan tajam. Selain itu, layarnya sama sekali tidak reflektif saat digunakan di bawah sinar matahari langsung. Layar dikelilingi oleh bezel minimal di semua sisi sehingga memungkinkan Anda memaksimalkan tampilan. Tampilan layar datar pada Oppo Reno 6 5G juga mencegah kejadian tertekan yang tidak disengaja.

Performa

reno6 5g performance mediatek
reno6 5g performance mediatek

Berbicara tentang spesifikasi HP ini, Oppo Reno 6 5G menggunakan prosesor MediaTek Dimensity 900 octa-core yang dipasangkan dengan RAM 8GB. Smartphone ini memiliki penyimpanan internal sebesar 128GB. Sayangnya anda tidak dapat menambahkan microSD ke HP ini karena tidak ada slotnya, yang bisa mengecewakan bagi sebagian orang karena smartphone hanya menawarkan satu opsi penyimpanan.

Kabar baiknya smartphone berkemampuan 5G yang berfungsi dengan baik. Smartphone ini cukup responsif saat digunakan, seperti membuka aplikasi, beralih di antara aplikasi, ber-internet selama berjam-jam dengan berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang. HP ini tidak menyertakan jack audio 3,5 mm, yang berarti Anda harus menggunakan port USB Tipe C untuk pengisian daya dan musik.

Oppo tidak memberikan earphone dalam paket penjualan smartphone dan Anda harus membelinya jika mau. Oppo Reno 6 5G juga bekerja cukup baik dalam hal musik karena output suara cukup keras di speaker.

Oppo Reno 6 5G menjalankan sistem operasi Android 11 dengan layer ColorOS 11.3 milik perusahaan sendiri. Smartphone ini sudah diinstal dengan aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, LinkedIn, dan lainnya yang dapat di uninstall sendiri. Smartphone ini juga dilengkapi dengan banyak aplikasi sistem seperti O Relax, O Roaming, HeyTap Cloud, dan lainnya. Pengguna tidak dapat menghapus aplikasi sistem apa pun dan mereka akan tetap berada di ponsel cerdas mereka selamanya.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan ‘Gamer More’ yang dapat memblokir semua gangguan saat pengguna bermain game. Oppo Reno 6 5G juga berkinerja baik selama sesi permainan hardcore dan kami juga tidak menghadapi masalah pemanasan dengan perangkat.

Kamera

spesifikasi kamera oppo reno 6 5G
spesifikasi kamera oppo reno 6 5G

Oppo Reno 6 5G memiliki tiga kamera belakang dengan sensor utama 64MP dengan aperture f/1.7, LED flash, lensa sudut ultra lebar 8MP dengan aperture f/2.2 dan kamera makro 2MP dengan aperture f/2.4. Di bagian depan, Oppo telah menyertakan kamera selfie 32MP dengan aperture f/2.4.

Kamera utama 64MP dari Oppo Reno 6 5G berhasil menghasilkan bidikan yang dinamis dan detail. Gambar yang diambil pada siang hari menghasilkan warna yang akurat dan dinamis. Foto yang diambil saat cahaya redup juga cukup baik.

Seperti Oppo Reno 6 Pro, Reno 6 5G juga hadir dengan Night Mode. Ponsel cerdas ini menangkap bidikan malam yang terang dengan jumlah detail yang baik dan jumlah noise yang lebih sedikit. Salah satu masalah yang kami miliki dengan ponsel cerdas adalah membutuhkan banyak waktu dalam memfokuskan subjek dalam cahaya rendah.

Lensa ultra-wide-angle pada smartphone menangkap gambar yang cukup bagus di siang hari. Gambar terlihat memproduksi warna yang akurat tetapi tidak memiliki rentang dinamis. Jumlah noise pada gambar dapat diabaikan dan Anda juga dapat mengambil gambar dalam Mode Malam dengan lensa sudut ultra lebar.

Jika Anda menyukai fotografi makro, maka Anda mungkin tidak menyukai Oppo Reno 6 5G. Karena kualitas kamera macronya hanya rata-rata kamera makro lainnya dan Anda mungkin juga mengalami kesulitan dalam memfokuskan pada objeknya.

Bersamaan dengan itu, Oppo Reno 6 5G hadir dengan fitur-fitur seperti efek video Cinematic Bokeh Flare dan Bokeh Flare Portrait. Mode ini memanfaatkan AI untuk mengubah lampu latar menjadi titik cahaya bokeh. Kami menemukan kualitas video dengan menggunakan mode ini sedikit berlebihan dalam pemrosesannya. Ada juga fitur AI Highlight Video yang mampu merekam video yang cerah dan vivid dengan cahaya yang tidak terlalu banyak juga. Oppo Reno 6 5G juga hadir dengan mode Ultra Steady yang mampu merekam video dengan mengurangi goncangan.

Kamera selfie 32MP dari smartphone ini juga menawarkan selfie yang bagus dan detail. Filter kecantikan yang tergabung dalam HP ini akan disukai oleh banyak penggemar selfie.

Baterai

Oppo Reno 6 5G memiliki baterai dengan kapasitas 4.300 mAh dengan dukungan pengisian cepat 65W. Smartphone dengan mudah mengelola untuk menawarkan cadangan baterai sehari dengan sekali pengisian daya. Dan dukungan untuk pengisian cepat berfungsi sebagai keuntungan tambahan. Oppo mengklaim, smartphone dapat mengisi daya dari 0 hingga 100% hanya dalam 36 menit. Tidak diragukan lagi bahwa kapasitas baterai dan dukungan pengisian cepat adalah salah satu daya tarik utama dari Oppo Reno 6 5G.

Kesimpulan

Oppo Reno 6 5G hadir dengan banderol harga Rp 7999.990. Desain dan faktor bentuknya membuatnya dinilai menonjol di pasar smartphone Android yang ramai. Didukung oleh prosesor MediaTek, smartphone 5G ini memang berhasil menawarkan kinerja yang mulus dan bebas lag. Ditambah lagi dengan desain yang bagus, Oppo Reno 6 5G juga menawarkan kamera dan kapasitas baterai yang besar. Dukungan untuk pengisian cepat 65W semakin membuat smartphone ini di nilai unggul. Jadi, jika Anda menginginkan smartphone yang terlihat cantik dan elegan dengan semua keunggulan yang disebutkan di atas, Anda dapat memilih Oppo Reno 6 5G.

Majalah Gadget Saya ingin mendapatkan informasi dan berita terbaru
Dismiss
Allow Notifications