fbpx
Sunday , February 5 2023

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED Sendiri di Rumah

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED Sendiri di Rumah

Masyarakat bisa menyebut TV LED sebagai televisi modern dengan segala kecanggihannya. Namun ada beberapa masalah khas yang terjadi pada model sumber hiburan ini. Salah satunya adalah mati total, gambar tanpa suara, dan lainnya. Solusinya hanyalah pada cara membuat inverter backlight TV LED.

Apa Itu Backlight TV LED?

Secara garis besar, backlight adalah kumpulan lampu LED di belakang layar televisi. Tujuan bagian TV satu ini adalah sebagai lampu penerang layar LCD sehingga mata manusia dapat menerima pancaran sinarnya. Sebenarnya teknologi backlight ini tidak membutuhkan inverter, bisa langsung bekerja sendiri.

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED
Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Sementara, fungsi inverter itu sendiri adalah memperkuat pasokan listrik ke bagian tertentu. Cocok dengan halangan atau hambatan yang bisa terjadi pada tv LED. Ketika tv model ini tidak dapat menyala biasanya karena tidak mendapatkan akses listrik yang merata.

Maka dari itu banyak orang yang mulai menggunakan inverter. Entah itu dengan cara membelinya terlebih dahulu atau langsung membuatnya mandiri. Jika ingin menghemat biaya pengeluaran rumah tangga tentu lebih baik merangkai inverter sendiri. Bahan dan cara buatnya juga mudah, berikut tutorialnya.

Alat dan Bahan dalam Pembuatan Inverter Backlight TV LED

Sebelum memahami cara membuat dan skemanya, teknisi tentu harus mengumpulkan bahan dan alatnya terlebih dahulu. Untuk bisa menciptakan inverter yang berfungsi, maka Anda butuh 1 mesin lampu, 1 PCB, relay, dan lainnya. Berikut catatan alat dan bahan membuat inverter yang lebih jelas.

  • 1 mesin lampu 3 watt
  • 1 relay 8kaki
  • 1 PCB
  • 2 resistor 1k ohm
  • LED 3 kaki

Semua bahan dan alat yang akan Anda gunakan dalam proses pembuatan tersedia di berbagai gerai elektronik. Namun jika tidak ingin mengeluarkan dana sepeserpun maka bisa menggunakan alat-alat di rumah seperti lampu dan resistor dari barang elektronik bekas lain.

Cara Membuat Inverter backlight TV LED Sendiri di Rumah

Proses pembuatan inverter ini cukup panjang, terdiri dari 4 tahapan. Mulai dari tahapan memahami skema hingga uji coba inverter, apakah bekerja atau tidak. Alangkah baiknya pembuat paham dengan setiap penjelasan pada bagian-bagiannya.

  1. Memahami Skema Pengerjaan Inverter

Teknisi rakit inverter harus melewati bagian pertama ini untuk menghasilkan produk terbaik Perakit harus memahami bagaimana skema inverter pada tv yang ingin di reparasi. Misalnya TV LED Polytron, maka lihatlah inverter di belakangnya.

Setelah paham dengan skemanya maka bisa mencari bahan dan alat yang mirip dengan inverter itu. Tentu tujuannya adalah untuk menghasilkan inverter baru yang semirip mungkin dengan aslinya. Jika ingin lebih mudah maka praktisi bisa menggunakan inverter universal, cocok untuk semua jenis TV LED.

  1. Merakit Sesuai Skema

Ketika sudah memahami skemanya maka seharusnya bisa merakit sesuai skema. Biasanya inverter pada TV LED merk terkenal menggunakan Voltage Doubler. Dalam skemanya terdapat IC 555 yang sederhana dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran.

Untuk menghindari kegagalan, maka praktisi atau pembuat inverter perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Biasanya teknisi akan melakukan uji coba cara membuat inverter backlight TV LED ini pada project board lalu kemudian bila sudah yakin bisa langsung membuat produk sungguhannya.

  1. Cara Kerja Inverter backlight LED

Jika teknisi sudah memasang atau merakit sesuai skema maka kini pahami cara kerja yang benarnya. Gunakan USB dan voltase 5 volt untuk memberikan induksi relay. Induksi itu berasal dari output USB yang jika sudah selesai maka bisa lanjut ke skema lampu.

Pada skema lampu, LED backlight mendapatkan suply nya dari output kit mesin lampu. Jangan lupa untuk membuat TV dalam keadaan stand by jika sedang mengerjakan bagian ini. Ketika TV mengala maka lampu LED D17 juga akan menyala warna merah.

  1. Pastikan Inverter backlight Bekerja Dengan Baik

Sebelum meninggalkan TV ada baiknya untuk mengecek kinerja inverter buatan ini. Pasalnya ju=ika tidak bekerja maka pemilik TV harus menyiapkan biaya ganti inverter yang lebih baik. Bila titik tegangan B sama dengan tegangan di titik A dan sama dengan titik VIN maka inverter belum bekerja maksimal.

Inverter yang bekerja maksimal pasti memiliki tegangan lebih tinggi pada titik B. perhatikan juga FET yang tersambung pada Gate, fungsinya adalah sebagai pembangkit tegangan untuk titik B. ketika FET tersambung dengan PWMO maka bisa mengatur gelap terangnya lampu LED backlight..

Biaya Ganti LED dengan Kondisi Lebih Baik

Sebelumnya penulis mengatakan bahwa pemilik TV harus menyiapkan dana lebih untuk emngganti inverter profesional ketika buatannya tidak bekerja. Namun kira – kira, berapa dana yang harsu pemilik tv siapkan guna menghidupkan tv nya kembali?

Untuk jasa analisis atau pengecekan saja, pemilik tv har=nya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 10.000. Sedangkan jika ingin menggantinya langsung maka tergantung dengan harga backlight LED nya sendiri. Tentu harga tersebut di luar biaya jasa tukang yang mengganti, namun setidaknya masih terjangkau.

Akan lebih terjangkau lagi bila Anda sudah menyiapkan inverter backlightnya sendiri. Biasanya bila pelanggan memanfaatkan jasa tukang dalam pembelian produk atau material bisa terjadi selisih angka harga yang cukup tinggi. Maka dari itu lebih baik membelinya sendiri sehingga juga bisa memastikan kualitasnya.

Demikian tentang cara membuat inverter backlight TV LED sendiri di rumah. Semoga bisa menjadi acuan terbaik bagi Anda dan pemilik TV LED lainnya. Biasanya anta satu tv dengan lainnya memiliki inti masalah yang sama yaitu tentang backlight dan inverter.