Thursday , May 30 2024

Negara Apa yang Terletak Paling Utara?

Soal : Negara apa yg terletak di paling utara di asean

Jawaban : 

Negara yang terletak di paling utara, selatan, barat dan timur di ASEAN

Pembahasan :

Kepanjangan ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations.

ASEAN merupakan sebuah organisasi perhimpunan negara-negara kawasan Asia Tenggara yang bersifat geo-politik serta ekonomi.

Kawasan ASEAN terletak pada posisi 28° LU – 11° LS dan 93° BT – 141° BT secara astronomis.

Negara-negara Anggota ASEAN : 

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Filipina
  5. Singapura
  6. Brunai Darussalam
  7. Vietnam
  8. Myamar
  9. Laos
  10. Kamboja

Perhatikan gambar peta ASEAN yang terdapat pada lampiran

Negara yang terletak di paling utara di ASEAN adalah Myanmar

Negara yang terletak di paling selatan di ASEAN adalah Indonesia

Negara yang terletak di paling barat di ASEAN adalah Myanmar

Negara yang terletak di paling timur di ASEAN adalah Indonesia 

Kenapa Kita Perlu Tahu Negara yang Terletak Paling Utara?

Sebagai manusia yang hidup di bumi, kita perlu tahu tentang geografi dunia dan negara-negara yang ada di dalamnya. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah negara mana yang terletak paling utara. Hal ini mungkin karena rasa penasaran atau karena kita ingin tahu lebih banyak tentang dunia ini. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas negara mana yang terletak paling utara dan beberapa hal menarik tentang negara tersebut.

Negara Mana yang Terletak Paling Utara?

Negara yang terletak paling utara adalah Norwegia. Norwegia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa dan berbatasan langsung dengan Samudra Arktik. Negara ini memiliki iklim yang sangat dingin dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. Norwegia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan kualitas hidup yang tinggi dan memiliki keanekaragaman alam yang sangat indah.

5 Fakta Menarik tentang Norwegia

1. Negara dengan Jembatan Terpanjang di Dunia

Norwegia memiliki jembatan terpanjang di dunia yaitu Jembatan Hardanger yang membentang sepanjang 1.380 meter. Jembatan ini menghubungkan antara dua kota di Norwegia yaitu Bergen dan Oslo.

2. Negara dengan Pelayaran Pesiar Terbaik di Dunia

Norwegia dikenal sebagai salah satu negara dengan pelayaran pesiar terbaik di dunia. Pemandangan indah di sepanjang pesisir Norwegia membuat pelayaran pesiar di negara ini menjadi sangat populer.

3. Negara dengan Populasi Rendah

Norwegia memiliki populasi yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lainnya di Eropa. Jumlah penduduk Norwegia hanya sekitar 5 juta jiwa, sehingga membuat negara ini menjadi salah satu negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah di dunia.

4. Negara dengan Kebebasan Pers yang Tinggi

Norwegia dikenal sebagai salah satu negara dengan kebebasan pers yang tinggi. Negara ini memiliki beberapa media massa yang sangat terkenal dan bebas untuk menyampaikan informasi pada masyarakat.

5. Negara dengan Sistem Pendidikan yang Baik

Norwegia memiliki sistem pendidikan yang sangat baik dan dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat literasi yang tinggi. Sekolah-sekolah di Norwegia juga menerapkan sistem pendidikan yang sangat modern dan inovatif.

Kenapa Norwegia Berada di Posisi Paling Utara?

Salah satu faktor mengapa Norwegia berada di posisi paling utara adalah karena posisinya yang berdekatan dengan Kutub Utara. Selain itu, Norwegia juga memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan yang membuat iklimnya menjadi sangat dingin.

Kesimpulan

Jadi, negara yang terletak paling utara adalah Norwegia. Meskipun memiliki iklim yang sangat dingin, Norwegia memiliki banyak hal menarik yang dapat dilihat dan dinikmati. Mulailah merencanakan perjalanan ke Norwegia dan nikmati keindahan alamnya yang sangat memesona.

Wassalamualaikum.