Thursday , May 30 2024

Yuk Simak!! Contoh Surat Pribadi Dan Surat Dinas

Soal : Buatkan 1 contoh surat pribadi dan surat dinas

Jawaban : 

Surat pribadi:

Jakarta, 7 Agustus 2015

Halooo Rizky, Apa kabar? aku harap kamu sehat di sana.Kalau ada waktu, main dong ke tempatku, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Rizky, kamu masih ingatkan dengan Andra, teman lama kita? Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan kakaknya akan menikah. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya Jam tangannya. Aku sangat suka.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu,

ttd
Dias

Surat DInas

SMP Negeri 1 Arut SelatanJl. Pakunegara , PAngkalan Bun
_________________________________________________________________________________

Pangkamlan Bun, 5 September 2016

No            : 002/SMPN 1  /09/2016
Lampiran  : –
Perihal      : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
KelasXI SMP Negeri 1
Bangka

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMPN 1  khususnya kelas XIMaka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik kelas IPA di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 13 September 2016
Pukul            : 08.00 s.d. 13.00 WIB
Tempat         : Bangka
Acara           : Penelitian Flora Langka

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah
SMPN 1 Jakarta

Bagito Paijo, SPd.

Tentang Contoh Surat Pribadi

Surat pribadi adalah salah satu jenis surat yang ditulis oleh seseorang kepada orang lain dengan tujuan tertentu. Surat ini biasanya bersifat informal dan tidak terikat aturan tertentu seperti surat resmi. Surat pribadi dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, misalnya untuk menyampaikan informasi, mengungkapkan perasaan, atau sekadar menjalin komunikasi dengan teman atau keluarga.

Berikut ini adalah contoh surat pribadi yang bisa dijadikan acuan:

Jakarta, 10 April 2023

Hai Lia,

Apa kabar? Sudah lama sekali kita tidak bertemu ya. Terakhir kali kita ketemu saat reuni SMA dulu. Saat itu kita masih muda-muda dan banyaaaak hal yang harus dijalani. Sekarang kita sudah beranjak dewasa, punya tanggung jawab masing-masing, dan mungkin sudah punya impian dan tujuan hidup yang berbeda.

Sekarang aku sedang kuliah di salah satu universitas di Jakarta. Jurusan yang aku ambil cukup menantang dan membutuhkan waktu dan energi yang cukup banyak. Namun, aku senang sekali dengan apa yang aku pelajari dan aku yakin akan membawa manfaat bagi masa depanku.

Bagaimana denganmu? Apa yang sedang kamu lakukan sekarang? Aku sangat penasaran dengan kabarmu. Bolehkah kita ketemu suatu saat nanti? Aku ingin sekali bertemu dan mengobrol denganmu lagi.

Oke, Lia, aku tunggu kabar baik dari kamu ya.

Salam hangat, Rara

Dari contoh surat pribadi di atas, kita dapat melihat bahwa surat pribadi bersifat informal dan tidak terlalu kaku. Penulis bisa mengungkapkan perasaan dan pikiran secara bebas, tanpa terikat dengan aturan tertentu. Meskipun demikian, isi surat harus tetap terstruktur dan mudah dipahami oleh penerima.

Kesimpulan

Kesimpulannya, surat pribadi dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Namun, meskipun bersifat informal, isi surat harus tetap terstruktur dan mudah dipahami oleh penerima. Contoh surat pribadi dapat dijadikan acuan untuk membuat surat pribadi yang baik dan benar.